logo blog

5 Cara Membersihkan PCB Dari Korosi Sampai Bersih

5 Cara Membersihkan PCB Dari Korosi Sampai Bersih

Konten [Tampil]
loading...
Yang namanya elektronik itu sangat rentan terhadap kotoran, entah berasal dari debu, bangkai, kotoran hewan dan lain sebagainya yang mengakibatkan PCB elektronik mengalami kerusakan, apabila anda tidak membersihkan PCB dari Korosi lama kelamaan PCB akan rusak.

Cara Membersihkan PCB


Diantara fungsi membersihkan PCB dari korosi juga berfungsi menghilangkan bekas solderan sehingga terlihat rapi dan sepert perangkat baru. Untuk proses pembersihannya ada banyak langkah yang bisa anda lakukan, dan anda bisa memilihnya sesuai persediaan cairan pembersih PCB  yang ada ditempat anda. 

Cairan Pembersih PCB


Baiklah, kali ini Kami situs TV LED  akan memberikan tutorial Cara Membersihkan PCB Dengan Mudah dan simple dengan beberapa Cairan pembersih yang bisa mengatasinya dengan baik.

Cara membersihkan PCB dengan bensin


Cara membersihkan PCB atau mainboard yang pertama adalah menggunakan cairan bensin, bensin merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk bahan bakar kendaraan sehingga bisa menghasilkan tenaga motor atau mobil. Tapi, selain itu juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di PCB dengan mudah.

Untuk langkahnya, siapkan sikat dan bensin kemudian bersihkan PCB dengan kedua alat itu hingga terlihat bersih dan fungsinya bisa berjalan kembali. Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa memberishkan menggunakan bensin aman digunakan dan tidak menimbulkan kerusakan, asalkan setelah itu dikeringkan betul-betul.

Cara membersihkan PCB dengan alcohol


Cara  yang kedua adalah membersihkan PCB dengan alcohol, cairan alcohol juga mampu menghilangkan kotoran, debu dan lain sebagainya dengan mudah, serta kuman pun bisa mati dengan alcohol. Terkadang ada jamur yang tumbuh di PCB, itu bisa bersih dengan menggosoknya menggunakan alcohol, ini juga menjadi rekomendasi saat anda mengalami masalah hal yang sama, selain itu juga alcohol memiliki fungsi menyembuhkan luka dikulit anda dengan cepat.

Cara membersihkan PCB dengan minyak kayu putih


Selanjutnya, anda bisa membersihkan PCB dengan minyak kayu putih. Minyak kayu putih itu fungsi aslinya digunakan untuk menghangatkan bayi agar tidak masuk angin, tapi selain itu juga memiliki fungsi yang lain diantaranya bisa digunakan untuk membersihkan PCB yang kotor dan muncul karat.

Ternyata minyak kayu putih manfaatnya banyak banget ya guys, harganya pun murah meriah tidak menghabiskan banyak uang. Kalau kasusnya kotoran PCB entah itu bangkai semut, berjamur atau lainnya, cairan ini bisa melibas semua itu.

Cara membersihkan PCB dengan Thinner (tinner yang bagus)

cara membersihkan pcb dengan thinner

Berikutnya, anda bisa membersihkan PCB dengan Thinner, karena tinner ini bahan kimia yang sangat kuat serta berbahaya bagi tubuh. Namun untuk PCB ini sangat bermanfaat, pasalnya mampu menangkal kotoran yang menempel sehingga elektronik yang kotor bisa dibersihkan dengan mudah.

Cairan Thinner itu favorit para teknisi elektronika yang biasa digunakan untuk membersihkan mainboard TV, HP, Amplifier, Radio dan elektronik lainnya. Pasalnya sudah dipercayai bahwa cairan ini sangat bagus untuk PCB, tapi jangan diminum ya sob, ini sangat berbahaya bagi tubuh anda. Thinner yang bagus menurut saya adalah tiner mechanic mcn 1000, ini rekomendasi bagi anda yang akan membersihkan PCB, 

Cara membersihkan PCB dengan Contact Cleaner


Contact Cleaner, pernahkan anda menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan PCB? Iya tentunya pernah lah, karena cairan ini juga sangat bagus untuk kebersihkan elektronik. Anda bisa membelinya dengan mudah di toko terdekat anda, dan harganya pun tidak banyak menguras kantong.

Penyebab Korosi PCB 


Sebelum kita membahas langkah langkah atas Cara membersihkan PCB yang korosi, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab Korosi pada PCB, apabila kita tau penyebabnya maka kita bisa mengantisipasi kotoran yang masuk.

Debu


Penyebab korosi pada PCB yang pertama adalah debu, kita tidak bisa menghindari debu karena pindahnya debu karena udara, sedangkan perangkat elektronik sangat membutuhkan udara guna mendinginkan mesin yang sedang beroperasi. Meskipun demikian, cara mengatasinya bisa dengan rutin untuk membersihkannya. 

