Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA

Konten []
Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA bisa membantu anda untuk bisa melihat tampilan layar yang sangat besar, apalagi layar PC anda yang kecil tidak begitu kelihatan ketika melihat tulisan kecil, ketika digunakan untuk menonton video juga tidak begitu jelas, kurang besar dan alasan lainnya.

Bagaimana kalau PC dihubungkan dengan TV Tabung? Sebenarnya sama saja asalkan TV yang anda miliki itu mensuport dengan kabel HDMI, atau VGA. Daripada anda mengganti layar komputer anda, mending menggunakan TV LED anda yang lebih besar dibandingkan dengan layar komputer anda. Misalnya layar komputer 16 inch, tapi TV anda berukuran 50 inch maka lebih baik gunakanlah layar TV LED anda.


Sekarang bagaimana cara koneksi cpu ke laptop atau layar TV ? kalau dipikir-pikir, dari pada kita menghabiskan dana untuk membeli monitor baru yang lebih besar, mending gunakanlah Televisi LED anda supaya bisa menampilkan grafik yang lebih besar untuk sementara. Berbeda dengan pemakaian yang lama, lebih baik untuk membeli monitor yang lebih besar karena untuk pemakaian lama.

Cara Menyambungkan CPU ke TV LED Dengan Kabel VGA


Sebelum kita membahas cara menghubungkan pc ke tv tanpa kabel, ada beberapa syarat atau persiapan yang harus anda lakukan sebagai berikut:

Pastikan PC dan TV memiliki Port VGA/HDMI

Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA

PC anda harus memiliki VGA tambahan, seperti yang ada digambar. Silahkan cek CPU dibagian belakang, apakah ada port VGA tambahan atau tidak, ada juga port HDMI yang juga bisa anda gunakan untuk menghubungkan Komputer ke Monitor.

Kemudian untuk netbook, pastikan laptop anda memiliki port HDMI dan biasanya berada di posisi samping kiri, tapi berbeda-beda tiap laptop. Pahami betul bagaimana bentuknya, dan ada tulisan HDMI.
Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA

Untuk tv jadi komputer, pastikan di bagian belakang TV terdapat port HDMI yang nantinya akan digunakan untuk mentransfer grafik dari komputer / laptop ke TV LED yang anda miliki.
Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA

Siapkan Kabel HDMI


Selanjutnya kalau memang TV anda terdapat port HDMI, anda harus mempersiapkan kabel HDMI yang bisa anda beli di toko terdekat. biasanya ukuran kabel HDMI yang dijual dipasaran berukuran 1,5 m, 3 m, 5 m. Lebih panjang lebih baik, karena jarak CPU dan TV bisa jauh sehingga ketika tempatnya sempit bisa lebih mudah dalam mengatur kerapian kabel. 


Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA

Kalau pengen membeli, harganya berapa ??? 

Harga Kabel HDMI


1,5 m Rp. 35.000

3,5 m Rp. 50.000

Perlu anda ketahui bahwa aliran yang berada di HDMI nantinya adalah tegangan + (plus), jadi anda tidak usah khawatir terjadi konsleting. Pasang sat colokan ke port HDMI PC/Laptop dan satunya lagi colokkan ke port HDMI TV. 

Hidupkan Komputer dan TV


Langkah selanjutnya, silahkan nyalakan komputer dan TV anda, untuk tampilan awal memang masih tampilan Tv, dan anda harus menyettingnya sehingga jaringan dari Komputer bisa diakses.

Setting TV

Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA

Gunakan Remote untuk menyettingnya, pilih CONTENT ==> Sumber ( gambar kabel colokan ) ==> HDMI 1/ DV1

Jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
Cara Menghubungkan PC Ke TV Dengan Kabel VGA

Sebenarnya fungsi HDMI tidak hanya bisa digunakan dari Komputer ke TV tapi juga bisa digunakan untuk perangkat lainnya seperti menghubungkan Audio Unit Mobil dengan Smartphone atau Tablet.

Cara menghubungkan pc ke tv dengan wifi windows 7 yang saya sampaikan diatas sangat simpel sekali, tapi tidak menutup kemungkinan terdapat kekurangan menggunakan kabel HDMI.

Kelebihan dan Kekurangan HDMI


Kelebihan HDMI


  • Harganya Murah
  • Simpel Pemasangan
  • Suport banyak Merk


Kekurangan HDMI


  • Sudah Ketinggalan dengan Wireless
  • Kabel Cepat rusak apabila Terjadi lipatan


Ada banyak merk tv yang bagus untuk monitor pc, diantaranya adalah Samsung, sharp, polytron, sony, LG dan lain sebagainya, itulah merk tv led yang bisa jadi monitor komputer anda.

Itulah Cara menghubungkan PC Ke TV dengan kabel VGA yang bisa saya jelaskan, semoga berhasil dan anda bisa menonton grafik komputer di TV LED yang anda miliki sehingga tampilannya besar. Terimakasih atas kunjungannya guys