logo blog

Cara Mengganti Mata Solder Yang Kecil Bagus Awet

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Mengganti Mata Solder Yang Kecil Bagus Awet

Konten [Tampil]
Cara membuat mata solder sendiri - TV LED– Solder merupakan senjata bagi teknisi elektronik yang digunakan untuk menyambungkan komponen-komponen elektronik, terkait harga solder yang bagus bisa sampai jutaan rupiah, tapi membeli solder yang murah juga tidak masalah karena disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Disini anda bisa membuat mata solder kecil sehingga terlihat bagus, anda juga bisa bikin mata solder yang awet dengan menggant mata solder bawaan saat membeli. Dan anda bisa melakukannya sendiri,dan mengganti mata solder bukan berarti mengganti soldernya.

Kalau Solder Tidak Panas jangan langsung keburu menggantinya dengan solder yang baru tapi bisa anda perbaiki dengan cara membuat mata solder kecil yang bagus dan awet.


Banyak alasan kenapa kita harus mengganti mata solder yang kecil dengan kualitas bagus yang membuat solder awet, alasan lain karena usia pemakaian solder sudah terlalu lama dan tidak runcing lagi sehingga kita harus menggantinya atau bikin mata solder yang kecil dan runcing.

Cara Membuat Mata Solder Kecil


Sekarang ini sudah banyak pilihan mata solder pengganti yang sudah disediakan oleh toko elektronik, namun harus diperhatikan bahwa diametr lobang solder dengan mata solder pengganti harus sama, artinya biar tidak terlalu longgar atau terlalu sempit lobangnya.

Rincian besar kecilnya mata solder dikaitkan dengan besarnya daya, pada umumnya daya solder dibagi  menjadi 4.

  1. 25 Watt sampai dengan 40 watt
  2. 60 Watt
  3. 100 watt.
  4. 100 watt keatas.


Pada umumnya para teknisi elektronika menggunakan solder dengan daya antara 25 dan  40 watt, jadi kalau mau membeli solder harus mengetahui besarnya daya terlebih dahulu.

Cara Mengganti Mata Solder


Cara mengganti mata solder yang paling penting adalah mematikan soldernya dalam keadaan dingin supaya bisa mempercepat pekerjaan dan lebih aman. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buka Baut


Langkah pertama silahkan buka baut yang menahan mata solder, letaknya berada pada ujung soder. Kemudian keluarkanlah mata solder besar yang lama yang sudah tidak runcing.

Siapkan mata solder yang baru


Menyiapkan mata solder yang baru, kalau belum punya silahkan pergi ke toko elektronik untuk membeli mata solder iron dengan diameter yang sama supaya bisa sesuai dengan soldernya. Pilih yang kecil dan runcing,

Masukkan Mata Solder Baru


Langkah selanjutnya memasang mata solder yang baru dengan kedalaman kira-kira nyaman saat digunakan, tidak ada Patokan khusus terkait kedalamannya. Pasang kembali baut penahan dan kencangkan, ingat jangan terlalu kencang saat memutar baut karena berbeda dengan baut motor atau mobil.

Cara Membuat Mata Solder Dari Paku Beton


Memang paku beton, atau dari barang bekas, dari kuningan bisa dibuat dan dipasang kedalam solder tapi hasilnya tidak maksimal, justru malah bisa membuat emosi anda. Maka dari itu, saya rekomendasikan untuk memakai mata solder yang asli karena bahannya berkualitas dan bisa melelhkan timah dengan baik.

Bahan Mata Solder Yang Bagus Terbuat Dari Tembaga

Itulah Cara Mengganti mata solder yang Kecil dengan kualitas yang bagus dan awet sendiri, dengan maksut supaya tidak membeli baru lagi karena solder yang lama masih bisa dipakai dengan cara mengganti mata soldernya.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...