logo blog

Cara Ganti Backlight TV LED 42 Inch Ketahui Penyebabnya

Cara Ganti Backlight TV LED 42 Inch Ketahui Penyebabnya

Konten [Tampil]
loading...
Cara Memperbaiki Backlight TV LED yang tidak ada gmabarnya bisa terjadi di semua jenis dan merk TV LED, dan ini merupakan kerusakan secara umum dan sering terjadi. Lantas bagaimana cara memperbaiki TV tsb? sebelum kita melangkah kesana, kita harus faham dulu kontruksi dari layar LED TV itu apa aja.

Berikut saya paparkan gambar kontruksi layar LED TV atau skema backlight tv led dimana backlight pencahayaan utama adalah komponen lampu LED (light emitting diode) yang disusun dengan baik sehingga lampu tersebut bisa menyebar ke seluruh bagian layar LED. Dan skema ini dipakai oleh berbagai merk Tv seperti Samsung, Polytron, Sharp, LG, Aquos, TV China lainnya



Cara Kerja LED Driver


Perlu kita ketahui bahwa Backlight tidak begitu saja diberikan tegangan, karena terdapat circuit driver untuk control backlight TV LED. Oleh karena itu yang harus kita periksa terlebih dahulu adalah drviernya, dengan 2 blok yaitu:

  • DC-DC Converter (Buck Boost Inverter)
  • FET Led-Driver


Bagaimana cara kerjanya? caranya adalah sebagai berikut:

  • Modul display diberi tegangan sebesar 24 Vdc dari blok power supply
  • Pada bagian buck boost inverter berfungsi untuk menaikkan tegangan DC supaya bisa menyalakan kumpulan LED, tegangan berkisar 135 Volt
  • Biasanya LED yang disusun menjadi 4 baris yang tersambung dengan tegangan 24Vold DC kutub (+)
  • Pin (-) lampu LED melalui rangkaian FET driver yang berfungsi untuk mengatur pencahayaan lampu


Cara Cek Backlight LED TV


Setelah anda memastikan tidak adanya kerusakan pada blok converter dan driverya, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada lampu LED,nya. Perlu anda ketahui juga, bahwa susunan LED tersebut disusun dengan rangkaian seri sehingga jika ada satu yang mati maka semuanya akan mati. Kemudian cara menentuk LED mati atau hidup, itu bisa anda ukur dengan selector multimeter pada Ohm meter atau seperti pengukuran dioda.


Apabila diukur bolak balik hanya satu arah saja bergeraknya multimeter,namun anda harus membuka casing dan semua lapisan filter layar yang jumlahnya banyak saat hendak mengukur tegangan LED. Dan diusahakan sebelum melakukan reparasi untuk membersihkan tempat reparasi terlebih dahulu.

Kemudian saat anda membuka casing TV LED pastikan Koneksi TCON tidak terputus saat membuka, karena kabelnya sangat tipis dan jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal dan itu bisa menjadi penyebab backlight tv led mati.

Apabila rangkaian strip LED Backlight TV sudah kelihatan, silahakn ukur dengan multimeter untuk mengetahui lampu yang mana saja yang sudah mati. Atau bisa diber tegangan 3Vdc untuk mengecek lampu, bahkan ada juga yang hanya dengan AVO meter selecor di x1 Ohm lampu sudah bisa menyala.

Cara ganti backlight tv led


Dibagian strip LED biasanya sudah ada titik pengukuran, jangan sampai kebalik antara (+)(-) nya. Apabila terjadi kerusakan hanya satu atau dua silahkan diganti dengan lampu LED yang ada dipasaran. Selain itu anda juga harus memperhatikan bentuknya yang bulat seperti lensa, fungsinya untuk pembias cahaya lampu agar tersebar dan lepas lensa pembias tersebut sebelum mengganti lampu LED yang rusak.


Apabila terjadi kerusakan lampu LED pada Backlight di TV LED cukup banyak maka cara yang lebih mudah adalah mengganti LED strip satu baris, namun sebelum menggantinya anda harus memastikannya barang tersebut bisa kita beli di pasaran. 

Dan setelah proses pemasangan 1 barus LED silahkan dihidupkan terlebih dahulu lampunya untuk memastikan lampu hidup agar tidak bongkar pasang lagi.

Selain kerusakan pada backlight, ada beberapa kemungkinan yang bisa membuat TV LED mati standby, total atau tidak ada gambar karena protek diantaranya:

  • Tegangan Backlight dari FET driver over
  • Tegangan OVP/Stepup DC-DC over
  • Protek karena arus FET DC Step up over

Video Cara Mengganti Backlight LED 



Itulah Cara Ganti backlight TV LED yang sudah saya paparkan, semoga bermanfaat bagi sobat semua dan terimakasih.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari