Pentingnya Kedisiplinan Bagi Mahasiswa

Konten []

A. Pengertian kedisiplinan 

Pada hakekatnya kedisiplinan merupakan bagian dari pendidikan karena tanpa disiplin tidak ada yang namanya pendidikan. Pendidikan adalah suatu proses yang perlu dibiasakan pelaksanaannya, seperti norma-norma yang dianggap baik dan berlaku dalam masyarakat. Pengertian disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan elaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang tunduk pada putusan, perintah atau peraturan yang berlaku. Kepatuhan seseorang terhadap keputusan atau peraturan yang dibuat dan diberlakukan bagi dirinya sendiri. Atau dengan kata lain Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban.

B. Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan

  1. Kelarga
  2. Sekolah 
  3. Masyarakat 
  4. Lingkungan bermain 
  5. Media cetak/elektronik 
  6. Dll.

 

Pentingnya Kedisiplinan Bagi Mahasiswa
Pentingnya Kedisiplinan Bagi Mahasiswa
 

C. Pentingnya disiplin

Tingkat kedisiplinan seseorang menunjukkan derajat kesungguhan seseorang. Tidak sedikit orang yang sukses karena kesungguhan (dedikasi) yang tinggi. Orang yang disiplin akan mempunyai kecerdasan praktis artinya seseorang yang disiplin tidak hanya cerdas dalam berkonsep tetapi juga akan berkemampuan dalam mengimplementasikan dalam kehidupannya. Orang yang disiplin menunjukkan dedikasi yang tinggi atau kemampuan kesungguhan yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu. Kesuksesan akan dicapai oleh orang yang berdedikasi tinggi yakni orang yang kesehariannya bertindak disiplin. Individu yang disiplin akan lebih mampu mencapai target yang telah ditentukan yang pada akhirnya akan membawa pada kesuksesan. Semakin tinggi berdisiplin, maka akan semakin tinggi dedikasinya. Semakin tinggi dedikasi seseorang akan semakin mampu menghadapi berbagai rintangan atau hambatan, sehingga orang yang semakin disiplin akan semakin mampu mencapai kesuksesan.

Dalam subjek yang lain yaitu untuk mahasiswa Sikap disiplin sangat mempengaruhi kegiatan perkuliahan dan prestasi dari mahasiswa tersebut. Jika mempunyai sikap disiplin yang dari kesadaran sendiri, kegiatan perkuliahan mahasiswa lancar dan prestasi meningkat. Tidak hanya dalam kehidupan perkuliahan, tapi sikap ini juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Berinteraksi dengan orang banyak membutuhkan sikap disiplin dan sikap mempunyai komitmen dalam mengerjakan suatu kewajibannya. Jika tidak disiplin, mahasiswa secara tidak langsung akan dituntut untuk menjadi seorang yang disiplin oleh lingkungan disekitarnya karena tugas-tugas dan kegiatan perkuliahan yang padat merupakan kewajiban dari mahasiswa itu dan bisa berjalan dengan lancar jika dijalani dengan sikap disiplin

D. Menanamkan kedisiplinan

Untuk menjadi didiplin maka kita harus berpikir :

1. Disiplin itu indah

Disiplin itu indah dan bermanfaat dan bukan sesuatu yang kaku. Disiplin mampu membawa diri kita menuju kesuksesan. Sebagai contoh terciptanya lagu yang indah selain ditentukan oleh adanya karya yang bermutu dari aransemen dan syairnya juga ditentukan oleh kedisiplinan penyanyi dalam membawakn atau menyanyikannya.

2. Ketidakdisiplinan membahayakan diri kita dan orang lain

Disiplin itu menciptakan ketertiban yang akan menghasilkan kelancaran, contohnya dalam berlalu lintas jika kita tidak disiplin bisa mengakibatkan lalu lintas bahkn bisa lebih fatal yaitu kematian

3. Membuang stereotipe disiplin

Stereotipe disiplin itu harus dibuang jauh, tidak benar bahwa disiplin itu bersifat kaku, menjemukan, menegangkan, memboskan, dll.

4. Disiplin itu sesuatu yang luar biasa

Orang yang disiplin itu menghormati dirinya melalui menghormati orang lain dengan memenuhi janji atau kesepakatan dalam ketetapan kuantitas ataupun kualitas yang dijanjikan. Ketepatan kuantitas waktu, jumlah unit, ketepatan kualitas pekerjaan, produk, layanan, dsb. Disiplin itu luar biasa, menjadikan kita orang yang terhormat

5. Disiplin merupakan energi yang luar biasa

Kedisiplinan membuat orang energik dan patuh terhadap aturan terutama aturan yang penting, sehingga akan cepat menyelesaikan tugas dan terhindar dari bahaya.

Selain cara diatas masih terdapat beberapa cara lain yaitu :

Pendekatan lingkungan disiplin
Dilakukan dengan beberapa pendekatan antara lain :
  • Menyatu dengan masyarakat disiplin
  • Membangun disiplin dapat dimulai dari diri sendiri, melalui pemahaman apa itu disiplin dan manfaatnya
  • Mengkondisikan suasana disiplin dengan pemahaman bahwa disiplin bukan sesuatu yang menyeramkan dan kaku
Membiasakan disiplin
Untuk membangun pribadi yang disiplin kita harus :
  • Fokus, pada apa yang dikerjakan menjadikan kita akan mencapai target yang kita inginkan.
  • Berkemampuan, terhadp apa yang akan kita kerjakan mendorong kita menjadi disiplin. Mengukur kemampuan diri terhadap pekerjaan yang akan kita terima merupakan hal penting dalam menjaga kedisiplinan diri.
  • Berkemauan, mempunyai niat ( kesungguhan ) untuk disiplin akan sangat berpengaruh terhadap terbentuknya disiplin pribadi. Niat yang sungguh-sungguh akan menjadikan orang semakin berdedikasi yang pada akhirnya orang tersebut dengan mudah untuk disiplin.
  • Waktu, waktu yang cukup untuk sesuatu yang kita kerjakan sangat menentukan terbentuknya disiplin individu. Orang yang tidak mempunyai waktu yang cukup meskipun dapat pekerjaan yang mudah dapat berakibat pekerjaan tersebut tidak selesai dengan maksimal.
  • Merencanakan da menyiapkan dengan cermat apa yang kita kerjakan menentukan tercapainya target yang telah ditentukan sebelumnya.
Law enforcement
Penegakan hukum bagi pelanggar hukum akan menentukan tegaknya disiplin. Pemberian sanksi dapat membuat pelanggar jera.

E. Manfaat disiplin

Manfaat kedisiplinan adalah membuat orang menjadi lebih tertib dan teratur dalam menjalankan kehidupannya, serta seseorang juga dapat mengerti bahwa kedisiplinan itu amat sangat penting bagi masa depannya kelak, karena dapat membangun kepribadian seseorang yang kokoh dan bisa diharapkan berguna bagi semua pihak.

Seorang yang disiplin ketika melakukan suatu pelanggaran walaupun kecil akan merasa bersalah terutama karena ia merasa telah mengkhianati dirinya sendiri. Perilaku khianat akan menjerumuskannya pada runtuhnya harga diri karena ia tak lagi dipercaya. Sedangkan kepercayaan merupakan modal utama bagi seseorang yang memiliki akal sehat dan martabat yang benar untuk dapat hidup dengan tenang (sakinah), dan terhormat.

F. Wujud kedisiplinan yang bisa diterapkan oleh pelajar

a. Dalam pelaksanaan disiplin, harus berdasarkand dari dalam diri mahasiswa. 

Karena tanpa sikap kesadaran dari diri sendiri, maka apapun usaha yang dilakukan oleh orang di sekitarnya hanya akan sia-sia. Berikut ini adalah pelaksanaan kedisiplinan di lingkungan sekolah/kampus.
  1. Belajar dengan teratur
  2. Datang ke sekolah/kampus tepat waktu 
  3. Mentaati peraturan disekolah/kampus yang ada 
  4. Mentaati aturan hukum yang berlaku 
  5. Menyelesaikan tugas sebagaimana mestinya 
  6. Dll.

b. manajemen personal

adalah suatu ilmu untuk melaksanakan planning, controlling, leading, organizing, actuating sehingga efektifitas dan efisiensi dapat ditingkatkan semaksimal mungkin dalam pencapaian tujuan diri. Disiplin dalam memanajemen personal sangatlah penting karena kualitas seorang mahasiswa dapat diukur dari bagaimana cara mahasiswa itu mengelola diri. Namun, sebagian besar masih memiliki sifat malas, ceroboh, dan sering menunda waktu. Kebiasaan tersebut menjadikan mahasiswa cenderung memiliki tata kelola hidup yang kurang baik. Inilah yang harus dihilangkan. Apabila mahasiswa telah malakukan manajemen personal berarti telah melakukan disiplin mulai dari dirinya sendiri.