logo blog

Ciri-Ciri Kualitas Solder Yang Baik | Tips Memilih

Apa Yang Anda Cari ?

Ciri-Ciri Kualitas Solder Yang Baik | Tips Memilih

Konten [Tampil]
Tidak semua solder memiliki kualitas yang bagus dan awet, dan ciri ciri kualitas solder yang baik akan kami paparkan pada artikel ini. Apakah solder anda sering rusak, sering tumpul, kotor, terlihat hitam gosong? Ya itu karena memang yang anda membeli solder kualitas rendah, atau memang usia solder yang sudah terlalu tua.


Solder merupakan alat penunjang utama oleh teknisi elektronika yang berfungsi sebagai penghantar panas untuk melelehkan timah supaya bisa menghubungkan komponen-komponen elektronik. Memilih solder yang bagus dan berkualitas menjadi ciri yang paling penting, karena itu bisa mempercepat pekerjaan anda. Dan berikut ini akan saya paparkan cara memilih solder dengan gambar solder yang bagus.



Merk solder yang bagus dibanderol dengan harga yang lebih mahal tapi tentunya dengan kualitas yang bagus, bahkan ada fitur pengatur suhu secara otomatis yang berguna menstabilkan suhu tetap panas saat menyolder.

Kalau anda sudah caliber dalam hal teknisi tentunya sudah faham mana solder yang bagus dan solder yang kurang bagus, tapi bagi pemula butuh tips cara membeli soder berkualitas dengan ciri-ciri solder yang bagus. Karena memilih solder yang bagus bisa memberikan dampak positif berupa mempercepat pekerjaan anda.

Pilihlah solder dengan harga murah tapi memiliki kualitas yang bagus sehingga bisa digunakan service, jumper entah service HP, TV LED atau lainnya . Baiklah, kali ini saya akan memberikan tutorial Cara memilih Solder yang bagus dan berkualitas.

Cara Memilih Solder Berkualitas Bagus Awet


1.Memilih solder sesuai kebutuhan


Tentunya memilih solder sesuai kebutuhan anda untuk menghemat keuangan, untuk kebutuhan service elektronik seperti TV, Radio, Ampli dan lain sebagainya, anda cukup menggunakan solder dengan daya 40 Watt, dengan daya 40 wat lebih baik dari pada solder 25 Watt, karena solde 40 wat lebih bisa menstabilkan panas disbanding dengan 25 watt.

Solder dengan daya 25 watt memang lebih murah tapi saat digunakan menyolder anda akan mengalami kesulitan karena kurang panas, dan nantinya akan memperlambat pekerjaan anda.

2.Memilih Solder dengan Ujung Mengkilap Saat Dipanaskan


Kenapa harus memilih solder dengan ujung yang mengkilap? Karena ada manfaat besar didalamnya, manfaatnya yaitu membuat solder tetap terlindungi dan tetap awet. Berbeda dengan mata solder yang warnanya hitam seperti gosong, nanti anda akan direpotkan untuk membersihkannya setelah memakainya. 

3.Beli Solder Berdasarkan Tip


Kenapa harus berdasarkan TIP karena tip solder mudah dilepas, jadi mengantisipasi pada tip yang akan melindungi ujung solder sehingga nanti bisa menghasilkan panas yang stabil. Apabila tip rusak, anda bisa membeli ang baru kemudian dipasang lagi ke solder. Sehingga anda tidak perlu membeli solder lagi,

4.Memilih solder Pistol Untuk memudahkan


Memilih solder pistol adalah rekomendasi, karena solder ini berkualitas tinggi dengan satu tombol yang bisa memanaskan heater lebih cepat dibandingkan dengan solder biasa. Dan solder pistol ini bisa mengeluarkan jarak antara 40 watt sampai 130 watt.

Ketika anda menekan tombol solder pistol, maka secara otomatis daya yang dikeluarkan oleh solder tembak tersebut mencapai data tertinggi yaitu 130 wat, dan jika dillepas maka akan kembali ke angka 40 watt saja. Gunanya ketika kita mengalami kesusahan mencairkan timah, kita bisa menekan tombolnya agar cepat leleh.

5.Pilih solder yang mempunyai Sparepart


Ciri Solder yang baik selanjutnya adalah solder yang memiliki sparepart, kenapa demikian? Karena ketika terjadi kerusakan, kita bisa membeli sparepartnya saja tanpa harus membeli solder kembali. Diantara merk solder yang menjual sparepart secara terpisah adalah Goot dan Dekko.

NB: Cara mengatasi solder nyetrum yang terbaik adalah mengganti solder anda karena apabila anda tetap menggunakannya bisa merusak IC maupun komponen yang lainnya, itu disebabkan bocornya aliran listrik yang nantinya akan mengalir ke IC maupun tubuh anda.

Itulah rekomendasi merk solder yang bagus supaya bisa mempercepat pekerjaan anda, dan tidak menguras banyak uang. Semoga bermanfaat bagi sobat semua para teknisi, salam teknisi

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...