Mengatasi Baterai Laptop Tidak Penuh

Konten []

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Penuh 100%

Dalam beberapa tahun belakangan kebutuhan masyarakat dalam memakai laptop sangat luar biasa. Jika dulu penggunanya hanya orang-orang IT atau mereka yang bekerja didepan komputer, saat ini bahkan murid-murid sekolah juga sudah menggunakannya. Selain penggunaanya yang praktis karena bisa dibawa kemana-mana, tuntutan pekerjaan menjadi alasan utama banyak orang memiliki laptop. Namun bukan berarti laptop tidak memiliki maslah pada komponen-komponennya. Seperti halnya perangkat elektronik lain, laptop juga dapat mengalami masalah, salah satunya adalah baterai laptop tidak penuh 100%.

Memang karena menggunakan baterai, laptop bisa dipakai meskipun tidak dicolokkan ke sumber listrik. Namun ternyata baterai tersebut bisa mengalami berbagai masalah dan salah satunya adalah tidak bisa terisi penuh 100% meskipun sudah dicharge berjam-jam. Indikator yang terlihat saat masalah itu terjadi adalah notifikasi “Battery not fully charged”. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Sebelum itu, mungkin Anda juga perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.


Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Penuh
mengatasi baterai laptop yang tidak terisi penuh


Penyebab Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan baterai laptop tidak dapat terisi penuh 100% meskipun sudah dicharge selama berjam-jam. Berikut ini beberapa penyebabnya:
  • Gangguan Listrik
Gangguan pada arus listrik dapat mengakibatkan baterai laptop bermasalah misalnya saja wilayah tempat tinggal Anda sering mengalami mati listrik. Selan itu tidak stabilnya arus listrik juga menjadi penyebabnya. Kedua hal tersebut membuat ketahanan baterai menurun secara drastis dan menyebabkannya malfungsi.

  • Baterai Sering Habis
Ini juga menjadi penyebab masalah yang terjadi pada baterai laptop. Mungkin karena keasyikan memakai laptop sampai-sampai daya baterainya tinggal sedikit dan kemudian habis. Mungkin Anda akan menganggapnya lumrah, namun jika hal tersebut sering terjadi maka bisa membawa masalah. Selain membuat daya baterai lemah, hal tersebut juga memungkinkan untuk merusak baterai.

  • Critical Battery Level Rendah
Critical battery level merupakan sebuah pengaturan dimana Anda akan mendapatkan notifikasi ketika level baterai berada di angka yang diatur, misalnya 5% atau 7%. Pengaturan critical battery level yang terlalu rendah atau berada dibawah 5% dapat mengakibatkan baterai tidak tahan lama. Anda bisa mengubah pengaturannya pada angka 10% atau 15%.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

Jika Anda sudah mengetahui berbagai penyebabnya seperti diatas, maka selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya caranya cukup mudah karena hanya perlu merubah pengaturan critical level pada pengaturan baterai. Berikut ini cara mengatasi baterai laptop tidak penuh 100%:

Jika laptop Anda menggunakan sistem operasi windows 7 atau 8 maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk start menu. Klik Control Panel, kemudian Security, dan lanjut ke Power Options. Setelah itu pilihlah “select a power plan” dan klik pilihan “change plan setting”.setelah tu pada layar laptop Anda akan ditampilkan jendela “change setting for the plan”. Klik “change advanced power setting” dan dilanjutkan dengan mengklik tanda (+) pada pilihan battery, low battery level, serta critical battery level. Dengan mengklik tanda (+) berarti menambah angka persentase sesuai keinginan agar tidak terlalu rendah. Disarankan untuk merubah angkanya pada persentase 10%.

Jika sudah melewati semua langkah-langkah diatas, maka selanjutnya adalah melakukan pengetesan. Charge laptop ketika baterai dalam keadaan terisi dalam artian tidak low atau kosong. Charge dilakukan minimal sekitar 5 jam untuk melihat apakah ada penambahan level persentase dari baterai dari maksimal level sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir akan terjadi overcharged karena jaman sekarang baterai sudah memakai teknologi canggih. Jadi bisa berhenti charge dengan sendrinya ketika sudah mencapai 100%. Charge akan lebih cepat ketika laptop tidak digunakan atau dalam keadaan shut down. Dengan begitu proses regenerasi cell-cell pada baterai juga menjadi lebih cepat.

Itu tadi cara mengatasi baterai laptop tidak penuh 100% meskipun sudah dicharge selama berjam-jam. Jadi untuk lain kali charge laptop ketika baterai hampir mendekati low level. Hindari sebisa mungkin memaksa baterai laptop hingga kosong agar tidak membuatnya malfungsi. Dengan begitu umur baterai dapat bertahan lebih lama.