Cara Menghilangkan Bekas Air di Kaca Dengan Mudah

Konten []
Bekas pada kaca membuat permukaan kaca menjadi kotor dan tidak enak dipandang. Biasanya hal ini terjadi karena air yang mengering tanpa di bersihkan. Dalam jangka waktu lama bercak air tersebut akan semakin sulit dibersihkan serta menimbulkan kerak pada kaca. dibawah ini ada beberapa cara menghilangkan bekas air di kaca yang bisa anda praktekkan dirumah.

Cara Menghilangkan Bekas Air Di kaca

1. Kain Lap atau Spon

Pada noda air yang belum lama terbentuk anda bisa menggunakan kain lap atau spon untuk membersihkannya. Gosokkan kain lap atau spon ke noda air dengan lembut. Kalau perlu permukaan kaca dibasahi dahulu dengan air baru dikeringkan dengan kain lap. Usahakan memakai kain lap atau spon yang masih bagus agar tidak meninggalkan bekas goresan saat digunakan. Cara ini hanya efektif untuk bekas air yang masih baru.

2. Cairan Pembersih Kaca Komersial

Cairan pembersih kaca ini biasanya anda lihat pada iklan-iklan di televisi dan mudah ditemukan pada minimarket di sekitar rumah. Cara menggunakannya, anda bisa menyemprotkannya atau mengoleskannya. Setelah itu tinggal dibersihkan dengan kain lap atau wiper yang biasanya berbahan karet. Cairan pembersih kaca efektif untuk membersihkan noda bekas ar yang sudah lama dan membandel.

3. Pasta Gigi

Pasta gigi menjadi cara menghilangkan bekas air di kaca yang cukup efektif. Oleskan pasta gigi pada kaca dan usap sampai merata. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih. Saat membilasnya, gosok bagian kaca dengan sikat gigi secara lembut. Supaya mendapatkan hasil maksimal anda bisa menambahkan campuran air dan cuka saat membilasnya. Setelah bersih keringkan permukaan kaca dengan lap atau kertas koran.

4. Soda Kue

Soda kue adalah bahan dapur yang bisa anda gunakan untuk membersihkan kaca yang memiliki bercak air membandel. Sifat basa soda kue efektif untuk melawan endapan bercak air di permikaan kaca. Ada 2 cara membersihkan kaca menggunakan soda kue yaitu mencampurnya dengan cuka atau tanpa campuran apapun.

Campuran soda kue dan cuka akan membentuk pasta. Oleskan pasta pada area noda dan tunggu selama beberapa menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan kain lap bersih. Sedangkan cara menghilangkan bekas air di kaca dengan soda kue tanpa campuran adalah mengoleskan sedikit cuka pada bagian yang terkena noda dan tunggu sekitar 30 menit. Kemudian usapkan soda kue dan gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi atau kain lap sampai bersih. Terakhir anda tinggal membilasnya dan mengeringkannya.


Cara Menghilangkan Bekas Air di Kaca Dengan Mudah
Cara Menghilangkan Bekas Air di Kaca Dengan Mudah

5. Air Soda

Air soda sangat cocok digunakan untuk menghilangkan berbagai noda membandel termasuk bekas air di kaca. Basahi permukaan dengan air soda secara merata kemudian bersihkan dengan kain lap. Namun penggunaan air soda sebagai pembersih harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa merusak cat pada bagian benda disekitar kaca.

6. Cuka Putih

Anda bisa memakai bahan dapur yaitu cuka putih sebagai cara menghilangkan bekas air di kaca. Cara menggunakannya adalah mencampur cuka dengan air memakai perbandingan 1:1. Semprotkan pada permukaan kaca dan tunggu sekitar 5 menit. Kandungan asam pada cuka membuat bercak air hilang dengan cepat. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Sedangkan untuk noda air pada kaca gelas anda bisa merendamnya memakai campuran cuka dan air selama beberapa jam kemudian bilas hingga bersih.

Agar lebih efektif anda bisa menambahkan sedikit sari lemon dan mencampurkannya dengan cuka putih. Sebaiknya campuan sari lemon dan cuka dalam keadaan hangat. Cara pemakaiannya sama dengan metode diatas. Namun sari lemon mempunyai sifat asam sehingga mencampurkannya dengan cuka putih membuat bercak air hilang dengan sempurna.

7. Alkohol

Alkohol memang sudah terkenal sebagai larutan pembersih paling efektif terutama pada tingkat kandungan alkohol 50%-90%. Cara menghilangkan bekas air di kaca menggunakan alkohol adalah membasahi kain dan menggosokkannya pada permukaan kaca. Namun proses membersihkan noda air di kaca dengan menggunakan alkohol harus dilakukan dengn cepat karena tingkat penguapannya yang tinggi membuatnya cepat mengering.

8. Larutan Kaporit

Menggunakan larutan kaporit sebagai penghilang noda air di kaca membutuhkan kesabaran ekstra karena caranya yang cukup rumit. Pertama campurkan kaporit dengan sedikit air sehingga hasilnya cukup kental. Oleskan pada permukaan kaca yang terkena noda dan diamkan sekitar 30 menit. Bilas menggunakan air dan keringkan dengan lap bersih.

9. Krim Pencuci

Krim pencuci menjadi bahan untuk menghilangkan bekas air di kaca yang paling mudah penggunaannya. Anda tinggal mengoleskannya ke permukaan kaca dan menggosoknya dengan kain bersih atau busa. Kemudian bilas dengan air dan keringkan menggunakan lap bersih. Penggunaan krim pencuci sebagai cara menghilangkan bekas air di kaca dianggap lebih efektif dibanding pasta gigi atau alkohol.

10. Face Tonic

Face tonic yang biasa digunakan untuk membersihkan debu di wajah ternyata juga bisa untuk menghilangkan bekas air di kaca. Cara menggunakannya dengan meneteskan face tonic pada tisu dan mengusapkannya ke area noda. Setelah itu lap dengan kain bersih sampai tidak meninggalkan bekas usapan face tonic.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bekas air di kaca yang bisa anda lakukan dirumah. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa mengaplikasikan cara-cara diatas sesuai dengan tingkat kebandelan noda yang ingin dibersihkan. Disarankan untuk menggunakan masker dan sarung tangan karena beberapa bahan bisa mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh.

Demikian ulasan tentang menghilangkan bekas air dikaca, sampai jumpa di postingan berikutnya. salam BASAH..