logo blog

Cara Modifikasi Solder Agar Cepat Panas Lebih 300Watt

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Modifikasi Solder Agar Cepat Panas Lebih 300Watt

Konten [Tampil]
Cara Modifikasi Solder Agar Cepat Panas – Solder merupakan alat yang sangat penting bagi teknisi elektronika yang digunakan untuk melelehkan timah supaya bisa digunakan untuk menghubungkan kaki koponen dengan pad printer circuit board (PCB).


Seperti yang kita ketahui bahwa solder memiliki banyak jenis, macamnya ada bentuk model biasa atau konvensional, ada yang bentuknya seperti pistol, istilah kerennya adalah solder tembak. Dipasaran ada beberapa jenis solder yang dijual dengan kualifikasi yang berbeda-beda, dimulai 30 watt hingga 100watt, semakin besar watt maka semakin panas pula soldernya. 

Sedangkan merk solder ada banyak variannya, diantaranya adalah Dekko, Hakko, Masda, Rapid, goot dll, tapi kebanyakan para teknisi elektro menggunakan solder merk dekko, karena harganya yang sebanding dengan kualitasnya.

Pernah gak sih, membeli solder tapi panasnya kurang? Ya itu bikin kita kecewa, karena tidak bisa melelehkan timah dan tidak bisa menyambungkan kaki komponennya. Seperti yang kita ketahui bahwa solder konvensional biasanya ditentukan oleh besarnya watt. Berbeda dengan solder station yang memiliki pengaturan suhu sehingga tingkat panasnya bisa diatur sesuka hati, tapi dengan kualitas yang tinggi, tentunya harganya juga tinggi. Adapun harganya berkisar mulai 400 ribu hingga jutaan rupiah.

Tapi jika anda sudah terlanjur membeli solder dengan harga murah dan tidak panas, tenang saja karena disini akan situs TV LED bagikan cara supaya solder lebih panas. Secara singkatnya, memberikan rangkaian penyearah gelombang penuh sebelum masuk ke elemen pemanas solder.

Modif Solder Biar Panas

Lihat skema rangkaian pengatur panas elemen berikut ini:


rangkaian solder listrik

Daftar komponen :

  • Dioda 1A / 1N4007: 4 pcs
  • Elco 2200uF           : 1 Pcs


Keterangan:

Pada prinsipnya, menyearahkan gelombang puncak hingga input tegangan sebesar >300V, namun sebelum menggunakan rangkaian penyearah, efektifnya tegangan input pada elemen solder sebesar 220V.  Dan yang membuat tegangan bisa sampai >300V DC disebabkan oleh diodan dan kapasitor. Dengan demikian, dengan naiknya tegangan menjadikan solder semakin memanas. Intinya penyebab mata solder tidak panas kurangnya daya input tegangan listrik, dan kita bisa menambahnya dengan cara ini.

Skema Mengurangi daya Solder


Setelah kita bisa menaikkan daya solder menjadi panas, kini saya akan membagikan menurunkan panas pada solder, caranya cukup mudah yaitu menseri diode 1A pada input elemen pemanas solder, tujuannya memotong setengah gelombang input daya sehingga bisa berkurang setengahnya.

Skema inilah yang digunakan pada solder tembak pada umumnya, Karena saat kita menekan saklar push botton berarti input listrik ke solder menjadi maksimal, namun ketika saklar ditekan bisa memngubungkan sebuah diode untuk mengurangi panasnya.

Itulah cara modifikasi solder agar cepat panas yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sudah terlanjur membeli solder tapi panasnya kurang, bahkan tidak bisa melelehkan timahnya.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...