logo blog

Salah Total ! Jangan Lakukan Ini Saat Instalasi Kabel Antena TV

Apa Yang Anda Cari ?

Salah Total ! Jangan Lakukan Ini Saat Instalasi Kabel Antena TV

Konten [Tampil]
Sebelum ini saya telah membahas Cara membuat antena dari wajan, dan kali ini saya akan membahas Antena TV Kabel biasa yang sering digunakan masyarakat pada umumnya. Karena kebanyakan TV menggunakan kabel antenna biasa.

Dan bagaimana supaya TV yang anda memiliki bisa mendapatkan sinyal dengan baik sehingga bisa menghasilkan gambar yang sangat bagus dan jernih. Kabel biasaya yang digunakan itu tidak menggunakan kabel cas hp yah, tapi kabel biasa yang digunakan antenna yang dijual di toko-toko antenna TV.

Terkadang ada kesalahan yang sangat fatal yang sering terjadi saat instalasi antenna TV LED kabel biasa, dan ini sering diabaikan saat memasangnya. Diantara letak kesalahan instalasi kabel coaxial antena pada kedua ujungnya, entah jenis RG6, RG59, 5C, 7C, atau lainnya.


Perlu diketahui bahwa pembuatan kabel coaxial dengan beragam bahan baku diantaranya adalah kawat ini, bahan isolator kawat inti, bahan kawat serabut, sampai bahan isolator luar yang berhadapan dengan cuaca. Dan kali ini kita perhatikan dulu kael coaxial pada kawat bagian tengah, dan yang lainnya kita abaikan terlebih dahulu.

Kalau kita lihat dari bahan inti kawat ialah besi dan alumunium, seperti yang sudah saya jelaskan bahwa bahan kawat itu adalah besi dan sangat lengket terhadap magnet. Bisa anda buktikan sendiri, apabila bahan inti kawat itu alumunium maka tidak akan melengket jika didekatkan dengan magnet.

Kemudian untuk mengetahui isi antenna kabel biasa ini silahkan mengerik (mengupas) kabel tersebut dengan cutter, atau memotongnya secara lurus maka anda akan mengetahui jenis kawat yang terkandung didalam kabel. Dan untuk produk tertentu menggunakan kawat sepuhan dengan kode CCA atau Copper Clad Aluminium.


Kesalahan Memasang Antena Kabel Biasa


Dari keterangan yang sudah saya paparkan tadi, kesalahan yang sering terjadi adalah proses instalasi kabel coaxial antenna TV. Dan anda juga harus tahu struktur Komponen yang ada didalam kabel coaxial antenna.


Keterangan dengan bahasa umum kita:


A / Conductor adalah kawat tengah,
B / Insulation adalah isolator kawat tengah,
C / Binder adalah seal dari aluminium foil,
D / Braid Shield adalah kawat serabut, dan
E / Jacket adalah lapisan luar kabel

Cara Memasang Kabel Coaxial Antena TV


Setelah kita mengetahui komponen pembuatan kabel biasa ini, sekarang kita bahas cara memangsnya. Caranya silahkan pasang konektor F pada kabel, potonglah lapisan luar kabel dengan cutter kemudian lipat dan rapikan kawat serabut. Lalu potong lapisan alumunium foil dan potong isolator kawat tengah.

Jika anda memotong isolator kawat tengah tanpa perhitungan bisa mengakibatkan penampang tembaga yang berfungsi mengalirkan arus sinyal antenna terpotong. Jadi, anda harus hati-hati saat memotong isolator kawat tengah. Apalagi jika kedua ujung kabel terpotong itu bisa mengakibatkan distribusi siaran TV sangat buruk. Dan ketika TV Digital atau TV Analog sinyalnya naik turun, bersemut itu disebabkan penyaluran sinyal tidak berjalan dengan baik, meskipun telah anda test dengan multi tester.

Cara terbaik untuk memasang kabel antenna biasa adalah menggunakan alat pemotong kabel coaxial khusus sehingga pemotongannya bisa rapi dan bisa menyalurkan sinyal dengan baik. Kalau misalnya harus menggunakan cutter, jangan sampai cutter yang anda gunakan mengenai kawat tengah atau sampai memotong lapisan tembaganya.

Sedangkan untuk kabel yang murni tembaga di kawat tengahnya tidak jadi masalah karena penampangnya tetap utuh tembaga. Arus sinyal akan tetap bisa melewati penampang yang terkena cutter, meskipun hasilnya tidak bisa maksimal. Semahal apapun antenanya, kalau terjadi kerusakan pada distribusi bisa menjadikan gambar yang diterima TV tidak maksimal.

Selanjutnya silahkan anda cek kabel coaxial antenna TV anda disetiap ujungnya, terlebih pada kabel sepuhan tembaga. Apakah masih mulus atau terken goresan bekas cutter. Jika terkena goresan, berarti anda harus mengupasnya ulang dan melakukan instalasi kabel antenna dengan baik.a

Itulah kesalahan fatal yang sering terjadi saat Memasang Kabel Antena Biasa yang ada dirumah anda, silahkan cek ulang kembali jika TV LED tidak bisa menampilkan gambar yang bagus.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...