Cara Memperbaiki LCD TV Mati Total / Standby

Konten []
Cara Memperbaiki LCD TV Mati Total -  berdasarkan rumor yang beredar LCD /LED TV yang mengalami mati total akan menghabiskan biaya yang mahal untuk service, karena memang mengganti mesinnya. Namun sebenarnya TV LCD yang rusak belum tentu harus mengganti LCD, maka dari itu teknisi yang cerdas adalah yang mampu memahami kendala yang terjadi sehingga menjadikan TV user rusak (blank) sebagian atau rusak parah.


Langkah pertama untuk memperbaiki LCD TV 32 inch yang rusak biasanya terletak pada bagian power supply, 90% TV LCD LG 22 mati total dikarenakan power supplay. 



Cara Memperbaiki LCD TV Mati Total / Standby


Meski seperti itu, masih diperlukan berbagai analisa yang teliti karena sebab matinya TV LCD itu banyak sekali jenis masalahnya, contohnya kerusakan yang terjadi pada TV LCD LG 32lk311, Samsung, Xiaomi dan merk lainnya yang tiba-tiba mati tanpa diketahui sebabnya.

Bagi teknisi pemula, harus memahami betul bagaimana menghubungkan blok atau modul supaya kerusakan bisa ditangani dengan benar, adapun cara kerja power supply tv lcd SMPS pada LED/LCD TV oleh situs Teknologi Terkini sebagai berikut:

  • Ketika LED diberi tegangan listrik maka dari power supply kecil (Standby reg 5V) akan ada 5V untuk micro control pada main board.
  • Saat terdapat tegangan micro control 5V maka Lampu standby akan menyala
  • Ketika tombol power ditekan, micro control akan mengecek setiap modul. Saat terjadi masalah akan ditandai dengan lampu yang berkedip-kedip
  • Apabila terjadi masalah, maka lampu standby akan menyala
  • Apabila semua bagian modul LCD normal, microcontrol akan mengirim signal "ON" pada bagian power supply utama SMPS sehingga menghasilkan tegangan 12/24V yang akan diteruskan pada mainboard dan inverter (LED lamp Ballast)
  • LED backlight akan menyala setelah menerima listrik power supply 24 V, inverter bekerja dan PWM-DIM aktif


Cara Memperbaiki TV LCD Mati Total (MATOT) 


Ukur Tegangan


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengukur tegangan power supply yang dibutuhkan main board SMPS, apabila tidak ada tegangan atau tegangan lemah maka anda perlu memperbaiki power supply,nya supaya tetap normal.

Pastikan Micro Control 5V


Selanjutnya adalah memastikan standby micro controler wajib bertegangan 5V, tapi ada beberapa TV buatan merk tertentu yang hanya membutuhkan 3,5 V saja, maka dari itu cek tegangan pada mainboard

Pastikan Main Board 'ON"


Setelah memastikan micro control memiliki tegangan 5V, anda juga harus memastikan Main Board berada di posisi "ON" saat tombol Power ON dinyalakan
Cara Memperbaiki LCD TV Mati Total / Standby


Cek SMPS Utama


Ketika lampu "ON" Main Board tidak menyala, anda harus mengecek SMPS utama karena power supply tidak mampu bekerja dengan baik, tidak mampu menyuplai tegangan 12/24V

Kerusakan komponen TV Tabung, LCD/ LED sebenarnya hampir sama, masih dalam bagian dioda zener sord, IC kecil putus, regulator Power Supply tidak bekerja dan masalah kecil lainnya. Jadi ketika terjadi kerusakana, anda memang harus menganalisa dengan betul supaya bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi. Khusus untuk TV LCD/LED biasanya terdapat komponen MOSFET regulator yang mengarah sebelum Trafo Switching. Dan diantara masalah yang terjadi juga disebabkan kapasiotr kering, menggembung sehingga menjadikan tegangan power supply menurun dan tidak bekerja dengan baik.

Perhatikan Tegangan SMPS TV LCD/LED Berikut ini:


Untuk memudahkan pengecekan, anda bisa mencabut kapasitor atau elko, kemudian ukur dengan AVO meter apakah short atau tidak. anda juga bisa menggunakan ESR meter supaya pengukurannya lebih akurat.

Cukup mudah bukan? Teknisi pemula pun bisa mengatasi kerusakan tv tcl mati standby,atau tv led konka mati total. Baca berulang-ulang artikel ini bila belum berhasil memperbaiki kerusakan.