Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Error

Konten []

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Error

Bluethooth merupakan sebuah fitur pada laptop yang memungkinkan penggunannya untuk mengrirm file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam penggunaannya, bluethooth cukup populer berkat kepraktisannya yang tidak memerlukan kabel data. Dulu bluethooth hanya ada pada ponsel dan baru muncul setelah era infrared. Namun saat ini perangkat laptop juga menggunakan fitur tersebut sebagai salah satu media untuk mentransfer file. Hal tersebut memudahkan Anda untuk mengirim file ke laptop dari ponsel maupun sebaliknya. Namun bukan berarti media transfer ini tidak memiliki masalah. Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah bluetooth tidak bisa dihidupkan dan tidak mau mengirim atau menerima file dari perangkat lain. meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasi bluetooth laptop error.

Anda bisa mengetahui kapan atau masalah apa yang terjadi pada bluetooth di laptop yang digunakan karena akan muncul notifikasinya. Berikut ini notifikasi yang muncul ketika bluetooth laptop mengalami masalah dan artinya:

Cara Mengatasi Bluethooth Laptop Error
Cara Mengatasi Bluethooth Laptop Error


1. Perangkat Bluetooth Tidak Ditemukan

Saat masalah ini terjadi akan muncul notifikasi yang berbunyi “Bluetooth device not found. Please verify that your Bluetooth device is properly connected and turned on”. Notifikasi tersebut biasanya dialami oleh pengguna yang masih memakai sistem operasi Windows XP. Setiap OS memiliki setting driver built-in masing-masing sehingga mungkin sistem Windows XP tidak melakukan proses instalasi driver bluetooth milik Anda.

2. Bluetooth Belum Dikonfigurasi

Jika Anda mendapatkan notifikasi “This device is not configured correctly” maka driver bluetooth tidak terinstalasi dengan benar. Hal ini juga bisa disebabkan oleh hilangnya beberapa file pada instaler.

3. Bluetooth Tidak Berjalan

Notifikasi “This device cannot start” mengindikasikan bahwa versi driver bluetooth yang Anda gunakan sudah tidak update. Jadi Anda perlu mengupdatenya terlebih dahuu agar perangkat bisa berjalan normal.

4. Transfer File Error

Ketika fitur service bluetooth tidak dapat berjalan pada sistem windows yang Anda gunakan akan ada pesan panjang yang muncul. Pesan tersebut berbunyi “Bluetooth file transfer not completed windows was unable to transfer some file An invalid argument was supplied. Try again, click the back arrow”.

Itu adalah beberapa pesan atau notifikasi yang sering muncul ketika bluetooth laptop mengalami error. Namun pada beberapa kasus Anda tidak akan mendapatkan notifikasi satupun. Hal ini tentu membuat Anda tidak akan mengetahui jika telah terjadi error pada bluetooh laptop. Anda baru menyadarinya ketika mau mengirim file tetapi perangkat tidak terdeteksi atau file tidak dapat dikirim. Jika masalah tersebut yang terjadi maka bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah virus atau malware. Namun bisa juga Anda tidak sengaja menonaktifkan service bluetooth atau dinonaktifkan secara otomatis oleh sistem laptop.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah mengetahui penyebab terjadinya error pada bluetooth laptop, maka selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini 2 cara mengatasi bluetooth laptop error:

1. Jalankan Program Bluetooth Support Service

Masuk ke menu START dan ketik Services atau Service.msc pada kotak Run. Setelah itu akan ditampilkan jendela menu services. Pada jendela menu services tersebut klik daftar “Services Local”. Akan muncul banyak sekali daftar services yang ada pada sistem windows disebelah kanan jendela. Cari dan pilih Bluetooth Services atau Bluetooth Support Services. Saat panel Buetooth Service Properties ditampilkan, pada bagian General ubahlah pengaturan Startup Type menjadi Automatic, kemudian klik start. Jika sudah berada di start sejak awal maka stop dan klik start lagi.

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas maka bluetooth bisa dipakai kembali dengan normal. Lakukan tes dengan mengirim atau menerima sebuah file. Jika belum berhasil cobalah restart laptop Anda dan lakukan tes mengirim atau menerima file. Apabila ternyata masih belum berhasil Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara yang lain.

2. Instal Driver Bluetooth Baru

Jika cara pertama diatas belum berhasil maka ada kemungkinan terdapat kesalahan pada driver bluetooth yang digunakan. Cobalah untuk mendownload atau mengupdatenya dengan driver bluetooth versi terbaru. Sesuaikan dengan jenis OS dan merk laptop yang digunakan. Beberapa merk bluetooth yang biasa terdapat pada laptop:

  • ALPS Integrated Bluetooth Devices
  • Belkin Bluetooth Adapter
  • CSR Nanosira
  • FIC Bluetooth Wireless Adapter
  • GVC Bluetooth Wireless Adapter
  • IBM Integrated Bluetooth II
  • USB Bluetooth Device


Jika telah di download, uninstal terlebih dahulu driver bluetooth yang ada melalui uninstall manager agar tidak terjadi crash. Kemudian instal driver yang di download. Saat proses instal selesai, restart laptop Anda. setelah itu bluetooth pada laptop sudah bisa digunakan dengan normal.

Demikian cara mengatasi buetooth laptop error. Memang terlihat simpel, namun untuk cara yang kedua Anda benar-benar harus memilih installer yang tepat agar bluetooth juga bisa digunakan setelah diinstal.