logo blog

Cara Memperbaiki Elemen Solder Yang Tidak Panas

Cara Memperbaiki Elemen Solder Yang Tidak Panas

Konten [Tampil]
loading...
Memperbaiki sebuah barang itu lebih baik daripada membeli lagi, karena memanfaatkan barang yang ada. Berbeda kalau barang yang kita miliki memang sudah rusak tidak bisa disservice kembali, baiknya membeli yang baru. Contohnya disini adalah elemen solder yang putus sehingga tidak bisa menghasilkan panas.

Pernahkah anda memiliki solder yang sudah tidak bisa panas lagi? Ya itu disebabkan elemen solder putus sehingga tidak bisa menghantarkan panas. Anda bisa memperbaikinya sendiri kq, dan kali ini kami situs TV LED akan memberikan artikel tentang cara memperbaiki elemen solder yang tidak panas dengan mudah berikut ini:

Cara Memperbaiki Elemen Solder Yang Tidak Panas


Sebelum kita membahas caranya, pertama kita harus analisa kerusakannya terlebih dahulu agar kita memahami alur memperbaikinya. 

Analisa Kerusakan Solder


Secara umum kerusakan solder hanya dua  di kabel kelistrikan dan di elemen. Bagiamana memeriksa keduanya?

Ukur Dengan Multitester


Cara yang pertama silahkan anda ukur dengan multitester di kedua kaki steker, apakah ada sambungannya atau sudah putus. Kalau ada sambungan,berarti bukan soldernya yang rusak tapi mungkin stop kontak jaringan listrik rumah yang mengalami gangguan.  Apabila sudah tidak ada sambungannya,  silahkan baca nomor selanjutnya.

Buka Body Solder


Langkah ini berlaku jika pengecekan dengan multitester tidak ada sambungannya, anda harus membuka body soldernya, kita lihat sambungan kabel listrik dengan elemen dan lepaskan sambungannya. Periksa kabelnya dengan mengukur ujung kabel dan ujung steker, kalau misalnya putus berarti anda cukup mengganti kabelnya saja sudah selesai. Namun apabila masih ada sambungan, ikuti langkah selanjutnya. 

Periksa Elemen


Langkah selanjutnya adalah memeriksa elemennya, apakah ada sambungan atau tidak. Dan kebanyakannya, kedua ujung elemen itu tidak tersambung, dan silahkan ganti elemen tersebut yang rusak. 

Mengganti Elemen Solder


Seperti yang kita ketahui bahwa ukuran dan bentuknya itu berbeda-beda, ada yang seperti obeng ada juga yang seperti pistol. Akan tetapi, prnsip menggenti elemen adalah:

A. Membuka body dan melepas kabel listrik menuju elemen

B. Membuka elemennya

Adapun penjelasannya sebagai berikut:

SIapkan Elemen Baru


Anda harus memastikanan elemen yang baru memiliki ukuran dan daya yang sama agar tidak percuma

Buka baut pengikat mata solder


Kemudian anda harus membuka baut yang berada di ujung untuk mengikat mata solder dan pengikat elemen, kemudian keluarkan mata solder dan buka pengikan selongsongan tempat elemen.

Lepaskan Sambungan


Kemudian anda harus membuka body solder dan melepaskan sambungan antara kabel listrik dan kabel elemen.

Lepaskan Elemen


Selanjutnya silahkan lepas elemen solder yang rusak, dengan menarik keluar hingga benar-benar keluar

Masukkan Elemen


Setelah anda mengeluarkan elemen, silahkan masukkan elemen yang baru dan pasang 2 baut penahan mata solder dan elemen agar aman dipakai.

Sambungkan Kabel Listrik


Setelah elemen terpasang, anda harus menyambungkan elemen dengan kabel listrik, rakit kembali semua bagian dan kembalikan seperti semula. Selamat Memakai kembali

Baiaya pergantian elemen ini tidak menghabiskan banyak uang, daripada membeli baru. Selain itu, ada kepuasan sendiri karena anda berhasil memperbaiki solder rusak yang tidak panas.

Itulah Cara Memperbaiki Elemen Solder Yang Tidak Panas yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan anda bisa memperbaiki solder anda tanpa harus membeli baru.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari