Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Konten []

Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Fitur live location bukanlah hal baru di bidang telekomunikasi. Sebelum whatsapp sudah ada beberapa perusahaan besar telekomunikasi yang menggunakannya. Namun seiring bertambahnya pengguna whatsapp fitur ini kemudian disematkan. Dengan fitur ini Anda dapat menemukan lokasi seseorang secara real time hanya dengan cara live location whatsapp. Cara menggunakan live location di whatsapp akan dibahas dibawah ini.

Cara Memakai Fitur Live Location WhatsApp

Tentu banyak diantara Anda yang jengkel dengan teman yang bilang sedang dalam perjalanan tapi ternyata baru bangun tidur. Dengan fitur live location ini bisa Anda gunakan sebagai cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp. Berikut ini cara menggunakan live location di whatsapp.

Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp
Cara Menggunakan Fitur Live Location di WhatsApp


1. Aktifkan Izin Berbagi

Sebelum masuk ke cara mengaktifkan lokasi di whatsapp Anda harus memberikan izin berbagi lokasi untuk aplikasi whatsapp. Bukalah menu pengaturan pada ponsel dan masuk ke sub menu aplikasi. Kemudian pilih whatsapp tap pada izin dan nyalakan bagian “location”.

Dengan ini proses izin berbagi sudah selesai dan selanjutya Anda sudah bisa menggunakan cara mengaktifkan lokasi di whatsapp dan cara share live location. Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan fitur ini karena sudah terenkripsi secara end to end. Jadi hanya orang yang Anda bagikan lokasi yang dapat melihat kiriman tersebut.

2. Berbagi Lokasi

Cara mengaktifkan lokasi di whatsapp sangat mudah. Bukalah chat secara personal maupun grup pada aplikasi whatsapp yang ingin Anda kirimi lokasi terkini. Klik lampirkan yang berada disamping kolom mengetik pesan. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan dan klik lokasi serta pilih berbagi lokasi terkini. Atur lama waktu yang diinginkan untuk membagikan lokasi terkini Anda. Dengan mengatur rentang waktu secara otomatis lokasi terkini yang dibagikan akan berhenti. Itulah cara mengaktifkan live location whatsapp.

3. Berhenti Berbagi

Selain membahas tentang cara mengaktifkan lokasi di whatsapp dan cara mengetahui lokasi pengguna whatsapp tentu juga perlu tahu bagaimana menghentikannya. Meskipun bisa berhenti secara otomatis sesuai pengaturan rentang waktu namun fitur live location juga bisa dihentikan secara manual. Untuk berhenti membagikan lokasi terkini Anda pada chat prsonal atau grup tertentu caranya sangat mudah. Tinggal masuk ke chat tersebut dan ketuk berhenti berbagi.

Sedangkan cara menghentikan lokasi terkini dari semua chat sekaligus, masuklah ke bagian menu dan pilih setting. Selanjutnya ketuk akun, pilih privasi, klik lokasi terkini dan tap berhenti berbagi. Secara otomatis semua lokasi terkini yang Anda bagikan akan hilang. Itulah cara menggunakan live location di whatsapp.

Demikian cara menggunakan live location di whatsapp. Memang di internet banyak beredar aplikasi yang mirip dengan aplikasi live location whatsapp. Namun sampai saat ini fitur ini lah yang paling simpel digunakan daripada lainnya.



https://faq.whatsapp.com/id/android/26000049/

https://www.smartponsel.id/menggunakan-live-location-whatsapp/

  1. HENI Ajaa

    HENI Ajaa

    October 9, 2019 at 6:07 PM

    Wah saya malahan belum pernah tuh gunain fitur berbagi lokasi sama sekali malahan saya ngaktifin fitur supaya ga terlihat dr semua org he he... Tp pas lg online ttp aja keliatan yaa..thks infonya mas