9 Cara Membersihkan Layar TV LED | 5 Menit Sudah Bersih

Konten []
Cara Menghilangkan Noda Hitam di TV LED sebenarnya mudah sekali dilakukan, hanya saja terkadang ketika salah langkah akan menjadikan layar TV LED anda terkena goresan dan nantinya akan susah dihilangkan.

Banyak cara membersihkan mesin tv LCD atau LED yang bisa anda praktikkan, diantaranya menggunakan cairan screen cleaner, tisu basah, ataupun menggunakan minyak kayu putih supaya terlihat jernih seperti baru lagi.

Caranya hampir sama dengan cara membersihkan lcd hp, yaitu harus dengan kain yang lembut, cairan yang berfungsi menghilangkan debu dari LCD. cara membersihkan tv tabung tidak hanya itu saja, tapi masih banyak lagi cara yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Cara Membersihkan Layar TV LED

Apakah TV LED anda banyak debunya? perhatikan betul caranya, cairannya, kemudian kain lap yang anda gunakan, dan kali ini kami situs Televisi LED akan memberikan 7 Cara Membersihkan Layar LED sebagai berikut:

1. Matikan TV LED


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mematikan TV LED anda sebelum layarnya dibersihkan dengan cairan, karena ini akan mempermudah anda melihat debu atau kotoran yang menempel pada TV LED anda, karena memang ketika TV LED dimatikan akan terlihat hitam pada layarnya.

2. Pakai Kain Kering Lembut


Kemudian setelah mematikan TV LED anda, harus mengelap dengan menggunakan kain kering yang lembut, Usaplah permukaan layar TV LED yang penuh dengan debu dan kotoran yang menempel.

Pastikan dengan betul kain yang anda gunakan memang benar-benar kering, serta terbuat dari kain yang lembut karena ketika anda menggunakan kain yang agak kasar akan menimbulkan goresan di permukaan layar TV LCD anda.

Usaplah permukaan TV LED dan bagian lainnya menggunakan kain kering tersebut secara perlahan dan menyeluruh, jangan menekan layar terlalu keras saat mengusap TV anda. Rekomendasi saya, silahkan gunakan kain Microfiber untuk membersihkannya karena kain tersebut sangat lembut.

3. Check Layar TV LED


langkah selanjutnya adalah memeriksa semua bagian TV LED, termasuk layarnya. Apakah masih ada debu atau kotoran yang menempel setelah dibersihkan dengan kain yang halus.

Apabila masih ada debu atau kotoran yang membandel, silahkan diulangi tahan 1 dan kedua supaya tidak ada debu yang tertinggal.

Salah satu cara menghilangkan noda hitam di tv led anda bisa mengulangi 2 langkah diatas secara terus menerus dan dengan hati-hati tentunya.

4. Gunakan Cuka dan Air


Cara menghilangkan noda hitam di tv led selanjutnya adalah dengan menggunakan Cuka dan air, karena berdasarkan informasi yang kami terima bahwa cuka putih yang dipadukan dengan air bersih mampu menghilangkan noda di layar tv yang membandel, dan cairan ini dapat mengangkat debu yang menempel pada layar televisi.

Yang perlu diperhatikan saat anda menggunakan Cara yang keempat ini, anda harus memperhatikan kadar percampurannya, jangan sampai berlebihan dalam menggunakannya. Ada beberapa step yang harus anda lakukan saat menggunakan metode ini, caranya sebagai berikut:

  • Siapkan wadah untuk mengkombinasikan cuka dan air

  • Campurlah Cuka dan air bersih kedalam wadah yang sudah anda sediakan

  • Celupkan kain microfiber atau kain lembut kedalam campuran cuka dan air bersih

  • Silahkan usap layar TV LED anda secara perlahan dan lembut


  • Tidak diperkenankan menyemprotkan campuran tersebut ke layar TV LED, karena hal itu berpotensi kerusakan TV LED yang anda miliki.


5. Pakai Bahan Kimia


Dalam menggunakan cara yang kelima, anda harus berhemat bahan kimia supaya tidak berlebihan dalam menggunakanny.

Rekomendasi saya, anda tidak perlu menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi elektronik anda, meskipun tidak semua bahan kimia itu terlarang untuk barang elektronik.

Bahan Zat Kimia yang tidak boleh dioperasikan adalah ammonia, etil alkohol, aseton, atau etil klorida.

Jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia secara probabilitas, atau overload dalam mengurusi TV LED yang rusak, mati dan lainnya.

Bahan kimia yang sudah saya sebutkan tadi, itu biasanya digunakan untuk menghilangkan Kutek, Windex dan juga pelarut cat.

6. Hindari bahan Non-Ultrasoft


Bahan Non Ultasoft itu memiliki tekstur yang kasar dan nanti akan menjadikan TV LED anda tergores, ketika sudah tergores maka layarnya terlihat jelek dan tidak enak saat ditonton.

7. Tempatkan TV LED di Tempat Bersih


Tempat yang cocok supaya terhindar dari debu dan noda membandel, berbeda dengan TV LED yang ditempatkan untuk umum yang memang berada di luar ruangan itu harus dibersihkan secara intensif. Untuk pemakai pribadi, silahkan tarus di ruangan yang tertutup sehingga debu tidak masuk dan mengotori TV LED anda.


8. Bersihkan Dengan Minyak Kayu Putih


Cara membersihkan layar tv led dengan minyak kayu putih juga bisa menjadi alternatif membersihkan layar LED anda, seperti membersihkan layar HP dan laptop saat memasang Gorilla Glaass yang memang bisa menghilangkan debu.

9. Harga Screenclean


Harga cairan pembersih layar tv led bervariasi tergantung Toko yang menjualnya, untuk harganya berkisar antara Rp. 20.000 an.

Itulah 9 cara menghilangkan noda hitam di tv led secara hati-hati yang bisa saya sampaikan, sekali lagi saya ingatkan supaya dalam membersihkan debu pada layar LED harus pelan-pelan karena bisa menjadikan layar anda bergaris.