TV Tidak Ada Sinyal | Atasi Sendiri Aja Mampu

Konten []
Kenapa TV Tidak ada Sinyal….? Itulah yang sering terjadi bagi penikmat TV LED dikarenakan beberapa kendala, untuk kendalanya sendiri sangat bervariasi, adakalanya kabel HDMI connectornya, ada juga pada antenna dan sebab lainnya.

Dan yang paling sering terjadi kendala akibat kabel yang putus dalam, jadi seakan-akan tidak terjadi masalah, tampilan luar kabel pun masih terlihat bagus namun kabel dalamnya putus. Dan biasanya pula kabel putus itu karena seringnya melengkung kanan kiri sehingga kawat dalem putus tidak terdeteksi.
tv tidak ada sinyal
no signal

Cara Memperbaiki Tv Tidak Ada Sinyal ( No Signal )


  1. Kabel Antena Tidak Nyambung ( Putus )
  2. Antena Bergeser
  3. Konektor Antena Kotor ( Karatan )
  4. Chek Fungsi Jack
  5. Chek Tegangan Kabel

Untuk kejelasannya silahkan baca berikut ini :

1.Kabel Antena Tidak Nyambung ( Putus )


Seperti yang sudah saya katakana diatas bahwa kabel antenna tidak nyambung alias putus, maka langkah pertama yang harus kita lakukan untuk memperbaikinya dengan cara menyambungnya dengan solder atau mengganti kabelnya. 

Biasanya putus terkena gigitan tikus, umur antenna yang sudah lama itu bisa menjadikan kabel antenna tidak berfungsi dengan baik dan tidak bisa memberikan signal yang bagus terhadap TV LED.

Baca Juga Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

2. Antena Bergeser


Terkadang antenna bergeser juga mampu menghilangkan sinyal TV, karena signal TV itu menggunakan jalur udara maka antenna yang bergeser dan tidak mendapatkan frekuensi maka akan mengakibatkan TV No Signal. 

3. Konektor Antena Kotor ( Karatan )


Konektor Antena Kotor atau karatan juga bisa menjadi penyebab TV tidak ada sinyal, karena sudah tidak mampu untuk menyalurkan frekuensi yang diterimanya. Terus caranya bagaimana ? silahkan ganti kabel konektornya.  Kenapa TV Changhong tidak ada sinyal?

4. Chek Fungsi Jack


Caranya dengan memeriksa dengan menghubungkan kabel dengan tuner dan tentunya dengan keadaan bersih dari debu, tidak berkarat dan tidak terkena air.

5. Chek Tegangan Kabel


Jika langkah keempat masih belum menemukan solusi, silahkan coba langkah yang kelima yaitu mengukur tegangan masuk ke B(+) dengan ukuran 5-12,5 Vdc sehingga tegangannya mampu menghadirkan signal secara kuat dan stabil.

Kenapa HDMI tidak ada sinyal? banyak merk tv yang sering terjadi masalah seperti ini, diantaranya TV LED, LG, Samsung, panasonic, tv hdmi, dan cara mengembalikannya bisa anda coba cara diatas,

Kelima Cara Mengatasi TV LED LG Tidak ada sinyal saat muncul notif No Signal bisa anda coba sendiri terlebih dahulu, namun apabila terdapat beberapa kesulitan dan belum bisa mengatasinya silahkan bawa TV LED anda ke yang ahli atau tukang service TV parabola.