logo blog

Cara Pasang Inverter Backlight Universal

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Pasang Inverter Backlight Universal

Konten [Tampil]
Cara Pasang Inverter Backlight Universal  sangat mudah sekali karena kita hanya masang saja tidak membuatnya, apabila anda ingin membuatnya silahkan baca Cara Merakit Inverter Backlight TV LED yang sudah saya paparkan di postingan tersebut.

Di era sekarang sudah banyak sekali pabrikan TV seperti Samsung, polytron, sharp, LG, TV Cina, Panasonic dan lain sebagainya sudah memakai monitor dengan lampu LED sebagai penerang backlight pada TV tersebut. Diantara alasan kenapa Backlight dibuat adalah untuk menerangi dari beakang layar guna menghemat daya listrik.

Selain itu pengguna TV LED juga memberikan penghematan pada TV LED sehingga monitor tersebut lebih ringan daya, namun yang jadi masalah saat ini adalah pembangkit tegangan LED ( inverter ) sering bermasalah disebabkan karena ketidakstabilan arus listrik PLN sehingga rusak.

Baiklah, tanpa ngomong panjang lebar langsung saja saya akan berbagi cara pasang inverter backlight universal berikut ini: 

Cara Pasang Inverter Backlight Universal


Pastikan Kerusakan


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan kerusakannya memang benar-benar dari inverternya, cara mengeceknya gimana? Silahkan ganti inverter backlight dengan tipe universal atau bisa dengan model DC to DC Step Up. Kalau bisa berarti memang kerusakan terjadi pada inverter backlight.

Pahami Komponen Inverter Backlight


Inverter Universal banyak model dan jenisnya yang dijual dipasaran, namun teknik pemasangannya tergolong sama. Sebagai contoh, silahkan lihat gambar dibawah ini: 


Di beberapa mainboard monitor terdapat pin yang dipakai untuk menghidupkan backlight LED yang berfungsi menjadiakan terang. Istilah pin yang harus anda ketahui adalah:

  • BL-ON (backligh on)
  • ENA (enable)
  • ON/OFF (on backligh or off backligh)
  • BLO (backligh on)
  • O/F (on / off)


Kemudian untuk mengatur terang dan redupnya lampu backlight adalah:

  • ADJ
  • VADJ
  • PWM
  • DIM


Proses Pemasangan


Setelah anda memahami Pin tersebut, mari kita langsung eksekusi pemasangan inverter backlight ke monitor TV LED anda, silahkan lihat skema terlebih dahulu:

Perlu kita ketahui bahwa driver backlight inverter universal kebanyakan menggunakan IC driver PWM seri BIT3260 karena tergolong harganya murah, dan biasanya disebut low cost LED Driver dari vendor Bitek. IC ini mampu berfungsi pada tegangn 10-18 volt.

Untuk tegangan Enable Control membutuhkan 2 Volt, dan untuk menonaktifkan butuh 0.8 Volt. Sedangkan inverter universal jenis Pin VADJ langsung terhubung ke pn Enable, hanya dipisahkan oleh diode dan resistor.

Sedangkan untuk type mainboard yang mengeluarkan tegangan control redup terangnya backlight lebih dari 5 Volt, enjadikan inverter universal tidak hidup. Untuk mengatasinya tidak perlu menggunakan VADJ di inverter universal, Caranya Silahkan cabut kabel yang tersambung pada VADJ di modul universal inverter.

Itulah Cara Pasang Inverter Backlight Universal yang bisa sampaikan, semoga anda yang belajar melalui artikel ini segera bisa faham dan praktik untuk mengatasi masalah yang sering terjadi ini.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...