Cara Mengukur Tegangan Power Supply Tv Led

Konten []
Cara memperbaiki power supply tv led perlu anda ketahui karena biasanya Televisi LED rusak karena tegangannya tidak stabil, atau tidak muncul tegangan sama sekali. Diantara masalah yang sering terjadi adalah layar LED Bergaris Vertikal, dan itu terjadi karena tegangan pada power supply tidak mampu memberikan tegangan menuju Motherboard.

Ada banyak cara untuk mengukur tegangan power supply tv led polytron, ada  9 cara yang harus dipahami terutama untuk teknisi pemula harus faham 9 cara yang akan saya sampaikan berikut ini:

1. Mengukur tegangan melalui dioda bridge
2. Mengukur tegangan melalui kapasitor filter
3. Mengukur tegangan suplai melalui IC power
4. Mengukur tegangan melalui output sekunder
5. Mengukur tegangan melalui IC regulator
6. Mengukur tegangan melalui IC inverter
7. Mengukur tegangan melalui komponen Pico Fuse (pF)
8. Mengukur tegangan melalui adaptor SMPS
9. Mengukur tegangan melalui gelombang frekwensi

Mari kita bahas satu persatu cara test power supply tv lcd diatas, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk melakukan tes seperti ini harus menambah keberanian, karena kehati-hatian sebelum memulai test uji tegangan di power supply ini harus ditata. Tes uji tegangan ini listrik atau power masih dalam keadaan ON dan yakinkan semua sudah dalam keadaan aman dan gunakanlah tester digital karena alat ini lebih akurat hasilnya.

Cara Memperbaiki Power Supply TV LED


1. Mengukur tegangan melalui dioda bridge


Cara pertama untuk mengukur tegangan power supply menggunakan dioda bridge, langkah pertama singkirkan dahulu benda kecil terbuat dari metal yang berdekatan agar aman sebelum monitor menyala. Cari komponen dioda recftifier, bentuknya segi empat dan berada di power supply berdekatan dengan kapasitor atau elko, lihat gambar berikut ini.

Cara Mengukur Tegangan Power Supply Tv Led

Carilah kaki jalur tegangan AC dengan simbol gambar yang ditulis pada papan sirkuit. Jalur tegangan AC ini pada kaki 2 dan 3. 

Kemudian Nyalakan monitor, ambil tester digital untuk mengeceknya. Pilihlah tombol AC pada tester dan tempelkan probe merah dan probe hiam ke kaki 2 dan 3 dan pastikan jangan bersentuhan. Kalau misalnya terjadi sentuhan, maka akan meledak kecil-kecilan dan akan mengakibatkan beberapa komponen rusak.

Lihat tester digital, pastikan berada di angka 230, karena angka tersebut adalah angka normal. Tapi kalau angkanya 0 berarti terjadi masalah di daerah arus masuk seperti sekering putus, ada jalur yang terputus, colokan listrik yang buruk, power button yang bermasalah dan lainnya.

2. Mengukur tegangan melalui kapasitor filter


Setelah melakukan cara nomor satu, kita beralih ke nomor 2 yaitu dengan menggunakan kapasitor filter. Silahkan pasang tester pada tombol DC karena listrik yang dikonversi sudah menjadi DC. Dengan cara probe erah tempelkan pada kaki positif elko, dan prbe hitam tempelkan pada kaki negatif. Jangan sampai bersentuhan karena itu berbahaya, dan pastikan angka menuju 300 Volt DC.

3. Mengukur tegangan suplai melalui IC power


Cara selanjutnya adalah melalui IC Power/IC PWM, cari IC Power pada bagian power supply yang bentuknya kecil, biasanya memiliki 8 kaki dan catan nomor kodenya kemudian browsing di situs www.alldatasheet.com. Masukkan pada bagian search dan download data teknisinya dalam bentuk PDF.

