Co-Working Cara Baru Enterpreneur Berbisnis

Konten []
Berkembangnya bisnis startup terutama dikalangan enterpreneur muda membuat kebutuhan akan tempat kerja juga terus meningkat. Jenis tempat kerja yang banyak dicari oleh para enterpreneur itu adalah coworking space atau tempat kerja bersama. Disebut demikian karena tidak hanya satu perusahaan saja yang yang menggunakan tempat tersebut. Ada banyak alasan kenapa enterpreneur lebih memilih tempat kerja bersama diantaranya karena mempunyai sedikit modal dan biaya sewa yang lebih murah. Keuntungan lainnya adalah kemungkinan terjadinya kolaborasi bisnis dengan perusahaan lain yang juga menyewa tempat tersebut.

Pentingnya Coworking Space Bagi Enterpreneur

Ada beberapa perang penting yang didapatkan oleh enterpreneur yang memilih menggunakan tempet kerja bersama sebagai kantornya.

1. Menghemat anggaran

Seperti yang sudah disebutkan diatas, salah satu alasan yang membuat enterpreneur lebih memilih coworking space adalah keterbatasan modal perusahaan. Perusahaan startup yang baru saja didirikan dengan jumlah pegawai yang masih sedkit tentu akan rugi jika langsung menyewa sebuah kantor. Selain biaya yang mahal, penggunaannya tidak maksimal. Oleh sebab itu sebuah tempat kerja bersama bisa menjadi pilihan. Dengan biaya sewa yang murah modal yang ada bisa dialokasikan untuk hal lain demi kepentingan usaha.

2. Tempat kerja yang kondusif

Lingkungan kerja yang kondusif merupakan salah satu faktor untuk memperoleh produktivitas kerja secara maksimal. Meskipun berada dalam tempat kerja bersama dengan perusahaan lain anda tetap bisa merasakan suasana kantor namun dengan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi. Keberadaan rekan kerja dari perusahaan lain juga akan meningkatkan semangat kerja anda.

3. Kolaborasi kerja

Menggunakan tempat kerja bersama dengan perusahaan lain akan sangat menguntungkan bagi perkembangan sebuah bisnis terutama bagi mereka yang baru saja mulai. Kebutuhan untuk pemasaran produk dan branding akan lebih mudah jika menyewa tempat kerja bersama. Berkumpulnya enterpreneur dari berbagai bidang dengan segala pengetahuan dan jaringannya tentu akan lebih memudahkan dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Bangunlah jaringan bisnis dengan cara berinteraksi dan saling bertukar informasi dengan perusahaan lain. Selain itu berbagi gagasan dan ide dengan enterpreneur lain juga dibutuhkan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari bisnis yang anda jalankan. Bentuk kolaborasi kerja lain yang bisa terjadi jika anda menyewa coworking space adalah kerjasama dengan dengan perusahaan lain dalam sebuah proyek. Selain membangun sebuah komunitas, bekerja sama dalam satu proyek dengan perusahaan lain memungkinkan peluang anda untuk membuka bisnis baru.

4. Efisiensi kerja

Bagi enterpreneur, efisiensi dalam bekerja sangat dibutuhkan dalam mengembangkan usaha. Segala fasilitas yang ada ketika menyewa coworking space tentu membuat para enterpreneur sangat terbantu. Tempat kerja bersama biasanya menyediakan fasilitas seperti meja dan kursi yang nyaman, internet gratis, printer dan mesin foto copy, serta cemilan dan mesin pembuat kopi sehingga membuat suasana ruang kerja lebih nyaman dan santai. Fasilitas lainnya adalah ruang rapat dan presentasi. Selain itu penyedia coworking space juga menyediakan staff yang sewaktu-waktu bisa membantu kesulitan anda semisal terjadi kerusakan pada printer atau mesin foto copy maupun yang lainnya.

