Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal / Vertikal

Konten []
Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal / Horizontal memang harus dilakukan orang yang benar-benar ahli karena memang tidak mudah jika dilakukan oleh orang awam yang tidak tau ilmu teknisi elektroinik khususnya teknisi TV LCD / LED/ Tabung/ Plasma.




Biasanya yang jadi pertanyaan adalah biaya service tv lcd bergaris, berapa sih? harusnya saya keluarkan uang didalam saku saya untuk perbaiki LED bergaris hitam secara vertikal dan horizontal. Untuk biayanya berbeda-beda sesuai dengan daerah dan teknisinya, Biasanya Harga Service TV LED bergaris sebagai berikut:

Biaya Service TV LED


DAFTAR HARGA SERVICE TV
JasaHarga
Jasa Pengecekan*Rp 85.000,-
Jasa Service TV LCD & LED
31 inch kebawahRp 200.000,-
32 inch – 41 inchRp 250.000,-
42 inch keatasRp 350.000,-
Jasa Service TV Tabung
31 inch kebawahRp 150.000,-
32 inch ke atasRp 200.000,-
Artinya anda harus menyediakan uang segitu, kalau gak lebih murah ya lebih mahal dikit. Dan sekarang cara memperbaiki tv led polytron bergaris horizontal ? tapi cara ini tidak hanya untuk merk polytron saja, tapi juga untuk beberapa merk tv led seperti samsung, panasonic, sharp, sony, LG, toshiba, dan merk TV lainnya.

Sebelumnya, anda harus menganalisa kerusakan TV LED yang dialami client, apakah harus mengganti layar atau mengganti mesinnya saja?  Kemungkinan besar, munculnya garis hitam vertikal atau horizontal terjadi karena T-Con tidak berfungsi dengan baik, terkadang disebabkan kabel flat yang longgar sehingga menjadikan modul board T-Con yang sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.
Pastinya anda tidak nyaman ketika nonton TV LED yang bagus menjadi buruk dengan hadirnya garis vertikal dan horizontal, dan kali ini akan kami berikan solusi bagaimana cara mengatasinya. dan sebelumnya kami sampaikan dulu penyebab kerusakan yang terjadi di TV LED.

Penyebab Kerusakan LED TV Garis Vertikal 


Saat TV LCD anda terdapat garis hitam vertikal, pastikan kabel flat anda terhubung baik dengan Boart T-Con sehingga mampu memberikan rangsangan yang baik. Chek dengan baik, kalau memang itu penyebabnya anda cukup mengganti kabel flat tersebut dengan yang baru, bentuknya bagaimana sih ? silahkan lihat gambar dibawah ini.

Munculnya kendala Garis Vertikal tersebut juga bisa terjadi di layar laptop, terkadang disekeliling laptop tertekan cukup keras saat berada di tas, atau ditempat lainnya. 

Selain itu, layar TV LED anda muncul garis vertikal karena karat pada frame TV yang berbahan logam. Karat ini bisa menjalar pada kabel flat menuju T-Con, untuk karat biasanya terjadi karena TV LED berada ditempat yang lembab.

Fungsi Board T-Con pada TV LED

Sebelum kita praktik cara memperbaiki tv led samsung bergaris vertikal, alangkah baiknya kita paham dulu fungsi Board T-Con pada TV LED sebagai berikut:

1. Sebagai Control untuk menghidupkan Panel TV LED/LCD sehingga bisa menghasilkan Video yang baik

2. Pendongkrak Pulsa TIming Control yang dihasilkan dari IC Scan Driver TV

3. MCPS ( Multi Chanel Power Supply ) TFT panel yang akan memberikan tegangan terhadap sirkit amplifier source driver dan gate driver.

4. Pembangkit Gamma ( Grayscale )

Simak Juga Daftar Harga TV LED Murah Dibawah 1 Juta Oktober 2019

Terkait bentuk Board T-Con sangat bervariasi, setiap merk TV berbeda dan posisinya selalu berada di panel LED. Untuk bentuk T-Con seperti gambar dibawah ini.



Kerusakan TCon


Biasanya kerusakan layar TV LED bergaris vertikal dan horizontal itu terjadi masalah seperti:

1. Kabel Flat dari TCon menuju Panel LED tidak bisa menyalurkan dengan baik, karena kabel flat ini berfungsi untuk menyalurkan daya ke panel LED. Adakalanya juga flat kabel penuh dengan debu, atau terkena karat yang akan mengakibatkan TV LED tidak bisa mentransformasikan dengan baik

2. Tcon tidak ada tegangannya, tegangan yang hilang akan menyebabkan panel TV LED bergaris hitam, atau tegangan yang diterima tidak sesuai dengan Multi Chanel Power Supply TFT Panel

3. Kerusakan selanjutnya dikarenakan pembangkit gamma yang menyebabkan layar TV LED muncul Blank Putih

4. IC Scan Driver yang rusak juga memicu munculnya garis vertikal pada layar TV LED anda


Ukuran Tegangan Tcon TV LED 


Diantara penyebab layar TV LED muncul garis hitam adalah tegangan yang tidak setabil, maka dari itu kita harus mengetahui tegangan yang pas untuk board Tcon. Berikut ini akan kami paparkan tegangan yang harus ada pada Tcon sebagai berikut;

1. Tegangan VON atau VGH sekitar 25 hingga 30V, ini berfungsi untuk menyuplai sirkuit amplifier pulsa pulsa source driver dan gate driver TV LED.

2. Tegangan VGL atau VOFF sekitar minus 7 hingga minus 15 V

3. Tegangan AVdd untuk IC Gamma menggunakan daya 15 - 18 V

5. Tegangan Vdd sekitar 3.3V dan 1.8 atau 1.2 Vol

Cara Mengganti T-CON TV LED/LCD


Setelah kita menganalisa kerusakan-kerusakan yang terjadi ketika ada masalah layar bergaris hitam secara vertikal dan horizontal, sekarang kita bahas bagaimana cara mengganti T-Con Televisi LED sebagai berikut:

1. Anda harus memastikan kondisi steker dicabut dan stop kontak ke PLN

2. Pastikan layar menghadap kebawah, dan harus dikasih alas supaya tidak merusak layar.

3. Pastikan seri T-Con pengganti tulis dulu type Televisi karena memang berbeda tiap tipe, model TV tersebut harus sesuai supaya tidak ada kesalahan yang terjadi lagi. oh iya, Catat juga nomor model Tcon jg gan...

4. Hubungkan Modul Tcon dengan kabel LVDS ( Low- Voltage Differential Signaling ) dan kabel Flat ke Panel, dan anda harus hati-hati saat melepas dan menggantinya.

Itulah Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal yang bisa saya sampaikan, semoga TV LED anda yang rusak bisa ditonton kembali. :-)