Debu ini yang sering menyebabkan kerusakan pada elektronik, apalagi debu yang lembab itu sangat cepat merusak perangkat anda. Maka dari itu, kita harus sering menjaga kebersihan di area elektronik yang anda miliki.

Kotoran Hewan


Korosi yang kedua berasal dari kotoran hewan, seperti kencing keco, tikus, cicak, kucing dan lain sebagainya. Karena memang hewat itu tidak memiliki akal ya tentunya kencing disembarang tempat, dan elektronik yang kita punya jadi korbannya, sudah baunya tidak enak, ditambah elektronik rusak.

Bangkai Hewan


Masak bangkai hewan bisa masuk di PCB ? ya bisa saja lah gan, bangkai seperti semut, fosil cicak dan lain sebagainya yang berukuran kecil. Itu bisa mati di mainboard anda, setelah menjadi bangkai maka akan mengotori PCB yang anda miliki sehingga berpotensi kerusakan.

Minyak/Cairan


Korosi yang terahir ini berbahan kimia, cairan ini tidak disengaja karena keluar dari baterai bios yang keluar dari komponen elko yang rusak (kondensator elektrolit) sehingga bisa mengakibatkan konslet dan berjamur. 

PROSES Membersihkan PCB


Lepaskan Board


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepaska board, dan pastikan tidak ada kabel yang menempel meski hanya satu.

Lepaskan perangkat pendukung


Perangkat pendukung yang sama maksud adalah trafo, kumparan berkubah, IC yang ada socket, switch power, potensio dan lain sebagainya. Biasanya perangkat ini berada di board power supply printer, cpu, dan monitor.

Bersihkan Dulu Dengan Cairan


Sebelum kita cuci, kita bersihkan terlebih dahulu menggunakan cairan-cairan yang sudah kita bahas diatas, entah anda menggunakan tinner atau bensin itu terserah, tapi rekomendasi tetap menggunakan thinner.  Bersihkan dengan kuas yang kecil dan halus,

Siapkan Air Hangat


Berikutnya persiapkan ember besar (sesuai ukuran PCB) yang di isi dengan air hangat (bukan banas), kemudian masukkan mainboard hingga seluruh permukaan board terendam air hangat. Setelah itu, masukkan sabun colek dengan takaran satu sendok teh, juga masukkan shampoo merk apa saja sejumlah satu sachet, Rinso satu sendok makan. Itu yang bisa anda lakukan, dan jangan sekali-kali memasukkan pemutih atau cuka, karena itu bisa merontokkan PCB. Aduklah ramuan tersebut hingga rata dan tidak ada endapan yang tersisa. 

Cuci Main board (PCB)


Selanjutnya adalah proses pencucian, proses ini harus diperhatikan dengan betul jangan sampai merusak komponen yang ada di mainboard.  Posisi perendaman  dihadapkan ke atas, artinya bagian komponen berada di atas. Lakukan selama 2 hingga 3 jam. Setelah itu, PCB dibalik dan direndam kembali selama 1 hingga 2 jam.

Menguas PCB


Setelah proses perendaman selesai, silahkan angkat PCB dari ember dan di kuas-kuas dengan halus, untuk bagian belakang bisa disikan menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Disini anda harus berhati-hati dalam proses penguasan, jangan sampai mematahkan IC apapun.

PROSES PENGERINGAN PCB


Setelah kita mengatahui langkah membersihkan PCB, step selanjutnya adalah proses pengeringan. Langkahnya sebagai berikut:

Angin-anginkan


Setelah proses pencucian, pembilasa, silahkan diangkat mainboardnya, kemudian di angina-anginkan, kalau anda memiliki compressor bisa di semprot menggunakan alat tersebut. Kemudian kalau dirasa sudah tidak air baru kita masuk step selanjutnya.

Jemur di area panas matahari


Setelah di tiriskan airnya, langkah selanjutnya adalah menjemur PCB di tempat yang benar-benar panas matahari dengan menggunakan alas logam atau seng yang terhindar dari karat. Untuk waktu berjemur yang pas itu di jam 11 hingga jam 2 siang hari,Sedangkan kalau cuaca tidak begitu panas anda bisa menjemurnya hingga 2-3 hari.

Cek kelembapan


Setelah merasa cukup kering, anda harus mengeceknya kembali apakah masih ada kelembapan pada bagian-bagian tersembunyi, kalau masih ada silahkan di jemur kembali hingga benar-benar kering. Jika proses ini tidak tuntas bisa mengakibatkan konslet nantinya.

Kuas Kembali 


Setelah sudah kering, silahkan dikuas kembali untuk menghilangkan debu-debu yang menempel saat proses penjemuran. Setelah itu baru anda bisa memasang PCB di board lagi.

Itulah Cara Membersihkan PCB dari korosi dengan cairan pembersih yang berkualitas, semoga bisa membantu sobat teknisi yang sedang menservice elektronik dari pelanggan. Semoga bermanfaat, salam elektro

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari