logo blog

100% WORK Cara Memperbaiki TV Sharp Protek / Terkunci

100% WORK Cara Memperbaiki TV Sharp Protek / Terkunci

Konten [Tampil]
loading...
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa TV Sharp memiliki keunggulan system proteksi atau kunci, dan kelemahannya ketika muncul kejanggalan atau ketidaknormalan, maka akan mengalami protek dengan sendirinya. Dan sekarang anda pasti mengalami masalah dan beberapa pertanyaan seperti cara memperbaiki tv sharp protek / terkunci.

TV Sharp Protek


Belakangan ini hampir semua merk TV terkenal menggunakan system protek, namun sebagian orang mengatakan tidak ada yang menandingi system protek dari sharp. Karena setiap komponennya memiliki proteksi, diantaranya sebagai berikut:

1. Sensor Tegangan : tegangan heater, B+ 115V, B+ Vertikal, 12/16V dan lainya. Proteksi ini terdiri dari OverVoltage dan NoVoltage yang digunakan untuk sensor tegangan biasanya memakai Dioda (dioda zener - 1N4148).

2. Sensor Output/Input blok : Output Vertikal (Vertikal Guard), H sync, dll. TV LED akan protek apabila tidak ada output/signal atau tegangan output dalam bentuk DC. Jadi kita memang harus benar-benar teliti untuk memperbaiki tv sharp

3. Sensor Sync : Terdapat di IC jungle/chroma.

4. X-ray proteksi : mensensor tegangan ABL, berfungsi sebagai sensor tegangan HV

5. Dan yang terbaru, proteksi data digital. IC tersebut mengirimkan data ke IC program,jika sistem ada yang tidak beres, kemudian IC program akan memproteksi atau mematikan perangkat TV, jadi anda jangan heran dengan hal tersebut.

Boot Up dan Self Test


TV Sharp yang menggunakan TDA93xx sehingga munculnya gambar agak lama. Karena IC programnya muter-muter dulu (kerenya SelfTest)

Tahap-tahap Self Test sebagai berikut :

1. Regulator beroperasi => tegangan standby (3.3V), osilator kristal pada IC program mrnuju clock IC program.

2. Program reset, reset dikontrol oleh IC reset (PST573, pada TV goldstar/merek lainya KIA70), pada pin 60.

3. kemudian akan meload atau membaca EEPROM (mengambil data service). Apabila gagal membaca/load => TV akan terkunci.

4. Setelah membaca EEPROM, Program akan mencoba menghidupkan TV (Power ON), menghidupkan regulator ke posisi ON (B+ 115V penuh), kemudian osc jungle (horisontal dan vertikal)beroperasi. sinyal video dalam keadaan MUTE sementara.

5. IC program (dengan bantuan dioda zener) men-sensor atau mengecek tegangan -tegangan vital. Apabila ditemukan ketidaknormalan, maka TV akan terkunci.

6. pengecekan tegangan input/output amplifikasi (vertikal out, X-ray, dll)

7. Pengecekan sinyal/sync, sinyal video dimasukkan dan diproses tapi tidak muncul gambar. Berfungsi untuk mendeteksi bahwa osc horisontal dan vertikal tersinkronasi oleh video/raser, jika sync gagal maka tv akan protek juga.

8. pengecekan digital/data service. TV dinyalakan dulu dengan setting yang tersimpan dalam data service (EEPROM), jika data tidak bisa disetting TV akan protek.

9. Selanjutnya Pengecekan digital eksternal (periperal, diluar IC), program akan cek alat-alat tambahan diluar IC melalui bus data (SDA dan SCL, menggunakan protokol I2C), kemudian atur peralatan-peralatan tersebut dengan data sesuai yang tersimpan dalam EEPROM.

Peralatan luar antara lain: Tuner (PPL), AN5891K (Sound Processor) dan M52797SP (AV switch), jika komunikasi ke/dari perangkat-perangkat luar tersebut gagal atau terganggu, otomatis TV akan terproteksi.

10. kemudian sinyal video di UNMUTE (ditampilkan).

Mempelajari Kode Kedip


Keunggulan TV ini adalah ketika ada error atau protek maka terdapat kode kedip bisa diketahui panjang pendeknya serta jumlah kedipan lampu LED indicator. Sedangkan macam-macam jenis kode kedip, juga kendalanya untuk bisa memperbaiki TV adalah:

Kedip 1 kali : Bus data error progam tidak bisa membaca memory atau bus data (SDA, SCL).

Kedip 3 kali : Jungle (osilator horisontal, vertikal), bisa juga disebabkan karena x-ray (ABL).

Kedip 4 kali : Sinkronasi gagal, video/raster tidak terdeteksi, VIF. Switch AV perlu diperhatikan.

Kedip 6 kali : Internal periperal, NICAM, SIF. Disebabkan data service yang tidak sesuai.

Kedip 7 kali : Format signal, internal setting, setting decoder. Biasanya disebabkan data service yang tidak susuai.

Kedip 8 kali : Tuner (tuner tidak terdeteksi). Atau disebabkan periperal luar (misalnya AN5891K), M52797SP) karena bus terganggu.

Ketika Terproteksi anda bisa dengan mudah mengenali manakah yang rusak dengan kode lampu LED yang sudah dirancang oleh perusahaan TV sharp, Itulah Cara Memperbaiki TV Sharp Protek atau Terkunci yang bisa saya sampaikan, semoga berhasil!

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari