Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon IP2770

Konten []

Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon IP2770

Mungkin diantara Anda banyak yang pernah mendapatkan notifikasi kesalahan 5B00 saat akan mencetak dokumen dengan printer. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya notifikasi tersebut, misalnya tidak dapat melakukan print atau printer tidak bisa dideteksi oleh komputer. Anda bisa melihat tanda lampu printer berkedip-kedip ketika mendapatkan masalah dalam mencetak dokumen. Namun tidak perlu panik karena ada cara memperbaiki error 5B00 yang bisa Anda coba.

Masalah seperti itu sering terjadi pada printer jenis dan merk apapun baik itu Epson, Canon, HP, dan lain sebagainya. Setiap printer mempunyai umur pemakaian normal yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Hal ini untuk menandai kapan kemungkinan printer akan mulai rusak atau error. Untuk mengatisipasinya, setiap merk menyediakan software resetter.

Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara memperbaiki error 5B00 pada Printer Canon IP2770. Sebenarnya untuk jenis error ini tidak hanya terjadi pada Canon IP2770 saja namun juga pada tipe lain seperti Canon MX360. Biasanya akan ada notifikasi yang muncul ketika hal tersebut terjadi.

Indikasinya selain mendapatkan notifikasi error, lampu indikator yang ada pada printer akan berkedi-kedip beberapa kali secara berkala. Cara untuk mengatasinya adalah menggunakan software resetter. Cara ini juga sering disebut sebagai flashing BIOS. Langkah-langkah memperbaiki error 5B00 dengan software resetter Canon IP2770 adalah sebagai berikut: 

Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon IP2770
Memperbaiki eror pada printer canon

1. Download Software Resetter Canon IP2770

Setelah proses download selesai masuklah ke service mode dengan cara menancapkan colokan printer ke aliran listrik namun jangan dinyalakan dulu. Selanjutnya tekan tombol resume kira-kira selama 2 detik. Bersamaan dengan itu tekanlah tombol power hingga lampu indkator menyala hijau. Lepas tombol resume, namun tetap tekan tombol power.

Kemudian tekan kembali tombol resume sebanyak 5 kali. Lepaskan kedua tombol baik resume maupun power secara bersamaan. Anda akan melihat nyala lampu indikator berwarna hijau. Setelah itu biasanya secara otomatis komputer akan melakukan deteksi perangkat baru, Anda bisa mengabaikannya.

2. Reset Printer

Saat printer Canon IP2770 sudah dalam keadaan service mode langkah selanjutnya tinggal melakukan reset printer agar dapat digunakan secara normal kembali. Ekstrak dan instal file software resetter yang sudah Anda download lalu jalankan program aplikasinya. Namun sebelumnya siapkan beberapa lembar kertas printer untuk uji coba ketika melakukan reset. Berikut ini langkah menggunakan software resetter printer Canon:

  1. Pada interface software resetter tekanlah tombol MAIN dan secara otomatis printer akan melakukan print dengan hasil “D=000.0”.
  2. Selanjutnya klik pada tombol EEPROM agar printer kembali melakukan print dengan berbagai hasil akhir. Perhatikanlah tulisan “TPAGE (TTL=00000)”, jika menemukannya maka printer Anda sudah bisa digunakan secara normal kembali. 
  3. Setelah itu matikan printer dan nyalakan ulang dan lakukanlah tes dengan mengeprint beberapa lembar dokumen. 

Untuk beberapa sebab mungkin software resetter tolls v1074 akan mengalami not responding saat proses reset dimulai. Jika Anda mengalami hal tersebut carilah versi terbaru software tersebut yaitu v3400. Ada sedikit perbedaan mengenai cara menggunakannya yaitu:

  1. Pertama, masuklah ke service mode.
  2. Klik MAIN dan SET pada menu absorber clear ink counter. 
  3. Selanjutnya pilih MAIN dan SET pada menu ink absorber counter 
  4. Terakhir, klik EEOPROM agar printer mencetak sebuah halaman. 
Itu tadi cara memperbaiki error 5B00 pada printer Canon IP2770 dengan menggunakan software resetter. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah karena selain mudah dapat software-nya, langkah-langkah pengerjaannya juga tidak sulit.