logo blog

Cara Memasang Power Supply CCTV Sendiri

Cara Memasang Power Supply CCTV Sendiri

Konten [Tampil]
loading...
Cara Memasang Power Supply CCTV – Penggunaan CCTV di era modern ini semakin meningkat, pasalnya manusia tidak selamanya mengawasi rumah atau kantornya, terkadang orang suka bepergian sehingga tidak ada yang menjaganya. Oleh karena itu, dengan adanya alat CCTV bisa membantu meringankan beban manusia.

Kemarin saya telah membahas Cara Memasang CCTV Sendiri, dan kali ini akan kami spesifikkan artikel tersebut dengan membahas Power Supply (PSU) nya, entah itu yang 30a atau 20a, 10 ampere 12V. Untuk pemasangan kedua PSU itu sama saja, hanya saja yang membedakan adalah tegangannya.

Power Supply CCTV diharuskan memasang kabel yang cukup banyak yang sudah disediakan, dengan menyesuaikan arus DC dengan adjustable, menyusun plus dan minus kabel DC kamera CCTV. 

Jenis Power Supply CCTV


  • 20 Ampere 12 Volt (10A 12V)
  • 20 Ampere 12 Volt (20A 12V), 
  • 30 Ampere 12 Volt (30A 12V). 


Berdasarkan jenisnya, itu ada 3 macam yang banyak dijual di pasaran Indonesia, dan anda bisa memilihnya dengan menyesuaikan kebutuhan CCTV anda.

Cara Memasang Power Supply CCTV


Baiklah, setelah mengetahui jenis power supply berdasarkan tegangannya, sekarang kami situs TV LED akan bahas cara pemasangannya sebagai berikut:

Pahami Komponen


Silahkan lihat gambarnya terlebih dahulu dan pahami komponen atau port yang sudah ada, disitu kita lihat tanda-tanda, keterangannya berikut ini:

Keterangan Tanda PSU


  • L : Sumber Listrik dari PLN (AC)
  • N :Kabel Grounding (AC)
  • +V : DC + (plus)
  • -V : DC – (minus)


Pasang Kabel L


Setelah anda mengetahui posisinya, silahkan pasang kabel L atau sumbel aliran listrik yang kita colokkan ke listrik PLN. Gunakanlah kabel standard agar bisa berfungsi dan menyalurkan listrik dengan baik.

Pasang Kabel N


Setelah memasang kabel listrik, anda harus memasang kabel grounding yang nantinya di taruh di tanah atau tembok anda

Pasang Kabel –V


Selanjutnya proses pemasangan kabel DC Minus yang sudah disediakan, pasang kabel tersebut hingga menempel dengan maksimal.

Pasang Kabel +V


Kemudian pasanglah kabel plus DC dari CCTV, 

Adjustable Arus


Setelah memasang semua kabel, anda harus menyesuaikan arus listrik dengan beberapa ketentuan, untuk pengetesan power supply arus DC +/- sebesar 12V, jika kurang bisa di atur pada adjustable supaya bisa tepat 12V.  selain itu anda juga bisa mengetesnya dengan multitester digital ataupun analog, lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

Itulah Cara Memasang Power Supply CCTV yang bisa saya sampaikan,semoga bisa bermanfaat bagi para teknisi CCTV pemula yang ingin bisa memasang CCTV Sendiri dengan mudah.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari