Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Konten []
Terkadang TV menjengkelkan sekali, apalagi ketika nonton acara TV favorite kemudian tiba-tiba TV Tidak Ada Suara karena rusak, oh… pasti menjengkelkan banget kan, terus bagaimana cara memperbaikinya? 

Kerusakan seperti ini sering terjadi pada TV tabung maupun Televisi LED dengan berbagai merk, seperti Samsung, sharp, LG dan lain sebagainya. Dan disaat TV tidak ada suara, langkah yang paling tepat adalah datang ke teknisi TV terdekat, karena kita tidak teknisi betulan. Tapi bagi teknisi TV bisa mengetahui cara mengembalikan suara TV sebagai berikut.
TV Tidak ada suara
IC Audio

Cara Memperbaiki TV Tidak  Ada Suara


Ada sebab pasti ada akibat, kalau TV suaranya hilang itu ada beberapa penyebab yang harus diketahui untuk memperbaiki masalah yang dihadapi, lantas Bagaimana Cara Mengatasi TV Tidak Ada Suaranya?

1. Pengaturan Suara TV Harus Benar


Setiap merk TV memiliki perbedaan dalam mengaturnya, tapi kebanyakan sama hanya saja tempat setting yang berbeda. Ketika anda salah mengatur, bisa saja anda menganggap Tv itu rusak. Pastikan TV tidak dalam keadaan Mute, karena jika dalam keadaan Mute pasti Suara TV akan hilang seketika, meskipun berganti channel tapi tetap saja tidak ada suara yang keluar.

2. Cek Kondisi Speaker


Langkah kedua yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi speaker TV, karena speaker merupakan komponen utama pada sebuah TV yang berfungsi untuk mengeluarkan gelombang suara. Jadi silahkan chek dulu, speaker masih normal apa sudah rusak?

3. Solder Ulang Kaki IC Audio


Langkah ketiga, biasanya kerusakan terjadi pada kaki IC Audio, karena untuk mengeluarkan suara tidak hanya menggunakan speaker saja, butuh yang namanya IC Audio maka keduanya harus normal. Biasanya yang terjadi adalah kaki IC audio terjadi kerusakan atau tidak menempel, dan yang harus anda lakukan adalah men solder ulang kaki IC Audio.

Tapi sebelum itu anda harus chek, timah yang menghubungkan mesin dengan IC audio itu masih menempel atau lepas,kalau sudah lepas harus di solder ulang. Kalau masih menempel, silahkan ganti IC Audionya.

4. Periksa Tegangan Jalur Audio


Langkah yang keempat adalah memeriksa tegangan jalur audio, untuk tegangan disetiap komponen harus sesuai aturan dan pada umumnya tegangan IC Audio yang masih normal itu membutuhkan tegangan 12-15 Volt arus DS. Apabila kurang, bahkan lebih itu memiliki indikasi akan merusak komponen lainnya.

Lihat VIDEO 


Cara Memperbaiki TV Tidak ada Suara

Itulah Cara Mengatasi TV LED yang tidak bisa mengeluarkan suara secara simple sudah kami paparkan, jangan panik jika TV tidak ada suara, karena itu bisa diatasi dengan mudah.