Tips memilih co-working
Co-Working Cara Baru Enterpreneur Berbisnis


Tips Memilih Coworking Space yang Tepat

Banyaknya bisnis startup yang berdiri dalam beberapa tahun ini membuat kebutuhan akan tempat kerja juga meningkat. Enterpreneur yang ingn mendirikan sebuah usaha tentu lebih memilih tempat kerja yang lebih efektif daripada menyewa sebuah gedung perkantoran. Oleh sebab itu menyewa tempat kerja bersama menjadi pilihannya. Saat ini banyak perusahaan penyedia layanan tempat kerja bersama dengan fasilitasnya masing-masing. Namun tentu saja tidak semua tempat kerja bersama sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Sebelum itu ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum menyewa tempat kerja bersama.

Simak beberapa tips memilih coworking space berikut ini sebelum membangun bisnis anda.

1. Pilih lokasi yang strategis

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih lokasi coworking space yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Sangat disarankan untuk memilih lokasi tempat kerja yang berada di kawasan bisnis atau dekat denga pusat perbelanjaan dimana berbagai perusahaan besar berkumpul. Nantinya ini sangat menguntungkan bisnis anda karena bisa memudahkan dalam hal pemasaran dan branding produk. Namun hal yang wajib anda ketahui adalah biaya sewa tempat yang lebih mahal dari pada lokasi tempat kerja yang jauh dari pusat bisnis atau perbelanjaan. Pertimbangkan juga kemudahan akses untuk trasportasi umum seperti halte bus sehingga akan memudahkan pegawai-pegawai anda untuk pergi atau pulang kerja.

2. Seusaikan dengan kebutuhan bisnis

Buatlah rencana kerja pada bisnis startup yang akan anda dirikan. Rencana kerja yang bagus akan memudahkan anda untuk memahami apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan usaha termasuk dalam memilih tempat kerja. Tempat kerja yang baik adalah tempat yang menyedakan berbagai fasilitas sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan. Cek terlebih dahulu fasilitas yang disediakan oleh penyedia coworking space sebelum menyewanya. Meja dan kursi yang nyaman, mesin printer, foto copy, dan faks adalah fasilitas yang wajib ada. Keberadaan ruang rapat, konferensi, dan presentasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup. Selain itu jangan lupakan fasilitas internet cepat dan teknisi yang disediakan oleh penyedia layanan tempat kerja bersama.

3. Budaya dan suasana kerja

Budaya dan suasana kerja akan berpengaruh dalam produktivitas kerja anda maupun pegawai. Meskipun disebut tempat kerja bersama, kondisi tempat kerja yang kondusif merupakan suatu kebutuhan. Keberadaan rekan-rekan dari perusahaan lain harus bisa membantu dalam perkembangan bisnis yang anda jalankan, begitu pula sebaliknya. Pilih tempat kerja bersama yang mempunyai budaya kerja positif untuk saling berbagi wawasan, gagasan, dan memiliki potensi kolabirasi kerja yang tinggi. Hindari suasana kerja dan rekan bisnis yang justru akan menyulitkan perkembangan bisnis anda kedepannya.

4. Cek harga dan kredibilitas penyedia tempat kerja

Mengecek dan membandingkan harga dari coworking space wajib anda lakukan. Jika memilih tempat keja yang biaya sewanya agak mahal maka harus diimbangi dengan fasilitas yang disediakan. Jangan sampai anda sudah membayar mahal namun fasilitas yang didapat tidak sesuai dengan biaya sewa dan kebutuhan anda. Selain itu penyedia tempat kerja yang kredibel harus memiliki kemampuan finansial yang layak. Hal ini memungkinkan untuk terus dilakukannya upgrade pada fasilitas yang disediakan terutama kebutuhan akan internet cepat dan teknologi lainnya.

Nah demikian sedikit ulasan mengenai pentingnya co-working bagi pebisnis dan bagaimana tips dalam memilih co-working yang tepat, salam BASAH..