logo blog

Cara Mengganti Mesin TV China | Merakit TV Slim & Tabung

Cara Mengganti Mesin TV China | Merakit TV Slim & Tabung

Konten [Tampil]
loading...
Keberadaan TV LCD/ LED sekarang banyak diminati karena kelebihannya yang menampilkan gambar lebih jernih dan juga bisa menghemat space. Dan kemungkinan itu akan menghilangkan peredaran TV tabung, tapi meskipun demikian sekarang masih banyak yang menggunakan TV tabung, kalau rusak masih disservice bahkan kalau mesinnya yang rusak, banyak yang masih mengganti mesinnya dari pada beli baru. Oleh karena ini di artiel ini membahas Cara Mengganti Mesin TV dengan mudah.

Apakah anda pemula atau sudah terlatih? Kalau masih pemula yuk belajar bersama-sama mengganti mesin TV, tapi kalau anda sudah kaliber, tolong artikel ini bisa dikoreksi untuk pembenahan. Dan langsung saja kita simak Cara Mengganti Mesin TV dengan Mudah sebagai berikut:

Cara Mengganti Mesin TV 


Sebelum kita mengganti mesin TV, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena TV tabung 14, 21,29 inch yang sudah mati itu masih mengandung listrik.  Maka cara yang pertama adalah membuang setrum yang ada pada tabung CRT itu sendiri, caranya gimana? Cara membuangnya dengan lempengan besi yang berada di pinggir tabung, atau list tabung CRT. Dengan menghubung singkatkan lobang tabung CRT dengan list tadi dengan kabel avometer. Setelah anda memastikan strum sudah terbuang, kita melangkah pada proses pemasangan mesin TV.




Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa Tabung CRT itu memiliki 2 jenis, yaitu Tabung CRT biasa bentuknya lonjong kebelakang, dan yang satunya tabung CRT Slim bentuknya pipih dan gelung. Karena jenis tabung ada 2, jenis mesin pun ada 2 jenis yaitu Mesin TV biasa dan mesin TV Slim.

Itu tadi prosedur keselamatan untuk memasang Mesin TV cina, dari membuang listrik yang berada di tabung CRT, hingga mengetahui jenis mesin TV yang ada di Televisi anda.

Baiklah, kali ini kami situs TV LED akan memberikan tutorial Cara Mengganti mesin TV langkahnya berikut ini:

Pemasangan Kabel Defleksi Yoke


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah emmasang kabel defleksi yoke dengan memastikan resistansi horizontal yoke diantara 1 ohm hingga 2,2 Ohm, apabila tidak sesuai dengan resistansi tersebut bisa diganti yokenya. Kalau anda membeli mesin TV Cina, berada didalam kardusnya sudah komplit bahan penunjang guna merakit Mesin TV Cina pada tabungya, dan carilah kabel Yoke tersebut.

Silahkan colokkan kabel yoke yang berada di papan pcb mesin cina, kemudian kabel warna merah dan biru disambungkan di kaki yoke horizontal. Kabel putih dan hitam pada kaki yoke vertical. Serta posisi kaki yoke horizontal berada di paling depan diantara deretan kaki yoke, dan yang paling belakang adalah kaki vertical. “posisi berlaku saat anda duduk menghadapi yoke”

Posisi Kaki Yoke harus sesuai dan teliti, apabila terjadi kesalahan pada pemasangan kabel yoke maka bisa berakibat fatal pada IC Vertikal, ya seperti terbalik kabel horizontal dipasang pada bagian vertical.

Pemasangan Kabel Ground Tabung CRT


Setelah memasang kabel yoke, Langkah selanjutnya adalah memasang kabel ground tabung CRT dengan cara menghubungkan kabel ground dari tabung ke pin pada PCB soket CRT. Jangan sampai lupa memasang kabel ground, karena iini bisa berakibat fatal yaitu anda harus mengganti IC Program TV yang baru karena IC yang terpasang bisa rusak akibat percikan Bunga api tegangan tinggi dari tabung crt.

Pemasangan Kop Playback ke Tabung CRT


Langkah ketika yaitu memasang kop playback ke tabung CRT ( dikeringkan dulu dari minyak atau air yang masih menempel), caranya bisa dengan mengelapnya menggunakan tisu atau kain kering. Fungsinya adalah mencegah kebocoran yang mengakibatkan pada kerusakan chasis atau PCB secara total.

Pasang Perangkat Tambahan


Kemudian anda sudah bisa memasang kabel antenna, sensor remote, panel tombol, panel audio video dengan benar,, PCB sudah ada tulisannya dan jangan sampai tertukar dalam pemasangan perangkat ini.

Pasang Kabel Power


Langkah terahir adalah memasang kabel power / power switch di papan PCB mesin TV china, dan sekarang anda sudah bisa menikmatinya serta menonton acara TV favorit anda. Tapi sebelum itu, pastikan dulu semua perangkat dan kabel terpasang dengan benar agar tidak terjadi kerusakan.

NB: Semua mesin TV China yang dijual di toko tentunya sudah lolos uji dan sudah melalui pengetesan dari pabrik. Akan tetapi tidak selamanya pemasangan mesin TV tidak pas, entah tabung CRT, atau Yoke yang kita punya. Kemudian untuk pengaturan lebar dan tinggi gambar, pengaturan warna, anda bisa mengatur kode Menu Factory Mesin TV tersebut.

Itulah Cara pasang mesin tv wcom ke tabung slim yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi para teknisi yang mengalami permasalah, apabila terdapat pertanyaan silahkan taruh pertanyaan di kolom komentar.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari