logo blog

Cara Menyambungkan CCTV Ke HP dan Komputer

Cara Menyambungkan CCTV Ke HP dan Komputer

Konten [Tampil]
loading...
Didunia digital ini semua serba dalam genggaman, belanja bisa dengan mudah, berkomunikasi dengan genggaman, dan kali ini untuk mengawasi dan mengontrol CCTV dengan HP sehingga dimanapun anda bisa mengawasi kondisi kantor maupun rumah dengan HP melalui koneksi internet, selain menggunakan HP juga bisa disambungkan dengan computer dan laptop.

Sebelum ini, saya telah membahas cara memasang CCTV sendiri dan kali ini akan kami bahasa cara menyambungkan cctv ke hp dan computer, dan sekarang anda bisa mengontrol cctv dengan genggaman anda dimanapun dan kapanpun anda mau, asalkan ada koneksi internet supaya bisa terhubung dengan DVR yang dirumah.

Ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan untuk mensetting cara setting dvr hikvision ke hp diantaranya sebagai berikut:

Pastikan Kamu Menggunakan DVR dan Kamera CCTV Terbaik


Persiapan yang pertama adalah memastikan kalau DVR dan Kamera CCTV yang anda gunakan adalah terbaik, dan CCTV yang kurang bermerk biasanya kurang maksimal apabila diakses dengan HP atau computer. Pasalnya kamera dan DVR CCTV yang murah atau tidak bermerk memiliki fitur dan gambar yang cepat buram, sehingga anda akan disulitkan untuk mendownload aplikasi pendukung, dan tidak memiliki pendukung website resmi.

Cara Menyambungkan CCTV Ke HP


Baiklah, kali  ini kami situs TV LED akan membahas Cara Menghubungkan CCTV Ke HP dan Komputer/Laptop berikut ini:

Download Aplikasi Monitoring CCTV


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi CMS (Camera Management system)/VMS (Video Management system) yang merupakan aplikasi penunjang untuk monitoring CCTV dari HP. 

Aplikasi CMS di internet memiliki nama yang berbeda-beda sesuai dengan vendor DVR, seperti DVR Hikvision dengan nama aplikasi  iVMS(intelligent video management system) dengan menggunakan jaringan internet atau LAN. 

Dimana Download Aplikasi CMS untuk PC?


Ketika anda ingin memonitoring CCTV melalui computer atau laptop tanpa DVR , aplikai ini juga tersedia dalam OS windows dan MacOS. Silahkan download diwebsite resmi agar bisa melihat CCTV dari computer. www.hikvision.com untuk merek hikvision.

Dimana Download Aplikasi CMS untuk Android dan iOS iPhone ?


Untuk bisa mendapatkan aplikasi CMS ini, anda bisa mencarinya di PlayStore dan App Store

Cek IP dan Koneksi DVR nya Dulu


Langkah Kedua yang harus anda lakukan adalah memberikan IP static Address pada DVR yang akan anda lihat di HP dan computer, Untuk menyetting IP DVR CCTV simak langkah berikut ini: 

  • Setting IP DVR CCTV
  • ip lokal LAN DVR
  • Gunakan IP static untuk DVR CCTV mu
  • Gunakan IP Static pada DVR agar mudah dikelola ( IP Tidak berubah meskipun direstart)


Contoh : apabila network 192.168.1.0/24  alokasi IP DHCP 192.168.1.2-192.168.1.100 ,maka gunakan ip 192.168.1.101 -192.168.1.254 untuk IP static DVR mu agar tidak bentrok dengan IP DHCP.

Cek Koneksi DVR CCTV dengan HP dan Komputer


Setelah menyetting IP DVR CCTV, anda harus mengecek koneksi DVR CCTV dengan HP/Komputer, agar bisa terkoneksi dan terkontrol melalui HP.

Ping DVR


Silahkan Ping DVR anda dengan IP computer dengan cara ketik perintah Ping (IP PC gratis) seperti ping 192.168.77.8

Apabila reply, berarti antara DVR dan CCTV bisa terhubung, tapi jika time out maka ada kesalahan saat setting IP, silahkan cek IP yang anda berikan ke DVR.

Selain itu, anda juga bisa mengetikkan IP DVR CCTV tersebut ke web browser di HP, Laptop atau Komputer, jika munjul login berarti h panda sudah terhubung dengan DVR CCTV.

Namun apabila tidak bisa mengakses IP di browser, atau ping request time out, This site can’t be reached atau not found pada browser berarti ada kesalahan saat menghubungkannya.

  • Cek IP DVR nya,pastikan sudah benar
  • Pastikan HP dan komputermu dalam satu jaringan
  • Kalu pakau router,cek firewall dan subnetting nya
  • Jika menggunakan WiFi pastikan HP atau komputer telah terhubung.
  • Setting Komputer dan HP Mu


Setelah menyetting DVR CCTV, sekarang saatnya kita menyetting computer atau HP kalian dengan langkah sebagai berikut ini:



Cek Port Yang Dipake DVR


Pertama, silahkan cek port DVR yang dibuka sebagai jalan masuk guna mengakses CCTV dari HP dan Komputer. 

port pada DVR Hikvision


Halaman Port ini bisa anda lihat dengan cara login ke DVR melalui Web Browser online xmeye lalu masuk menu network=>port (8000). 

Setting Komputer/PC untuk memantau dan Melihat CCTV Online (indihome)


Kedua, setelah Port DVR normal, kita lanjut proses menyetting CMS yang terinstall di komputer anda, apabila DVR bukan Hikvision silahkan pahami caranya dan temukan menu-menu yang sama, karena setiap CMS itu berbeda-beda peletakan menu,nya. 

Buka aplikasi CMS yang telah kamu install sesuai dengan merek DVR mu.

Tambahkan DVR dengan klik menu Tool> device management> Server>encoding device>add device

Pada bagian address dan port  isikan dengan IP DVR  mu dan port yang digunakan,isi juga username dan password dengan akun yang telah kamu siapkan.


TRIK! Saat membuat User DVR pastikan dengan hak akses terbatas ( hanya bisa remote view dan playback), agar terhindar dari sabotase yang mungkin terjadi.



Di menu main view kamu sudah menemukan nama group sesuai dengan yang kamu buat sebelum nya saat menambahkan DVR.

  • Tinggal drag dan drop ke window sebelah kanan untuk melihat live stream CCTV dari DVR.
  • melihat CCTV dari komputer mennggunakan aplikasi CMS/VMS dan jaringan LAN
  • melihat CCTV dari komputer menggunakan aplikasi CMS
  • Setting HP Android untuk Memantau dan Melihat CCTV


Cara Menambahkan DVR pada aplikasi CMS Android


Setelah menyetting CMS di computer, sekarang kita setting CMS di HP Android dengan langkah berikut ini: 

  • Silahkan Download Aplikasi CMS di Play Store atau IOS
  • Cari IP DVR CCTV Anda
  • Masukkan Username Dan Password Yang anda buat

Setelah DVR CCTV berhasil di tambahkan maka tinggal tap pada list DVR dan tap Live View untuk melihat DVR secara remote menggunakan HP Android

Dan sekarang anda sudah bisa mengontrol CCTV anda dengan HP atau komputer yang ada dirumah, dengan HP anda bisa mengawasi kondisi dari genggaman anda, dimanapun dan kapanpun anda berada.

Itulah Cara Menyambungkan CCTV KeHP yang bisa saya paparkan, semoga bisa membantu anda untuk menghubungkan CCTV dari HP melalui internet dengan mudah.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari