logo blog

Cara Membuat Flux Stainless Steel Sendiri | Murah Meriah

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Membuat Flux Stainless Steel Sendiri | Murah Meriah

Konten [Tampil]
Membuat Flux - Kebutuhan akan solder menyolder bagi teknisi elektronik menjadi hal yang sangat vital, apalagi dengan flux, tentunya sdah tidak asing lagi. Dan perlu diketahui bahwa flux merupakan senyawa yang berfungsi menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder dengan sifat korosif.

Flux tidak bisa ditinggalkan dari kegiatan solder menyolder karena bisa membantu penyolderan bisa menempel secara sempurna, pasalnya jika ada solderan yang tidak sempurna pada komponen bisa mengakibatkan aliran listrik tidak tersalurkan dengan baik.

Kebutuhan flux bagi para teknisi sangt tinggi, oleh karena permintaan tinggi menjadikan harga yang cukup mahal. Namun, disini kami situs TV LED akan memberikan Cara membuat flux stainless steel yang bagus buatan sendiri.

Cara Membuat Flux Stainless Steel


Sebelum kita membahas langkah membuat flux bahan pengganti pasta solder, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, apa saja bahannya? Bahan yang dibutuhkan bisa dengan mudah anda dapatkan di toko terdekat.

Bahan Membuat Flux


Batu Siongka/Gondorukem


Bahan yang pertama adalah batu siongka yang juga disebut dengan gondorukem, bahan ini menjadi salah satu bahan pembuatan malam (mainan), dan para teknisi juga menggunakannya untuk membersihkan mata solder, sedangkan untuk harganya sekitar Rp.5000,- per ons.

Tiner


Bahan selanjutnya adalah Tinner, memang pembuatan pasta solder ataupun flux harus  menggunakan tinner. Adapun tiner yang digunakan berjenis A Terbaik dengan kandungan minyak supaya flux yang dibuat bisa bagus dan kualitasnya baik. 

Alat-alat Untuk Membuat Flux


  • Wadah Kaleng / Alumunium
  • Lilin Sebanyak 3 Buah
  • Korek Api


Setelah kita mempersiapkan bahan dan alat pembuatan flux cairan patri HCL sebagai pengganti pasta solder, langsung saja kita masuk pembahasan langkah membuatnya.

Langkah Membuat Flux


Panaskan Kaleng Alumunium


Langkah yang pertama untuk membuat flux adalah memanaskan wadah kaleng dengan api lilin, jangan sekali-kali menggunakan kompor karena jika terlalu panas bisa berbahaya.

Masukkan Batu Songka


Setelah wadah anda panasi dengan lilin, lalu masukkan beberapa bongkah batu songka hingga mencair

Masukkan Tinner


Setelah batu songka mencair, langkah selanjutnya adalah memasukkan tinner kedalam kaleng sedikit demi sedikit, jangan lupa diaduk menggunakan sendok atau kayu hingga semua adonan tercampur dengan rata.

Aduk Hingga Rata


Proses pengadukan ini membutuhkan waktu yang lama hingga benar-benar tercampur rata, setelah itu silahkan angkat kalengnya dan cairan flux sudah siap digunakan untuk menyolder komponen.

Selesai

Sebenarnya banyak cairan yang bisa anda buat sebagai flux, diantaranya adalah HCL, Getah pinus, juga bisa digunakan untuk membuat flux sendiri.

Itulah Cara Membuat Flux Sendiri yang bisa saya paparkan dalam artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda para teknisi. Apabila anda masih kebingungan silahkan tuangkan pertanyaan di kolom komentar dibawah ini

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...