logo blog

Cara Memasang Kamera CCTV Sendiri | Biaya Lebih Murah

Cara Memasang Kamera CCTV Sendiri | Biaya Lebih Murah

Konten [Tampil]
loading...
Perkembangan zaman di era modern ini sangat drastis sekali, semuanya bisa diatasi dengan elektronik karena memang elektronik memiliki kapasitas dan kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia. Dengan perkembangan tersebut, bisa membantu manusia dalam melakukan segala hal, termasuk untuk mengawasi yang terjadi dengan menggunakan CCTV, dan bagaimana Cara Memasang CCTV ?

Cara Memasang Kamera CCTV Dome Sendiri


Kamera CCTV Dome Infrared memiliki kelebihan dibandingkan dengan CCTV biasa karena bisa menangkap gambar di berbagai kondisi, dari siang hari hingga kegelapan malam bisa merekamnya dengan jelas. Kamera ini sangat sensitive sekali dengan cahaya, karena gelapnya malam bisa terlihat dengan jelas.

Kamera CCTV ini dilengkapi dengan LED infrared yang mampu merekam video dalam keadaan gelap gulita tanpa cahaya sekalipun, anda bisa melihatnya terdapat cahaya merah samar yang berada di sebelah camera. Terdapat juga fitur IR Cut filter yang akan berfungsi di siang hari sehingga bisa menyaring gelombang cahaya yang tidak diperlukan kamera agar bisa mendapatkan gambar yang lebih jelas di siang hari.

Baiklah, berikut ini kami situs TV LED akan memberikan tutorial Cara Instalasi CCTV sendiri di artikel ini, namun agar hasilnya bagus, anda harus memilih lokasi kamera CCTV yang tepat agar bisa mengambil gambar diberbagai sisi.

Memilih Lokasi Kamera CCTV yang Tepat


Dalam bagian ini, anda harus memilih lokasi kamera CCTV yang pas agar bisa mendapatkan gambar yang maksimal. Cermati pertanyaan berikut ini;

  • Bagian mana yang akan dipantau CCTV?
  • Dimana anda menghubungkan CCTV ke system pantauan anda? Jauhkan kabel koneksi dari hujan
  • Mungkinkah terjadi kehilangan CCTV? Sangat dianjurkan menaruh CCTV di posisi tinggi
  • Berapa jarak dari lokasi pantauan? Sebaiknya anda menaruh CCTV sekitar 4 meter dari area pantauan
  • Apakah aman terkena hujan? Meskipun CCTV yang anda beli itu anti air, pastikan tidak terkena air hujan secara langsung, karena lama kelamaan juga bisa merusak komponen kamera.


NB: Jangan dekatkan kabel cctv dengan kabel listrik, karena arus listrik menghasilkan noise sehingga bisa mengganggu sinyal kamera CCTV. 

Cara Memasang Kamera CCTV Dome Infrared Sendiri


Beli Kamera CCTV


Cara pertama yang harus anda lakukan adalah membelinya terlebih dahulu, setelah itu baru pulang kerumah dan memasangnya sendiri.

Hubungkan kabel CCTV


Banyak kabel yang harus anda sambungkan, pertama hubungkan terlebih dahulu output video dan kabel power listrik DC dengan koneksi yang sesuai.

Setelah itu colokkan ujung kabel koneksi pada input video pada DVR, dan pastikan kabel terkunci dengan baik agar bisa berfungsi secara sempurna. 
Skema CCTV

Sambungkan Power


Setelah kabel terpasang semua, silahkan sambungkan power adaptor ke stop kontak yang sudah teraliri listri untuk menopang daya CCTV. Tambahan, kalau anda menggunakan lebih dari kamera CCTV, anda bisa memakai kabel power splitter.

Memasang Kamera


Setelah anda cek CCTV sudah berfungsi dengan baik, waktunya meletakkan kamera di lokasi yang ideal, dengan cara menandai titik lokasi untuk lobang sekrup pada permukaan, gunakan skrup yang pas agar bisa terpasang dengan kuat. 

Tapi jika anda memasang CCTV ke kayu, anda bisa langsung memasang sekrupnya ke permukaan kayu.

Arahkan Kamera CCTV


Untuk mengarahkan kamera di area yang diinginkan untuk tersorot, kendurkan 3 sekrup yang berada didasar kamera, kemudian kubah penutup bisa diputar ke kanan dan kekiri. Kamera bisa diarahkan ke semua arah sehingga anda bisa menyesuaikan dengan baik.

Selamat Menikmati


Setelah selesai memasang semua komponen kamera CCTV, anda harus mengeceknya terlebih dahulu. Apakah terjadi kekurangan pada pencahayaan, atau ada kabel yang tidak berfungsi. Kalau semua sudah beres, silahkan Sambungkan CCTV dengan HP Android anda.

Itulah Cara memasang CCTV sendiri yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa anda bisa mengawasi rumah atau kantor anda meskipun anda sudah pergi ke luar kota bahkan keluar negeri.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari