logo blog

100% WORK Cara Memperbaiki TV Yang Rusak Warnanya LED dan Tabung

100% WORK Cara Memperbaiki TV Yang Rusak Warnanya LED dan Tabung

Konten [Tampil]
loading...
Kerusakan TV LED maupun tabung berbeda-beda tergantung kendala dan penyebabnya, semua itu bisa diatasi oleh tukang service, hanya saja kalau memang rusaknya parah dan harganya lebih mahal daripada harga tv.nya lebih baik untuk ganti baru. Diantara kerusakan yang sering terjadi adalah TV LED sharp Warna rusak.

Awal mula Kerusakan pada warna biasanya terjadi pada sinyal RGB,Untuk warna R itu berfungsi menampilkan dominan warna merah, G untuk menampilkan hijau dan B itu warna biru. Lantas bagaimana cara memperbaiki TV yang warnanya rusak? Silahkan simak berikut ini:

Cara Memperbaiki TV yang Rusak Warnanya


Sebelumnya anda harus memeriksa output RGB pada IC Warna TV tabung utama terlebih dahulu, jika input CRT tegangan RGB sekitar 115 Vdc maka masih normal, jika lebih dari itu hingga 180 Vdc maka kondisi layar akan gelap. Maka kesimpulannya transistor penguat RGB tidak berfungsi dan kenapa TV tidak berwarna?.

Namun jika tegangan input CRT ke RGB dibawah 115V dc akan menjadikan layar buram seperti terdapat bayangan, karena dayanya tidak cukup untuk kebutuhan RGB atau resistor di kolektor transistor penguat RGB rusak. Mari kita masuk sesi selanjutnya, 

Gangguan pada sinyal warna merah (R)


Yang pertama adalah memeriksa warna merah (RED/R) pada IC utama pin 19 (2,2 Vdc), resistor 902(100Ohm) transistor V 902 (C 2688). Alur output resistor 908(2,7 kOhm) serta satu resistor beban catu (12k Ohm atau 3 watt). Jika tidak sesuai berarti komponen R yang bermasalah dan harus di periksa lebih dalam.

Gangguan pada sinyal warna hijau (G)


Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada sinyal warna hijau, maka bagian yang harus diperiksa secara sitematis adalah IC utama pin 20 (2,2 V dc), resistor 912 (100 Ohm), transistor V 912 (C 2688). Serta untuk bagian outputnya melalui kolektor dengan resistor 918 (2,7 k Ohm) dan resistor beban 917 untuk catu (12 k Ohm atau 3 watt). Dan dengan cara ini anda juga bisa menghilangkan warna hijau pada tv tabung.

Gangguan pada sinyal warna biru (B)


Untuk warna biru (blue /B) periksa IC utama pin 21 (2,2 V dc), resistor 922 (100 Ohm), transistor V 922 (C 2688). Dan untuk outputnya dengan dengan resistor 928 (2,7 k Ohm) dan resistor beban 927 untuk catu (12 k Ohm atau 3 watt). Terkadang jika terjadi gangguan pada transistor biru menjadikan dominan warna biru pada tv tabung.


Setelah anda memeriksa RGB berdasarkan kerusakan warna yang terjadi maka nilai resistor yang membesar atau solderan yang sudah rusak. Ini yang membuat komponen dengan PCB tidak terhubung secara sempurna. Dan anda harus merapikan bagian solderannya, kemudian lakukan uji tes pada semua transistor. Jika masalah tidak terdeteksi, silahkan ganti transistor RGB, karena terkadang kerusakan transistor RGB tidak bisa dideteksi dengan multitester.

Itulah Cara Memperbaiki TV yang Warnanya rusak, ada banyak jenis merk televise yang biasanya rusak diantaranya TV Sharp, LG, Samsung,Politron, baik TV tabung maupun TV LED. Tapi semua bisa diatasi kok, tenang saja, dan selamat mencoba.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari