logo blog

Cara Memperbaiki TV LED Gambar Redup Ketahui Penyebabnya

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Memperbaiki TV LED Gambar Redup Ketahui Penyebabnya

Konten [Tampil]
Penyebab TV LED rusak itu banyak sekali, diantaranya tegangan Backlight yang menurun atau backlight mati yang mengakibatkan TV LED gambar gelap dan layar redup dan itu tidak nyaman saat ditonton.

Memang biaya service TV tabung dengan TV LED lebih mahalan TV LED, tapi meskipun mahal bisa memberikan kepuasan kepada penggunannya yang sedang menikmati channel TV favoritnya. Kerusakan tersebut tidak hanya pada merk tertentu, tapi banyak merk yang sering terjadi seperti samsung, sharp, polytron, LG, sanken, merk cina dan merk TV lainnya.


Tetapi itu bukan masalah karena semua bisa diperbaiki, hanya saja kita tidak bisa memperbaikinya sendiri. Tapi disini bagi yang hobi oprek-oprek, sangat cocok berada di artikel ini karena kami akan memberikan tutorial Cara Memperbaiki TV LED Gambar Gelap atau Redup sebagai berikut ini:

Cara Memperbaiki TV LED Gambar Redup


Tapi sebelum kita melangkah kepada cara servicenya, kita harus mengetahui penyebab TV LED (Backlight) gambarya redup, penyebabnya sebagai berikut:

Lampu Backlight Mati


Perlu kita ketahui bahwa lampu backlight itu sangat penting karena ketika beberapa lampu backlight mati bisa mengakibatkan gambar redup bahkan tidak menampilkan gambar apapun, karena fungsi backlight itu memeberikan cahaya kepada panel supaya gambar terlihat.

Untuk mengetahui tutorialnya, silahkan Baca Cara Memperbaiki Lampu Backlight Ketahui Penyebabnya

Disini saya jelaskan sedikit terkait lampu backlight ini menggunakan daya sebesar 135V yang disalurkan oleh Boost Converter, tegangan tersebut mampu menyuplai daya sekitar 45 lampu LED yang diarangkai berseri. Kemudian untuk mengukur tegangan tersebut, silahkan gunakan AVO meter manual atau melalui dua kaki elektroda eco filter tegangan tersebut yaitu C9801(22uF/250V).

Kerusakan IC Pada Bagian Modul TCON


Penyebab yang kedua terjadi karena IC pada bagian modul Tcon yang short, untuk mengeceknya silahkan sentuh bagian IC dekat modul Tcon, biasanya bila terjadi masalah rasanya panas sekali. Dan anda harus mengganti IC tersebut dengan Tipe yang sama.

Kerusakan Software


Kala itu terdapat servisan TV  dengan kendala layar gelap tapi Backlight menyala, merk TV yang di service tersebut adalah Sharp Aquos 24 inchi, kemudian setelah ditelusuri ternyata terdapat masalah pada software (perangkat lunak).

Kemudian cara memperbaikinya gimana? Lakukan Flash TV dengan firmware yang baru dan cocok dengan TV LED anda.

Video Cara Mengganti Backlight LED 


Itulah Cara Memperbaiki TV LED Gambar Redup yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan anda yang sedang mengalami masalah tersebut bisa mengatasinya dengan membaca artikel ini.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...