6 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPS

Konten []
Perguruan tinggi ikatan dinas menjadi salah satu alternatif bagi siswa dari jurusan IPS yang ingin langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Itulah sebabnya siswa SMA/MA yang baru lulus banyak yang mendaftar ke perguruan tinggi ikatan dinas. Dibawah ini ada beberapa perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPS yang bisa dijadikan referensi.

6 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPS Favorit

6 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPS
perguruan tinggi ikatan dinas

1. Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan perguruan tinggi dengan ikatan dinas yang paling cocok dipilih oleh lulusan dari jurusan IPS. Meskipun namanya pernah tercoreng gara-gara kasus kekerasan yang menimpa siswanya, kualitas pendidikan perguruan tinggi yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Lulusan IPDN telah banyak mengisi berbagai jabatan PNS di pemerintahan pusat maupun daerah. Hal yang perlu diingat adalah untuk masuk IPDN harus lolos syarat tinggi badan.

2. Sekolah Tinggi Ikatan Dinas (STAN)

STAN juga menjadi salah satu perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPS yang banyak diminati dengan harapan setelah lulus bisa langsung bekerja. Lulusan STAN memang diiming-imingi dengan gaji tinggi ketika diterima bekerja sehingga banyak peminatnya. Lapangan kerjanya juga terbuka lebar pada beberapa institusi seperti Departemen Keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan. Namun untuk bisa diterima di STAN tidaklah mudah jadi harus rajin-rajin belajar dan memiliki pengetahuan luas.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

STSN berada dibawah naungan Lembaga Sandi Negara dan berlokasi di Bogor. Terdapat 2 program studi yang ditawarkan yaitu Teknik Persandian dan Studi Manajemen Persandian. Meskipun setiap tahunnya hanya membuka pendaftaran dengan kuota yang sedikit, peminatnya sangat banyak. Ini tidak lain karena gaji besar ditawarkan setelah lulus dan pengabdian untuk menjaga aset-aset negara yang berhubungan dengan sandi.

4. Politeknik Imigrasi

Politeknik Imigrasi atau Poltekim adalah perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPS yang berada dibawah naungan Kemenkumham. Perguruan tinggi ini dulunya bernama Akademi Imigrasi. Dalam proses pendidikannya terdapat 3 tahap yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan. Salah satu keunggulannya adalah praktek kerja yang dilakukan sebanyak 3 kali sehingga mahasiswa lebih siap bekerja ketika lulus. Lapangan kerjanya sendiri sangat terbuka ada kantor imigrasi di seluruh Indonesia dan perwakilan imigrasi di negara lain.

5. Sekolah Tinggi Inteligen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Inteligen Negara sangat cocok untuk menjadi pilihan karena berbagai fasilitas yang diberikan. Mulai dari pakaian kuliah, konsumsi, asrama, dan uang saku akan diberikan kepada mahasiswa yang diterima di STIN. Mahasiswanya akan dibekali dengan berbagai ilmu intelegen dibidang pengetahuan, teknologi, dan seni demi menjaga kesatuan NKRI. Berada dibawah naungan Badan Inteligen Negara, STIN menjadi salah satu perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPS favorit.

6. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial berlokasi di Bandung dan berada dibawah naungan Kementerian Sosial. Berdiri sejak tahun 1964, STKS memiliki program studi Profesi Pekerjaan Sosial dan Pendidikan Spesialis. Sasaran utamanya adalah lulusan dapat memecahkan masalah-masalah sosial seperti fakir miskin, ODHA, dan pemakai narkoba. Jadi STKS sangat cocok dimasuki oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan pelayanan sosial. Kesempatan kerjanya sangat bagus karena masih banyak dibutuhkan oleh pemerintah.

Ulasan mengenai 6 perguruan tinggi ikatan dinas jurusan IPS diatas menjadi gambaran untuk Anda yang masih bingung memilih tempat kuliah. Selain menawarkan banyak fasilitas pendukung, banyak pilihan bidang dan kesempatan kerja yang ditawarkan untuk lulusannya tidak boleh dilewatkan begitu saja.