logo blog

10 Cara Membersihkan Layar TV LED 10 Menit Bersih

10 Cara Membersihkan Layar TV LED 10 Menit Bersih

Konten [Tampil]
loading...
Dewasa ini TV LED menjadi trend dikalangan masyarakat yang dulunya menggunakan TV tabung kini berbondong-bondong beralih ke TV LED, memang banyak kelebihannya dibandingkan TV Tabung diantaranya adalah memiliki gambar yang lebih cerah dan daya listriknya pun lebih hemat, dan kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Membersihkan Layar TV LED.

Terdapat perbedaan layar LED dan LCD di TV maupun monitor laptop, salah satu keunggulan layar LED dengan LCD adalah memiliki ketahanan lebih terhadap lingkungan. Oleh karena itu sering muncul kerusakan LCD seperti LCD bergaris, LCD noda hitam, dan lain sebagainya, dan mau tidak mau anda harus mengetahui Cara membersihkan noda hitam di Layar LED. 

Cara Menghilangkan Bintik di TV LED


Baiklah, kali ini kami situs TV LED akan membagikan cara menghilangkan goresan-pada tv led sebagai berikut:

1. Matikan TV LED Anda


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah matikan TV LED anda sebelum membersihkan layarnya, untuk keamanan karena terkadang mengandung listrik. Selain itu, kotoran atau goresan lebih terlihat apabila monitor TV LED dalam keadaan mati. 

Dengan mematikan TV LED, anda juga bisa mengamankan pixel LED dari kerusakan saat membersihkannya. Kalau anda membersihkan TV dalam keadaan hidup kurang efektif karena suhunya belum dingin, selain itu juga bisa menghemat energy, lagian anda tidak nyaman saat membersihkan TV LED dalam keadaan hidup.

2. Siapkan Kain Kering yang Lembut


Berikutnya, anda harus menggunakan kain kering yang lembut agar tidak menimbulkan goresan-goresan baru akibat membersihkan dengan kain yang kurang lembut. Saat anda membersihkan Tv LED dengan kain yang basah, justru akan mengakibatkan debu semakin menempel. Selain kain yang kering, pastikan juga kain yang bersih agar tidak mengotori TV LED anda.

Dan saya rekomendasikan kalau mebersihkan TV LED dengan kain microfiber yang sudah jelas ramah terhadap layar LED, dan satu lagi, jangan terlalu keras saat menekan layar yang anda bersihkan. 

3. Bersihkan Sambil Memeriksa TV


Selain membersihkan layar LED, anda juga harus memeriksa monitornya, apakah ada debu yang membandel? Kalau ada yang membandel silahkan ulangi langkah ini hingga 3 kali agar bisa memastikan layar TV LED anda memang benar-benar bersih dari kotoran dan debu.

4. Menggunakan Cuka dan Air


Kalau misalnya terdapat debu yang sangat membandel, dan langkah ketiga belum mengatasinya maka anda bisa menggunakan cuka dan air, tapi anda harus perhatikan kadar cuka yang dipakai. Caranya bagaimana ? silahkan perhatikan langkah berikut ini: 

  • Sediakan mangkuk untuk mencampur air dan cuka.
  • Campurkan air dan cuka dalam mangkok.
  • Jangan menyemprotkan langsung cuka ke monitor TV.
  • Celupkan ujung kain microfiber pada air dan cuka dalam mangkok tersebut.
  • Usapkan ke layar TV LED secara perlahan.
  • Gosok pelan hingga seluruh kotoran hilang dari monitor TV.


5. Menggunakan Cairan Pembersih LED.


Selain menggunakan air dan cuka, anda bisa menggunakan cairan pembersih LED atau LCD. Dimana menemukannya? Anda bisa membelinya di toko elektronik. Perlu anda perhatikan, kalau cairan ini khusus untuk membersihkan layar, tidak boleh digunakan untuk membersihkan muka yah… dan baiknya,  cairan pembersih layar LED ini juga aman untuk layar anda, tidak membuat kerusakan lagi di TV LED. 

6. Menggunakan Minyak Kayu Putih


Salah satu media untuk membersihkan layar LED Televisi anda adalah dengan menggunakan minyak kayu putih, cairan ini yang sering digunakan para teknisi HP, Laptop, dan TV untuk membersihkan layarya dan juga bisa menghilangkan goresan pada layar. 

Anda juga bisa lebih mudah mendapatkannya, anda bisa membeli di toko klontong terdekat rumah anda, tidak perlu datang ke toko elektronik. Selain itu juga harganya yang sangat murah, dengan membersihkan tv led dengan minyak kayu putih bisa tampak kinclong.

7. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Bahan Kimia.


Jangan menggunakan bahan kimia terlalu banyak karena pemakaian kimia yang berlebihan bisa bereaksi terhadap pixel bahkan bisa merusak pixel TV. Memang air dan cuka, cairan pembersih, dan minyak kayu putih merupakan cairan yang sangat efektif untuk membersihkan layar TV LED anda, tapi ya tetap jangan berlebihan, apapun kalau pemakaiannya berlebihan itu tidak baik. 

8. Menghindari Penggunaan Bahan Non-Ultrasoft


Yang harus anda perhatikan lagi adalah tidak boleh menggunakan bahan non ultrasoft, non ultrasoft yaitu bahan yang kasar atau tidak halus, seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi untuk membersihkan layar LED harus menggunakan bahan yang kering dan lembut, itu tidak hanya berlaku pada TV LED saja tapi juga berlaku bagi body TV tabung. 

9. Menempatkan TV LED di Tempat yang Bersih


Setelah anda membersihkan TV LED anda sehingga bisa terlihat seperti baru lagi, langkah yang ke Sembilan adalah anda harus menempatkan TV LED di tempat yang bersih agar tidak mudah kotor. Berbeda lagi kalau memang TV LED untuk tempat umum yang memang ditempatkan di outdoor, bagi TV LED yang ditempatkan dirumah harus berada di tempat yang bersih. Dan pastinya meletakkan TV LED di ruangan yang bersih bisa mengurangi frekuensi untuk membersihkannya, apalagi kalau harus membersihkannya tiap hari itu tidak baik untuk layar LED TV.

10. Tisu Basah


Setelah 9 cara anda lakukan dengan baik, sekarang anda bisa menikmati TV LED anda layaknya baru beli dengan penampilan gambar yang sangat jernih dan aman dari debu juga. Selain 9 cara diatas, anda juga membersihkan layar tv led dengan tisu basah, tapi tentunya anda harus membersihkannya dengan kain kering juga agar layar TV anda tidak terlalu lama dalam keadaan basah.

Itulah cara menghilangkan noda di layar tv yang bisa saya paparkan semoga bisa bermanfaat, dan TV LED anda bisa dinikmati dengan kualitas gambar yang jernih. Untuk tisu basah, minyak kayu putih, cairan pembersih, air dan cuka, anda harus memilih salah satu, jangan dicampur jadi satu karena itu bisa berpotensi merusak layar TV LED anda. Kalau sudah menggunakan minyak kayu putih ya jangan memakai yang lain. 

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari