7 Fakta Tersembunyi Playstation

Konten []
Sejak pertama kali dirilis Sony pada tahun 1995, Playstation menjadi salah satu konsol game terbesar di dunia.

Selama itu pula kesuksesannya belum bisa disaingi oleh kompetitornya. Sebagai bentuk apresiasi dibawah ini ada beberapa fakta tersembunyi Playstation yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Awalnya adalah Kerjasama dengan Nintendo

Pasti banyak diantara kamu yang belum tahu kalo kalau awal mula Playstation adalah kerjasama antara Nintendo dan Sony. Saat itu Nintendo ingin memanfaatkan kualitas suara dan video dari Compact Disc atau CD. Hal itulah yang membuat kerja sama antara Nintendo dan Sony terjadi. Sayangnya kerja sama tersebut terhenti ditengah jalan dan Sony membuat konsol gamenya sendiri yaitu Playstation.

2. Arti Simbol Kontroler

Playstation memiliki beberapa simbol tombol kontroler yang membuatnya berbeda dari kompertitornya. Namun ternyata setiap simbol tersebut memiliki arti masing-masing.

Dalam bahasa jepang simbol segitiga merupakan arti dari perspektif dan arah. Lingkaran dan silang merupakan arti dari Yes dan No. Sedangkan kotak dilambangkan sebagai menu, dokumen, dan peta.

7 Fakta Tersembunyi Playstation
7 Fakta Tersembunyi Playstation

3. Maskot Asli

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya kenapa Playstation tidak memiliki maskot seperti Nintendo. Ternyata ada kisah suram dari maskot yang pernah dipakai Playstation. Sebenarnya Playstation pernah memiliki maskot yang diberi nama Polygon Man. Namun karena dianggap mempunyai desain yang sangat buruk, maskot tersebut dihilangkan pada tahun 1995.

4. Game Langka

Playstation mempunyai game yang disebut-sebut sangat langka dan hanya dimiliki oleh beberapa orang saja di dunia. Game tersebut adalah Gearbolt Assassin’s Case yang aslinya tidak pernah dirilis ke publik. untuk menggantikannya dibuatlah salinannya sebanyak 50 buah saja dan dibagikan sebagai hadiah pada ajang E3 1999.

5. Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa

Playstation tercatat sebagai konsol game paling laris sepanjang masa melalui penjualan Playstation 2 sebanyak 155 juta unit. Kemudian diikuti oleh Nintendo DS 154 juta unit, Game Boy 118 juta unit, Playstation Original 102 juta unit, dan Wii 101 juta unit.

6. Ken Kutaragi Benci Konsep Crash Bandicoot

Pemain lama Playstation pasti sudah tidak asing lagi dengan game Crash Bandicoot. Namun game tersebut ternyata tidak disukai oleh CEO Sony saat itu, Ken Kutaragi, dan menganggapnya sebagai omong kosong. Dia menyoroti konsep awal game buatan Naughty Dog tersebut yang ditunjukkan untuk remaja dan dewasa tetapi malah mempunyai desain karakter yang konyol.

7. PS3 Merugikan Sony

Saat pertama kali dirilis PS3 dibanderol dengan harga sekitar 600 dolar. Namun harga tersebut menuai banyak kritikan dari konsumennya.

Setelah itu Sony akhirnya menghilangkan beberapa fitur yang tidak terlalu penting sehingga penjualan PS3 melesat. Namun Sony terlanjur kehilangan miliaran dolar dari pembaruan yang dilakukannya.

Itu tadi adalah 7 fakta tersembunyi Playstation sebagai konsol paling laris sepanjang masa. demikian ulasan artikel kali ini sampai jumpa di postingan berikutnya, salam BASAH..