Memahami Pengertian dan Pentingnya Wawancara Kerja

Konten []
Wawancara kerja tidak bisa lepas dari dunia bisnis. Masalah wawancara kerja mencakup arti penting wawancara kerja, persiapan wawancara kerja, bagaimana anda mengenali pekerjaan dan perusahaan, pertanyaan-pertanyaan penting dalam wawancara, dan ucapan terima kasih setelah wawancara. Beberapa masalah diatas sangat penting untuk diperhatikan demi tercapainya suatu tujuan baik pribadi maupun perusahaan. Dengan wawancara dapat diketahui sejauh mana pengetahuan dan wawasan kita serta kepribadian kita. Melakukan wawancara tanpa persiapan dapat mengganggu jalannya wawancara yang mengakibatkan tidak diterimanya lamaran pekerjaan yang telah kita ajukan sebelumnya.

Arti Pentingnya Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan salah satu cara yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam menyaring jumlah yang ada. Anda harus benar-benar mempersiapkan diri sehingga dapat memberikan kesan yang baik dan membuat pewawancara yakin akan kemampuan Anda.

Berbagai aspek, khususnya kepribadian yang Anda tampilkan baik secara verbal maupun nonverbal, bahkan pada saat Anda memasuki ruang wawancara akan memperoleh perhatian dari pewawancara. Aspek-aspek kepribadian yang akan dinilai antara lain mencakup: penampilan Anda secara fisik, gerak-gerik dan sopan santun, nada suara, rasa percaya diri, inisiatif, kebijaksanaan, daya tanggap dan kerja sama, ekspresi wajah, kemampuan berkomunikasi, sikap terhadap pekerjaan, dan selera humor.

Dengan memperhatikan berbagai karakter di atas, pewawancara akan dapat memprediksi apakah Anda termasuk salah seorang yang dipilih untuk menduduki posisi tertentu dalam suatu perusahaan atau tidak.

Memahami Pengertian dan Pentingnya Wawancara Kerja
Memahami Pengertian dan Pentingnya Wawancara Kerja

Cara Mengenali Pekerjaan dan Perusahaan

Sebelum melakukan wawancara perlunya mencari berbagai informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar serta perkembangan usaha. Wawancara sebagai bentuk komunikasi dua arah (two-way communications) merupakan kesempatan yang baik untuk menanyakan secara langsung mengenai pekerjaan dan perusahaan kepada pewawancara.
  1. Apa tugas dan tanggung jawab pekerjaan lembaga/organisasi perusahaan yang dilamar?
  2. Bagaimana kebijakan perusaahaan mengenai promosi? 
  3. Bagaimana kesempatan untuk berkembang dalam lembaga/organisasi perusahaan? 
  4. Apakah tersedia program pelatihan bagi pegawai baru? 
  5. Apa yang menjadi produk unggulan perusahaan? 
  6. Siapa pesaing utama bagi perusahaan? 
  7. Bagaimana pangsa pasar bagi produk-produk yang diproduksi perusahaan? 

Bilamana sudah diberi kesempatan untuk menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan maupun perusahaan tetapi tidak dimanfaatkan, pewawancara dapat menilai tingkat keseriusan sebagai pelamar diragukan. Oleh sebab itu jangan sis-siakan kesempatan yang diberikan oleh pewawancara dan hindari pertanyaan yang bersifat atau bernada interogasi.

Pertanyaan Penting Dalam Wawancara Kerja

Dalam wawancara, berbagai macam jenis pertanyaan akan disampaikan maka Anda harus benar-benar telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Berikut ini merupakan beberapa contoh pertanyaan yang disampaikan dalam melakukan wawancara.
  1. Pekerjaan yang dilamar
  2. Pendidikan dan Pelatihan 
  3. Latar Belakang Keluarga 
  4. Penilaian Pribadi Anda 
  5. Tujuan Karier 
  6. Hobi Dan Lain-lain 

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara apabila Anda sudah bekerja.
  1. Pimpinan Anda
  2. Pekerjaan Sebelumnya 
  3. Pergaulan Antarsejawat 
  4. Pendelegasian 
  5. Pengambilan Keputusan 

Ucapan Terima Kasih

Segera setelah wawancara usai, berikanlah ucapan terima kasih (thank you letters) kepada para pewawancara meskipun merasa kemungkinan Anda untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut kecil.

Tulislah surat ucapan terima kasih yang sederhana, singkat dan jelas. Hindari sikap menyombongkan diri. Akhiri surat Anda dengan suatu harapan untuk memperoleh keputusan sesegara mungkin.

Surat Penerimaan Pegawai dan Surat Penerimaan Kerja

Apabila Anda telah menerima surat penerimaan pegawai, maka Anda sebaiknya membuat surat balasan untuk organisasi, lembaga atau instansi tempat Anda diterima sebagai pegawai baru. Ada tiga poin yang perlu diperhatikan dalam penulisannya, yaitu:
  1. Nyatakan antusias Anda terhadap tawaran kerja tersebut.
  2. Konfirmasikan kapan Anda dapat datang ke personalia. 
  3. Tunjukkan antispasi Anda terhadap penerimaan tawaran kerja tersebut. 

Surat Penolakan Kerja

Surat penolakan kerja (letter declining a job offer) merupakan surat yang dibuat oleh pelamar kerja atau mereka yang sudah bekerja tetapi mendapatkan atau mengharapkan pekerjaan di tempat lain yang lebih menguntungkan, atau yang lebih menjanjikan prospek yang lebih baik daripada pekerjaan yang telah ada.