logo blog

3 Cara Membersihkan Mata Solder | Teknik Sepuh

Apa Yang Anda Cari ?

3 Cara Membersihkan Mata Solder | Teknik Sepuh

Konten [Tampil]
Kembali lagi admin membahas tentang solder, kali ini akan membagikan tips cara sepuh mata solder dan cara membersihkan timah solder di pcb karena yang asalnya fungsi solder digunakan menyolder timah tapi kadang orang menggunakan solder untuk menyolder plastik dan bahan lainnya, ya sebenarnya itu tidak jadi masalah sih, hak-haknya orang yang punya.

Dan yang menyebabkan solder kotor, mata solder selalu hitam itu disebabkan menyolder plastic atau memang pemakaian solder sudah terlalu lama. Tapi tenang saja karena disini situs TV LED akan memberikan tutorial cara memperbaiki mata solder yang rusak atau membersihkannya.

Cara Sederhana Membersihkan Mata Solder Yang Kotor


Cara ini merupakan cara membersihkan mata solder yang sering digunakan oleh teknisi elektronika dan teknisi HP, Caranya dengan menggosokkan mata solder dengan spon basah, tapi terkadang orang sulit mendapatkan spon tersebut, dan disini akan kami paparkan dengan bahan yang mudah ditemukan.




Menggunakan Tisu Basah


Cara sederhana yang kami tawarkan adalah dengan menggunakan tisu basah, caranya ambillah tisu kering secukupnya kemudian masukkan kedalam air. Setelah itu peras sedikit agar tisu tidak terlalu basah. 

Cara membersihkannya, silahkan gosokkan mata solder yang kotor pada tisu basah yang sudah disediakan, dan usapkan tisu tersebut pada mata solder. Perlu diperhatikan bahwa saat menggosokkan mata solder, solder harus posisi panas atau menyala.

Sekarang mata solder sudah bersih mengkilap dan anda bisa melapisi mata solder dengan timah kembali, silahkan digunakan kembali. Cara ini merupakan cara membersihkan mata solder yang kotor sangat mudah tanpa harus mencari spon atau pembersih solder.

Baca Juga :  Cara Modifikasi Solder Agar Cepat Panas >300Watt

Menggunakan Cairan Pembersih Solder


Cara membersihkan mata solder yang kedua adalah dengan menggunakan cairan pembersih solder, banyak nama cairan pembersih solder yang dijual dipasaran. Kalau ini, cara membersihkannya hanya dengan menyelupkan mata solder dan tunggu hingga mata solder menjadi kinclong kembali.

Teknik Sepuh Solder


Disini menggunakan gelas berisi air dan garam kasar satu sendok makan, kemudian siapkan power supply minimal 5 Volt (boleh lebih) dengan kapasitas arus 3 ampere. Sambungkan ke air dalam gelas yang sudah disediakan, positif (merah) menjepit mata solder (kotor), sedangkan yang negative (hitam) menjepit pelat baja. Tunggu hingga 3o menit hingga menuaikan hasil pengikisan yang semakin bagus hingga l-men putihnya.




Itulah Cara membersihkan mata solder yang kotor dengan spon, tisu basah, dan cairan pembersih solder yang bisa saya samaikan, semoga bermanfaat bagi para teknisi elektro.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...