Apa Itu Negosiasi? Pengertian Negosiasi dan Tipe Negosiator

Konten []
Dalam dunia bisnis, istilah negosiasi bukanlah hal yang baru. Negosiasi digunakan untuk menjembatani dua kepentingan yang berbeda, misalnya antara produsen dengan konsumen. Oleh karena itu, agar terjadi suatu kesepakatan di antara kedua belah pihak, diperlukan negosiasi. Sementara itu, orang yang melakukan negosiasi sering disebut sebagai seorang negosiator. 

Dalam komunikasi bisnis bernegosiasi sangat dibutuhkan dalam mencapai suatu kesepakatan bersama antara dua belah pihak yang bersangkutan. Dalam bernegosiasi ada tata cara tersendiri sehingga kesepakatan di antara keduanya bisa tercapai.

Dalam makalah ini akan dibahas lebih jelas yang berkaitan dengan permasalahan negosiasi, seperti pengertian negosiasi, berbagai tahapan atau proses bernegosiasi, ketrampilan bernegosiasi, peran seorang negosiator, tipe negosiator dan pengalaman pribadi dalam bernegosiasi.

Pengertian Negosiasi

Menurut Hartman, pengertian negosiasi dapat berbeda-beda tergantung dari sudut pandang siapa yang terlibat dalam suatu negosiasi. Lebih jelasnya bahwa negosiasi merupakan suatu proses komunikasi antara dua pihak, yang masing-masing mempunyai tujuan dan sudut pandang mereka sendiri, yang berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak mengenai masalah yang sama.

Sementara itu, menurut Case, negosiasi adalah proses dimana paling sedikit ada dua belah pihak dengan persepsi, kebutuhan dan motivasi yang berbeda mencoba untuk saling bersepakat tentang suatu hal demi kepentingan bersama, Salah satu tujuan orang bernegosiasi adalah menemukan suatu keputusan atau kesepakatan kedua belah pihak secara adil dan dapat memenuhi harapan atau keinginan kedua belah pihak tersebut.

Untuk mendapatkan suatu kesepakatan kedua belah pihak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :
  1. Persiapan yang cermat
  2. Presentasi dan evaluasi yang jelas mengenai posisi kedua belah pihak 
  3. Keterampilan, pengalaman, motivasi, pikiran yang terbuka 
  4. Pendekatan yang logis untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan yang baik dan saling menguntungkan serta saling menghormati 
  5. Apa Itu Negosiasi? Pengertian Negosiasi dan Tipe Negosiator
    Apa Itu Negosiasi? Pengertian Negosiasi dan Tipe Negosiator
  6. Kemauan untuk membuat konsesi untuk mencapai kesepakatan melalui kompromi bila terjadi kemacetan 
TITLE 2
CONTENT 2
TITLE 3
CONTENT 3

Keterampilan Bernegosiasi

Menurut Hartman,ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam ketrampilan bernegosiasi (negotiation skills)antara lain.

1. Persiapan

Tanpa persiapan negosiasi tidak akan memuaskan kedua belah pihak, bahkan mengakibatkan kegagalan

2. Memulai Negosiasi

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam memulai bernegosiasi,antara lain: memilih waktu, tempat pengaturan tempat duduk, menciptakan suasana yang positif dan santai, menetapkan agenda, merumuskan tawaran / posisi pembuka, menghadapi konflik, berkomunikasi secar efektif, meningkatkan ketrampilan mendengarkan,peringatan, menciptakan kesepakatan dengan lebih cepat.

3. Strategi dan teknik

Menurut kamus Webster, strategi dapat mendefinisikan sebagai rencana atau metode yang teliti atau tipu daya cerdik. Sedangkan yang dimaksud dengan taktik lebih mengacu pada setiap metode yng digunakan untuk mencapai tujuan,yaitu mencapai kesepakatan dalam bernegosiasi. Baik strategi maupun taktik menuntut ketrampilan khusus dalam bernegosiasi.

4. Kompromi

seseorang negosiator rmenyajikan kerangka dasar atau garis besarnya terlebih dulu, kemudian melangkah pada perbedaan kedua belah pihak secara lebih spesifik, dan akhirnya disajikan pernyataan yang bersifat penilaian untuk mendukung posisi mereka sendiri.

5. Menghindari kesalahan taktis

beberapa hal yang perlu dihindari dalam melakukan negosiasi, antara lain: mengajukan permintaan awal yang tidak logis, membuat konsesi bebas, memulai tanpa daftar penawaran, melakukan negosiasi terlalu cepat,bernegosiasi saat terkejut,menghargai tawaran yang tidak masuk akal, takut diam, marah, tidak menuliskan hasil negosiasi, bernegosiasi pada saat lelah, mengecewakan bos Anda, dan memaksakan bernegosiasi.

Tipe Negosiator

1. Negosiator Curang

Anda harus hati-hati berhadapan dengan seorang negosiator yang curang karena pada dasarnya yang terlintas dalam benak pikirannya adalah bagaimana memenangkan negosiasi dan mengalahkan Anda

2. Negosiator Profesional

Tahu apa yang dinegosiasikan dan tahu bagaimana memperoleh keinginannya.

3. Negosiator Bodoh

menghendaki kekalahan kedua belah pihak

4. Negosiator Naif

Pada umumnya ia adalah negosiator yang tidak siap bernegosiasi, tidak tau pokok persoalan yang akan dinegosiasikan, bahkan cenderung percaya begitu saja pada pihak lawan negosiasinya.


Dalam dunia bisnis negosiasi merupakan aktivitas yang lazim digunakan dalam mencapai suatu kesepakatan bersama antara kedua belah pihak. Negosiasi memiliki berbagai pengertian yang pada dasarnya memiliki kesamaan yaitu bagaimana mencapai kesepakatan bersama. Dapat dikemukakan bahwa negosiasi melibatkan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi , mencari kesepakatan antara kedua belah pihak, dan mencapai tujuan yang dikehendaki bersama kedua belah pihak yang terlibat negosiasi.

Setelah membaca makalah diatas diharapkan pembaca dapat memahami dan mengerti pengertian negosiasi dan bagaimana cara-cara yang baik dalam bernegosiasi dengan benar.


DAFTAR PUSTAKA

Djoko Purwanto, 2011 edisi ketiga, komunikasi bisnis, Jakarta, penerbit Erlangga