4. Mengukur tegangan melalui ouput sekunder


Menuju langkah keempat, power masih dalam keadaan ON dan cara ini mudah dilakukan karena masih berada di bagian power supply, yaitu dengan menemukan bentuk fisiknya paling besar dan jumlahnya ada 2. Tempelkan probe merah ke katoda dan probe hitam ke ground/body casis monitor. Pastikan hasil angkanya menunjukkan angka, apabila muncul angka 0 maka bisa dipastikan kalau power supply terjadi masalah. 

Kalau menunjukkan angka,bisa disimpulkan bahwasanya komponen primer dan sekunder pada power supply bekerja dengan baik,dan silahkan lanjut ke langkah berikutnya.


5. Mengukur tegangan melalui IC regulator


Kemudian menuju langkah yang kelima yaitu mengukur dengan IC Regulator, bentuk komponennya seperti transistor dengan 3 kaki dan memiliki kode diawali 78 atau 79 seperti 7805,7812,7912 dan seterusnya. Fungsi IC regulator ini adalah memberikan tegangan ke mainboard. Caranya, tempelkan probe merah ke kaki nomor 1 (input) dan probe hitam ke kaki noor 2 ( tengah) atau Cold Ground. Pastikan hasilnya enunjukkan angka 2.5 volt atau 3.3 volt sehingga bisa bekerja dengan baik.

6. Mengukur tegangan melalui IC inverter


Langkah yang keenam adalah tes tegangan melalui IC Inverter untuk memeriksa inverter board, apakah masih berfungsi atau tidak. Caranya, silahkan tulis nomor kodenya kemudian cari data teknisinya di internet, tentukan Kaki VCC.nya supaya tidak terjadi kesalahan yang tidak di inginkan.

IC Inverter ini bisa berfungsi dengan baik apabila mendapatkan tegangan pada power supply, cara mengukurnya silahkan tempelkan probe merah ke kaki VCC nomor 16 dan probe hitam tempelkan ke Hot Ground ( kaki negatif pada kapasitor dengan bentuk fisik yang paling besar)

7. Mengukur tegangan melalui komponen Pico Fuse (pF)


Nomor tujuh adalah test tegangan melalui komponen Pico Fuse, caranya silahkan cari komponen pF dengan lambang (PF) dengan warna hitam dan posisinya berada di inverter board. Cabut salah satu kaki dan keluarkan kaki tersebut, pasang probe merah ke salah satu kaki PF, dan probe hitam ke Cold Ground maka akan menghasilkan angka. Jika menunjukkan angka 0 maka terjadi masalah dan periksa tegangan dioda kembar.

8. Mengukur tegangan melalui adaptor SMPS


Kemudian menggunakan Tegangan adaptor tinggi (SMPS, iniadalah salah satu cara yang harus dikuasai guna memperbaiki TV LED LG Bergaris vertikal. Caranya bagaimana ? carilah konektor kabel dari inverter ke mainboard, gunakan analog jarum pasang pada 1000 AC Volt, tempelkan dengan sekilas saja probe merah ke konektor, ingat hanya sekilas saja dan jangan lama-lama, karena jika kelamaan akan mengakibatkan feedback sirkuit atau arus tegangan berbalik.  Probe hitam tidak usah ditempelkan pada komponen apapun.

9. Mengukur tegangan melalui gelombang frekwensi


Langkah yang terahir adalah mengetes menggunakan frekwensi, apakah inverter board dan adaptor SMPS berfungsi dengan baik, menerima gelombang frekwensi atau tidak. Gunakanlah tester digital yang mempunyai fasilitas untuk mengukur gelombang frekwensi (Hz). Caranya cukup tempelkan probe merah pada badan adaptor dan akan menghasilkan angka, dan jika hanya menunjukkan angka 0 maka bisa dipastikan adaptor rusak.

Itulah Cara Mengukur Tegangan Power Supply Tv Led Sharp yang bisa sampaikan, anda harus penuh hati-hati dalam mempelajari ini karena jika salah akan mengakibatkan komponen rusak. Terimakasih atas kunjungannya