logo blog

Cara Memperbaiki TV LED Polytron Mati Standby

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Memperbaiki TV LED Polytron Mati Standby

Konten [Tampil]
Merk TV LED Polytron sekarang memiliki banyak peminat dengan spesifikasinya yang tinggi serta harga yang ditawarkan pun tergolong murah, sehingga banyak yang membeli TV murah berkualitas ini. Tapi yang namanya barang elektronik ya tentunya memiliki kekurangan dan pasti muncul kerusakan berjalannya waktu seperti tv led polytron hidup sebentar mati lagi entah yang 32 inch maupun yang seri pld 22d900, atau pld24t800.

Dan kali ini saya akan membahas mengenai mengatasi tv led polytron mati standby dimana masalah yang sering terjadi di semua tipe TV LED, jangan panic terlebih dahulu karena kerusakan ini bisa dibenahi oleh para teknisi elektronika.

Ada beberapa kemungkinan kalau mati sebentar dan lama hidupnya , diantaranya kita mematikan TV dengan menekan power di remote control sehingga keadaan mati standby remot, dan setelah kita tekan tombol ON maka hidup kembali, Namun ada juga yang memang benar-benar rusak.


Kerusakan TV LED Polytron Mati Standby


Sebelum kita memperbaiki kerusakannya, kita harus mengetahui dulu penyebab tv led polytron mati standby, diantaranya adalah:

Bord Rusak


Penyebab yang pertama dikarenakan bord TV LED Polytron rusak, test poin ini dilakukan dengan adanya kerusakan remot control tidak berfungsi sama sekali dan tombol panel tidak berfungsi sehingga lampu led merah menyala berkedip-kedip seperti normalnya TV.

Cara Memperbaiki  Remote Control Polytron


Lampu LED merah berkedip ini sering kita lihat di TV LCD Polytron, sehingga bisa dengan mudah kita menganalisa kerusakannya dimana, dan caranya cukup mudah hanya dengan kita menekan tombol ON berkali-kali sehingga bisa hidup dan normal kembali. Karena berdasarkan pengalaman, ini bisa berhasil.

Eefrom / Memori Rusak


Diantaranya penyebab lainnya dikarenan rusaknya eefrom /memory rusak atau datanya corup, dengan demikian muncul lampu led indicator saja yang menyala dan TV LCD Politron Mati Standby tidak bisa dihidupkan.

Cara Memperbaiki EEfrom/ Memori Rusak


Sedangkan untuk mengatasinya anda bisa menginstall ulang atau flash ulang menggunakan firmware polytron dengan tipe dan model yang sama persis. Kemudian setelah melakukan flash ulang silahkan di Reset TV LED Polytron Tanpa Remote.

IC Micom / IC TZUM 59xx Rusak


Kerusakan selanjutnya dikarenakan ada komponen yang rusak yaitu IC TZUM 59xx atau IC Micom dimana komponen tersebut memang sering rusak, pasalnya pemakaian TV LCD yang tidak wajar sehingga komponennya over heat dan mengalami kerusakan IC MCU.

Cara Memperbaiki IC Micom / IC TZUM 59xx Polytron


Sedangkan untuk memperbaikinya anda harus mengganti IC tersebut dengan harga yang terjangkau, kalau anda mengganti satu unit main bord tentu harganya mahal untuk kerusakan Cuma standby saja.

Elko Power Supply Rusak


Yang biasa terjadi kerusakan di TV LED polytron adalah terjadi kerusakan di elko power supply, disebabkan kurangnya nilai tegangannya sehingga tidak bisa berkontribusi dengan baik. Ciri-ciri kerusakannya ditandai dengan fisik elko melembung pada ujungnya.

Cara Memperbaiki Elko Power Supply Polytron


Solusinya sangat sederhana hanya dengan mengganti elko elko yang rusak atau melembung, anda bisa membelinya di toko elektronik terdekat.

Test Poin Mainbord TV LED Polytron Mati Standby


Saat terjadi kerusakan diatas mengakibatkan TV LED Polytron Susah Start, Gagal Start, hidup sebentar mati lagi bisa diatasi dengan menggunakan metode diatas, setelah perbaikan dilakukan anda harus test poin tegangan dulu sehingga tidak terjadi kerusakan yang lain. 

Anda harus mempersiapkan avo meter atau tester Untuk test poin tegangan dan pastikan tegangan yang masuk ke mainboard TV LED Polytron berjalan normal. Dan pastikan beberapa tegangan yang harus ada di mainboard senilai berikut:

  1. vcc 12volt
  2. 5volt
  3. 3,3volt
  4. 1,75volt
  5. 2.75VOLT


Jadi sebelum anda memastikan komponen IC MCU, eefrom corrupt, pastikan tegangan diatas sudah masuk dan memenuhi kebutuhan mainboard agar bisa meyakinkan kalau komponen tersebut rusak. 

Tambahan : Untuk TV LED Polytron tipe PLD24T800 Skema dan tegangan PSU normal 5V & 12V. Cek tegangan pada mainboard normal semua.

  • C44 = +- 1,47V
  • Q2 = 12V
  • U1 = 3,39V
  • U2 = 1,29V
  • U3 = 1,83V
  • TU2 = 3,30V


Itulah Cara Memperbaiki TV LED Polytron Mati Standby yang bisa saya paparkan, semoga bisa bermanfaat dan apabila memiliki pertanyaan silahkan taruh pertanyaan anda di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

1 komentar

Led 32"polytron sy tiba2 gk hidup.lampu standby pun gk hdp sm skli.padahal baru sminggu bli baru..kira2 apa y keusaknya..mksh

loading...