logo blog

Cara Membuat Solder Dari Trafo Bekas

Cara Membuat Solder Dari Trafo Bekas

Konten [Tampil]
loading...
Cara Membuat Solder Dari Trafo Bekas - Di dunia teknisi elektronik, solder merupakan alat yang wajib dimiliki karena pasti mendapatkan masalah untuk menyambungkan komponen ke PCB. Terkait harga solder itu bervariasi, dimulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, dan merknya juga bervariasi.


Apabila kita mengetahui skema solder pasti kita bisa membuatnya dengan mudah tanpa harus membeli solder, dengan trafo bekas kita bisa membuat solder sendiri. Bagaimana kualitasnya? Untuk tampilan memang kalah menarik, namun kualitasnya juga tidak bisa kita remehkan. Sama-sama bisa menghantarkan panas untuk melelehkan timah.

Cara Membuat Solder Dari Trafo Bekas


Baiklah, berikut ini kami situs TV LED akan memberikan tutorial Cara membuat solder dari trafo bekas dengan mudah.

Siapkan Trafo Bekas


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan trafo bekas, dimana bisa mendapatkan trafo bekas? kalau anda teknisi pasti memiliki banyak trafo bekas, seperti trafo bekas elektronik rusak, amply rusak, vcd rusak dan lain sebagainya.

Bongkar Trafo


Langkah berikutnya, silahkan bongkar dan buang lilitan DCnya, lilitan DC itulah yang nanti akan diganti dengan kabel kawat tembaga, lilitan kecil yang berguna untuk LED.

Lilitkan Kabel Emas Kecil




Selanjutnya lilitkan kabel emas kecil yang digunakan untuk let, serta lilitkan kabel kawat tembaga berfungsi untuk sumber panas solder.

Pasang Plat Trafo




Langkah berikutnya, silahkan pasang kembali plat dari trafo yang anda bongkar tadi, lalu kupas kabel kawat tembaga dang anti dengan solatip fiver glass anti panas. Solder LED pada lilitan kecil tadi, dan siapkan kawat tembaga berbentuk segitiga lancip dan lekatkan di ujung kawat tembaga yang melilit trafo tersebut.

LEM LED Ujung Trafo


Silahkan di lem menggunakan lem tembang, sedangkan LED ini berfungsi sebagai penerang ketika menyolder pada tempat yang gelap.

Gunakan Solder


Dan yang terakhir, anda sudah bisa menggunakan solder buatan anda dengan trafo dan sudah mampu melelehkan tenol.

Baca Juga : Cara Membuat Solder Tenaga USB 5V | Panasnya Tidak Kalah

Perlu diperhatikan bahwa solder buatan sendiri dari trafo bekas ini bisa anda gunakan dimanapun, meskipun berada pada lokasi yang gelap dan kurang pencahayaan karena solder buatan anda ini sudah disisipi lampu LED.

Itulah Cara Membuat Solder Buatan Sendiri Dari Trafo bekas yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa anda kreasikan dengan inovasi lainnya yang lebih menarik. Jika anda bisa berinovasi, taruh dikolom komentar ya  bos.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari