logo blog

Cara Melepas Timah Solder Yang Keras Di PCB

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Melepas Timah Solder Yang Keras Di PCB

Konten [Tampil]
Cara melepas timah solder yang keras agak susah memang bagi pemula, ya harus sering belajar untuk membersihkan timah bekas solder di PCB, lakukan berulang kali dengan mencari wawasan bagaimana caranya. Tapi bagi yang sudah caliber, sudah tidak ada masalah bahkan sambil menutup matapun bisa melepaskannya.

Nama alat penyedot timah solder adalah atractor, dan didalam artikel ini saya akan memberikan tutorial cara membersihkan timah solder di pcb dengan atractor maupun tanpa atractor. Bahkan anda bisa membuat atractor sendiri, jika anda menginginkannya.

Baiklah, tanpa bosa basi langsung saja kami situs TV LED akan memberikan cara membersihkan timah solder di pcb berikut ini: 

Cara Mencabut Komponen Elektronik dari Patrian Timah di PCB


Sering sekali pada PCB (Printed Circuit Board) terdapat bekas solderan timah, dan caranya banyak sekali dari mulai cara sederhanda hingga cara khusus. Untuk melepas komponen yang memiliki 2 kaki atau 3 kaki kita bisa mencabutnya dengan menggunakan tang jepit sambil melumerkan patrian timah di jalur PCB secara bersamaan, atau bisa dengan obeng minus untuk mencongkel sambil menyolder timah di PCB.

Berbeda dengan proses mencabut komponen yang banyak kaki seperti IC, kita bisa menggunakan alat penyedot timah solder  (Tin Attractor Tool). Untuk cara ini cukup rumit bagi pemula,  dan anda harus menggunakan solder yang masih lancip ujungnya agar cepat bisa melelehkan timah yang ada di PCB.

Cara Mencabut Komponen Di PCB tanpa Attractor


Kalau misalnya anda sudah yakin akan kerusakan komponen di PCB, misalnya resistor yang terlihat hangus anda bisa menyabutnya dengan mematri kaki komponen, kemudian mengangkat body komponen dengan tang jepit. Sedangkan untuk komponen yang memiliki body tegak seperti ELCO anda bisa memegangnya dengan tangan.

Setelah anda mengangkatnya, biasanya masih ada sisa solder bekas kompenen yang anda cabut tadi, sehingga bisa menutupi lobang di jalur PCB. Bersihkan sisa timahnya dengan menyolder ulang titik komponen sambil membersihkannya dengan sikat atau bud sehingga lobang bisa terlihat dengan jelas.

Cara Mencabut Komponen Di PCB Dengan Attractor


gambar penyedot timah

Untuk proses pencabutan komponen di PCB dengan atraktor ini seperti main-main dengan tangan kiri memegang attractor dan tangan kanan memegang solder. 

  • Temukan patrian yang ingin anda cabut, dan focus pada titik tersebut
  • Pompa (penekan batangan pompa ) attractor sampai terkunci (tombol lock)
  • Pompa/ tekan (Penekan Batangan Pompa) Attractor sampai terkunci (Lock) di Tombol Lock.
  • Panasi/ solder Titik Patrian pada kaki komponen di jalur PCB.
  • Hisap timah yang sudah mencair dengan ujung attractor, sambil menekan tombol lock
  • Lakukan ke semua kaki komponen sehingga bersih dari timah bekas solderan.


Itulah Cara melepas timah solder yang keras dengan maupun dengan menggunakan pasta solder dan attractor yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi para teknisi pemula yang sedang belajar tentang teknisi elektronik.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...