logo blog

Menyolder Resistor (SMD)

Menyolder Resistor (SMD)

Konten [Tampil]
loading...
Ketika anda memasang atau melepas komponen resistor, anda menggunakan alat apa? Ya tentunya menggunakan alat solder, meskipun kondisi kerusakan yang mengharuskan anda menggunakan jenis solder yang lain guna menghubungkan komponen di PCB.

Tukang service TV, Laptop, atau HP biasanya memerlukan beberapa jenis solder yang berbeda-beda seperti solder uap (blower), solder biasa, atau solder infrared. Terkhusus teknisi laptop dan HP yang sering memasang dan melepas komponen BGA yang menggunakan ketiga solder tersebut, karena komponennya terlalu kecil.

SMD (surface mount device) memiliki banyak jenis komponen seperti resistor, kapasitor, IC, dan lainnya, dan pembahasan artikel ini bagaimana cara memeasang menyolder komponen resistor dengan menggunakan solder uap? Padahal menggunakan solder biasa sudah bisa mengatasinya.

Untuk memasang komponen SMD itu perlu menggunakan blower (uap panas), da nada juga yang dicelupkan kedalam timah cair (pabrik), dan untuk penggunakan blower anda harus ada bahan pemasangannya untuk menyolder yaitu timah dalam bentuk pasta. Timah bentuk pasta ini akan cair dan menempel ketika dipanaskan dengan solder blower. 

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari