Cara Setting APN Indosat Ooredoo

Konten []

Cara Setting APN Indosat Ooredoo


Saat pertama kali menggunakan atau mengaktivasi kartu provider Indosat Ooredoo, setting APN (Access Point Name) sudah otomatis terkonfigurasi pada ponsel yang dipakai. Namun pada beberapa kasus hal tersebut tidak terjadi sehingga perlu diatur secara manual. Anda perlu mengetahui bagaimana cara setting APN Indosat Ooredoo karena rincian datanya berbeda untuk kartu 4G dan 3G.

Untuk APN yang telah terdeteksi dan terpasang secara otomatis biasanya terdapat pada hampir semua ponsel, terutama keluaran terbaru. Sedangkan ponsel-ponsel keluaran lama sebagian masih menggunakan cara manual untuk mengkonfigurasinya. Masalahnya tidak semua pengguna tahu bagaimana cara menyetelnya.

Setting APN kartu provider memang sangat penting untuk ponsel karena itu adalah cara Anda agar terkoneksi dengan internet. Biasanya pengguna yang pertama kali mengaktivasi kartu Indosat akan mendapatkan pesan notifikasi yang berisi pemberitahuan tentang setting nama APN yang benar. Jadi agar dapat terkoneksi dengan layanan internet Indosat Anda harus menyetel APN-nya dengan benar.

Cara Setting APN Indosat Ooredoo
cara setting apn


Pengertian Access Point Name (APN)

APN atau Access Point Name merupakan sebutan untuk jalur jaringan koneksi internet data seluler yang mengatur gateway jaringan kartu provider Anda dengan internet publik. Cara kerjanya, operator seluler akan membaca konfigurasi APN Indosat Ooredoo untuk menentukan koneksi internet yang aman dan stabil. Alamat IP, proxy, dan port merupakan beberapa hal yang masuk dalam pengaturan APN.

Walaupun operator seluler yang Anda gunakan mampu menjalankan seluruh sistemnya secara otomatis, namun Anda juga perlu mengatur APN agar mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Setiap operator seluler memiliki setelan APN yang berbeda-beda karena mereka juga mempunyai nama akses poin tersendiri agar dapat terkoneksi dengan sistemnya.

Cara Setting APN Indosat Ooredoo di Smartphone Android

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menyetel APN Indosat Ooredoo adalah menemukan pengaturan yang tepat. Sesuaikan dengan jaringan seluler yang digunakan, dalam hal ini Indosat. Anda bisa mengecek pengaturan APN Indosat Ooredoo pada halaman bantuan di website resminya. Berikut ini cara setting APN Indosat Ooredoo di ponsel android:

1. Masuklah ke menu pengaturan.
2. Lihat pada bagian Jaringan dan Nirkabel, pilih jaringan seluler.
3. Tap pada Access Point Name.
4. Buatlah APN baru.
5. Isilah beberapa bagian pada APN seperti dibawah ini:

  • Name: Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Username: bisa dikosongkan atau menggunakan nama indosat
  • Password: bisa dikosongkan atau menggunakan nama indosat

6. Setelah selesai simpanlah APN baru tersebut.

Jika APN baru sudah disimpan maka selanjutnya adalah mengaktifkannya. Jangan lupa untuk merestart ponsel ketika APN baru diaktifkan. Jangan lupa untuk mengetesnya agar tahu setting APN yang Anda lakukan sudah tepat atau belum.

Pengaturan APN Indosat Ooredoo akan berbeda-beda pada tiap versi android, namun Anda bisa dengan mudah menemukannya pada bagian “Nirkabel & Jaringan” di menu pengaturan ponsel. Selanjutnya Anda tinggal menyesuaikannya. Hal penting yang harus diingat adalah jangan pernah menghapus akses poin default yang sudah ada. Hal ini dikarenakan jika Anda salah dalam mengatur APN maka ponsel tidak akan bisa tersambung dengan koneksi internet. Jadi lebih baik buat nama APN baru dan biarkan APN yang sudah ada untuk berjaga-jaga jika Anda ingin menggantinya dengan default.

Setting APN Indosat Ooredoo Di iPhone & iPad

Cara setting APN Indosat Ooredoo pada iPhone atau iPad sangat mudah. Untuk Anda yang menggunakan perangkat iPhone dan iPad, jika ingin mengatur APN Indosat Ooredoo bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Bukalah menu pengaturan di iPhone atau iPad kemudian pilih Cellular.
2. Selanjutnya tap Cellular Data Option dan lanjutkan ke Cellular Data Network.
3. Kemudian aturlah APN Indosat Ooredoo dengan mengisi:


  • APN: indosatgprs
  • Username: boleh kosong atau diisi dengan indosat
  • Password: boleh kosong atau diisi dengan indosat

4. Selain itu masih ada kolom lainnya seperti pengaturan MMS yang tepat berada dibawahnya. Anda juga bisa mengisinya dengan rincian data yang diperoleh dari operator Inodsat Ooredoo.

Jika sudah selesai cobalah untuk menyambung ke internet agar tahu bahwa setting yang Anda lakukan sudah benar. Namun jika belum bisa tersambung Anda tidak perlu khawatir karena hanya perlu mereset setting APN-nya ke default atau bawaan. Berikut ini caranya:

1. Masuklah ke menu setting dan tap Cellular.
2. Pilih Cellular Data Option kemudian reset.
3. Setelah direset maka pengaturan APN pada iPhone atau iPad akan kembali ke bawaannya.

Itu tadi cara setting APN Indosat Ooredoo baik pada ponsel android maupun iPhone dan iPad. Sebaiknya Anda sudah memiliki rincian data dari operator Indosat sebelum melakukan setting APN agar tidak salah dalam prakteknya. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Anda.