logo blog

Cara Membuat Solder Tenaga USB 5V | Panasnya Tidak Kalah

Cara Membuat Solder Tenaga USB 5V | Panasnya Tidak Kalah

Konten [Tampil]
loading...
Baru saja saya membuat artike cara membuat solder dari trafo bekas dan kali ini saya akan membagikan cara membuat solder tenaga USB 5V. Sebuah kreasi yang muncul saat ini, membuat solder dengan tegangan yang sangat kecil, sehingga anda bisa menghemat listrik dan juga pembuatannya ini bisa menghemat uang anda.

Membuat solder tenaga USB 5V bisa kita gunakan nyolder apapun, pasalnya panas yang dihasilkan juga lumayan. Uniknya lagi, solder ini bisa kita colokkan dimanapun, entah dengan adaptor Ces HP, laptop atau power bank. Ya menurut saya, penemuan ini sangat bagus bisa dipakai dimanapun dan dialiri listrik hanya dengan powerbank.

Baiklah, langsung saja kami situs TV LED akan membagikan Cara membuat solder Tegangan USB 5V  beserta rangkaian solder listrik berikut ini:

Cara Membuat Solder Tegangan USB 5V


Sebelum kita masuk pada pembahasan langkah-langkahnya, alangkah baiknya kita persiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Pembuatan Solder Sendiri Tegangan USB 5V


  • Adaptor Cas Smartphone
  • Kayu untuk gagang 
  • Selotip Pembungkus Fiber 
  • Kabel Kawat Tembaga 2.5mm
  • Kawat Nikelin 0.1mm 


Setelah anda persiapkan semua bahan pembuatan solder tegangan USB 5V, sekarang kita lakukan dengan cara dibawah ini:

Potong kabel kawat tembaga.


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memotong kabel kawat tembaga dengan kualifikasi panjang 2cm, boleh lebih sesuai kebutuhan, tapi disini saya rekomendasikan pemotongannya cukup 2cm/

Bungkus dengan Solatip


Selanjutnya, silahkan bungkus kabel kawat yang sudah dipotong tadi menggunakan solatip sehingga bisa tahan panas, anda bisa menggunakan solatip fiberglass, adapun panjangnya bisa disesuaikan dengan potongan kabel kawat.

Lilitkan Kabel Kawat


Langkah yang ketiga adalah melilitkan kabel kawat tembaga seperti gambar, lilitkan pada kedua ujung potongan kawatnya.

Potong Kawat Nikeling


Selanjutnya silahkan potong kawat nickeling dengan kualifikasi panjang 10cm, usahakan ukurannya 10cm, karena ini lebih efektif

Hubungkan Kedua Ujung Kawat


Langkah yang kelima, Lilit dan hubungkan kedua ujung kawat nikeli ke kawat tembaga, ini tujuannya untuk menghantarkan panas. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar

Bungkus kawat


Selanjutnya bungkuslah kawat tembaga kecil dengan solatip fiberglass, ini untuk melindungi anda dari sengatan listrik, juga untuk mempertahankan tegangan listrik agar bisa menghasilkan panas yang maksimal.

Sambung Kabel USB


Berikutnya, sambunglah dengan kabel USB lalu dibungkus dengan solatip bakar, ini nantinya yang akan menyalurkan tegangan listrik 5V dari powerbank, lebih amannya semua yang kelihatan kawatnya disolatip semua dengan solatip hitam agar tidak nyetrum.

Masukkan Kedalam Kayu Pegangan Dan LEM



Setelah semua kabel dibungkus, masukkan ke kayu pegangan dan Lem agar tidak lepas dari pegangan solder buatan, Dan itu sudah jadi. Silahkan dicoba hasil karya anda, dan berikut saya paparkan foto menyolder dengan solder buatan USB 5V ke komponen dan PCB. 


Itulah cara membuat solder tenaga USB 5V dan anda juga bisa membuat solder 220V yang bisa saya paparkan disini, setelah dicoba anda bisa mempraktekkannya menyolderkannya di PCB. Coba aja, dengan mencabut komponen dari PCB , hasilnya mengagumkan bukan? Ya itu inovasi terbaik, jika anda memiliki inovasi yang lebih baik, silahkan taruh di komentar yah.

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

Apa Masalah Yang Anda Hadapi ?

loading...

Orang Juga Mencari