logo blog

Cara Memasang Antena TV Yang Baik Dan Benar | Gambar Jernih

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Memasang Antena TV Yang Baik Dan Benar | Gambar Jernih

Konten [Tampil]
Cara memasang kabel antena tv parallel Di rumah akan kami bahas secara detail dan jelas didalam artikel ini, karena memang biasanya terjadi kesalahan saat menginstalasi antenna ini yang akan berakitbat gambar TV tidak jernih, bersemut. Memang kelihatannya sih sangat mudah, tapi ya kalau salah bisa saja fatal.


Dewasa ini banyak sekali media masa modern yang mengalami pembaharuan dengan peasat, dengan munculnya media massa yang menggantikan Koran, majalah, radio. Bahkan sekarang dengan internet anda bisa mengakses media masa tersebut dengan mudah hanya dalam genggaman HP, tapi untuk perkembangan TV sekarang sudah menggunakan STB dimana anda bisa menonton TV dengan jangkauan yang sangat luas, Tidak hanya chanel TV local saja, bahkan internasional bisa anda lihat acara TV,nya. 

TV dahulu hanya menampilkan gambar hitam putih tanpa warna, pembaharuan dengan warna TV Tabung, dan sekarang sudah menggunakan TV LED bahkan menggunakan STB untuk bisa mengakses banyak canel TV internasional. 

Untuk penyaluran sinyal TV menggunakan antena, dan terkadang TV yang anda miliki harganya mahal dengan kualitas yang bagus, tapi ternyata gambar yang ditampilkan masih belum jernih, ada semutnya.  Apakah TV,nya yang rusak? Eits, tunggu dulu! Kalau seperti itu permasalahannya biasa dikarenakan antenna TV yang bermasalah, dan banyak kasus dikarenakan pemasangan kabelnya yang kurang pas.

Cara Memasang Kabel Antena 


Oleh karena itu kami situs TV LED akan membagikan artikel tentang cara memasang kabel antena tv ke booster atau pasang soket antena broco yang baik dan benar sehingga menghasilkan gambar yang berkualitas.

1. Memilih Antena


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih saat membeli antenna TV karena anda harus tahu kebutuhan TV anda itu antenna yang seperti apa? Karena jenis antenna itu sangat banyak, dan pada umumnya antenna TV terdiri dari jenis indoor dan outdoor, perbedaannya dari segi bentuk dan penempatannya. Untuk indoor biasanya berbentuk bulat dan bisa dipindah ditampat manapun, serta antenna ini biasanya sudah menjadi bawaan saat membeli TV.

Selain itu anda harus memperhatikan area rumah anda, apakah berada di dekat stasiun TV atau jauh dari stasiun TV, jika dekat dengan stasiun anda bisa memilih antenna indoor sebagai pilihan. Kemudian anda juga harus memperhatikan driver mainboard yang terpasang di antenna, perhatikan juga jenis kabel yang dipakai agar tidak salah pilih.

Banyak tipe kabel yang sering digunakan untuk antenna TV, seperti kabel yang menggunakan tembaga serabut dan tidak berserabut, sebagai rekomendasi anda bisa memilih kabel yang memiliki tembaga tebal karena it menentukan tegangan listrik yang dimilikinya. 

2. Memasang Antena


Setelah anda sudah memilih antenna yang bagus, sekarang anda harus tahu cara memasang antena dengan baik dan benar. Ada beberapa step yang harus anda lakukan, dan sebelum itu anda harus mempersiapkan bahan-bahan pemasangan antenna TV;

Bahan Memasang Antena TV


  • Kabel
  • Tang
  • Gunting
  • Antenna TV
  • Obeng

Langkah memasang antenna TV


Kupas ujung kabel


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengupas ujung kabel secara perlahan, kupas bagian luarnya sekitar 1,5 cm dengan bantuan cutter atau gunting, jangan sampai ada isi kabel yang tergores, karena itu bisa mempengaruhi kualitas gambar.

Satukan Isi Kabel


Didalam kabel antenna terdapat beberapa komponen, diantaranya yaitu serabut kabel, kartas alumunium foil, dan kabel tengah. Ketiga komponen tersebut jadikanlah satu kesatuan, jaangan sampai ada yang terpisah.

Memasang Jack


Setelah anda mempersiapkan kabelnya sekarang sambungkan dengan port jack, dengan mengendurkan baut yang ada di jack yang akan anda sambungkan dengan lubang port antenna di TV Untuk kabel serabutnya silahkan anda lilit hingga jadi satu atau bisa menggunakan solder, dan kabel tembaga jangan sampai menyatu dengan kabel serabut.

Cari Arah Sinyal


Setelah terpasang dengan baik, silahkan cari arah sinyal yang stabil dengan cara memutar antenna secara perlahan agar bisa menampilkan gambar yang bagus di TV, gunakanlah kabel yang panjang agar anda bisa dengan leluasa memindahkan lokasi antenna guna mencari sinyal yang bagus. 

Antena Outdoor biasanya memiliki jaringan yang lebih kuat dibandingkan dengan indoor, namun karena sekarang sudah era pembaharuan, dengan menciptakan antenna indoor yang bisa menampilkan gambar TV dengan jernih serta juga bisa menjangkau banyak channel TV.

Itulah Cara pasang antena layang yang bisa saya paparkan, untuk antenna baiknya anda mengikuti merk TV yang anda beli, seperti Samsung, Polytron, Panasonic, Sharp, LG, dan TV cina lainnya.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...