Pengertian Servant Leadership

Konten []
Seiring perkembangan zaman, kepemimpinan secara ilmiah mulai berkembang bersamaan dengan pertumbuhan manajemen ilmiah yang lebih dikenal dengan ilmu tentang pemimpin. Pemimpin (leadership) mempunyai kedudukan paling penting dalam sebuah komunitas, kelompok masyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini tidak akan aman, maju, terarah jika tidak adanya seorang pemimpin maka kata kunci keberhasilan suatu bangsa dan negara adalah terletak pada seorang pemimpin.

Dewasa ini kita telah mengetahui berbagai macam karekteristik pemimpin dengan berbagai macam pula manajemen yang diperankan, sebagai pemimpin yang ideal tanpa memiliki rasa kepentingan bersifat mementingkan sebagian pihak, tentunya figur seorang pemimpin yang selalu membela keperluan rakyatlah yang kita harapkan.

Oleh karena itu, dalam suatu organisasi, bisnis, ataupun perusahaan, gaya kepemimpinan sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas kerja para karyawannya. Sebenarnya, seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan dapat dilihat dari bagaimana Ia bersikap dan memimpin para karyawannya. Pemimpin harus memiliki integritas. Integritas adalah suatu prinsip yang didasarkan atas karakter, etika, agama, moral yang baik yang menyatakan siapa dia. Karena dia akan menyelaraskan itu melalui cara berpikir, berbicara, bersikap, bertindak dan mengambil keputusan (konsisten). Seseorang yang punya integritas memiliki kehidupan yang terintegrasi. 

Pengertian Servant Leadership
Pengertian Servant Leadership

Servant Leadership atau kepemimpinan yang melayani, tujuan utama seorang pemimpin adalah melayani kepentingan mereka yang dipimpinnya. Orientasinya bukanlah untuk kepentingan pribadi atau golongan, namun lebih kepada kepentingan publik yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus bisa membangun dan mengembangkan mereka yang dipimpinnya, sehingga bermunculan bibit-bibit pemimpin baru dalam kelompoknya.

Apa itu servant leadership?

Sebuah filosofi kepemimpinan di mana seorang individu berinteraksi dengan orang lain - baik dalam kapasitas manajemen atau sesama karyawan - dengan tujuan mencapai otoritas daripada kekuasaan. Figur otoritas bermaksud untuk mempromosikan kesejahteraan orang di sekitar. kepemimpinan pelayan melibatkan individu menunjukkan karakteristik empati, mendengarkan, pelayanan dan komitmen untuk pertumbuhan pribadi terhadap orang lain.

Bagaimana anda menjadi seorang servant leader?

Seperti yang anda ketahui, menjadi servant leader lebih merupakan keadaan pikiran dari satu set arah. Menjadi servant leader tidak mengikuti langkah demi langkah suatu proses. (Pertama, Anda menjadi jujur. Kedua, Anda peduli tentang orang-orang ...). Namun, ada hal-hal yang servant leader lakukan, daripada hanya percaya. Anda dapat bekerja pada keterampilan ini untuk menjaga bagian yang membantu dari servant leader segar dalam pikiran Anda. Banyak dari hal yang didiskusikan dibahas secara rinci pada bagaian lain. Termasuk:

  • Mendengarkan orang lain
  • Melibatkan orang lain 
  • Meningkatkan kerjasama tim dan bukan pengambilan keputusan dilakukan secara individu
  • Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
Ok sobat BASAH.. mungkin itu dulu ulasan kali ini mengenai pengertian servant leadership atau kepemimpinan yang melayani, sampai ketemu dipostingan berikutnya salam BASAH..