logo blog

Cara Menurunkan Tegangan backlight TV LED Mudah

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Menurunkan Tegangan backlight TV LED Mudah

Konten [Tampil]
Cara menurunkan tegangan backlight TV LED akan kami paparkan di artikel ini secara jelas dan gambling supaya anda bisa mengetahui secara detail, entah itu cara mengukur tegangan backlight atau mengganti inverter backlight TV LED.

Yang sering terjadi masalah seperti ini adalah kasus dari TV Led LG 32LB530A, apakah anda sering mendapatkan pasien TV tersebut? Jika iya, silahkan kirim komentar di kolom yang sudah disediakan. Atau bahkan tv tersebut sudah disservice tapi dikemablikan lagi oleh user? Iya itu masalah bagi para teknisi.

Sebelum kita mengatasinya, kita harus mengetahui dulu sebab kerusakannya atau mendiagnosa masalah yang terjadi, dan sering juga menghadapi Tegangan Backlight TV LED Naik Turun,pertama kita cek tegangan sekitar 80V dan tidak lama kemudian turun ke posisi 45V. 

Kemudian muncul pertanyaan, apakah penyebab kematian backlight tersebut karena tegangan pertama yang tinggi yaitu 80V ? Iya, ada kemungkinan kematian lampu LED mati karena tegangan yang terlalu tinggi saat kita menyalakan TV, lalu langkah yang harus kita lakukan adalah Menurunkan Tegangan Backlight LED TV. Perlu kita ketahui, ini tidak hanya untuk TV merk LG saja, tapi juga berlagu di semua merk Tv diantaranya Samsung, Sharp, Panasonic, Toshiba, TV China, Polytron dan lain sebagainya.

Cara Menurunkan Tegangan Backlight TV LED


Kalau kita analisa lebih dalam, tentunya kebutuhan tegangan backlight tidak mencapai 80V, coba saja kita hitung 3 batang x 7 led perbatang x 3v = 63v. Kalau tegangan maksimum yang dibutuhkan backlight sekitar 63V dan mendapatkan tegangan kejut 80V bisa saja membuat lampu LED putus.

Perhatikan Inverter


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memperhatikan inverter, dimana didalamnya terdapat empat baris resistor kutu menuju fet. 

Buka Resistor


Langkah berikutnya silahkan buka resistornya maksimal 3 resistor, tapi jangan langsung dibuka semuanya. Buka satu terlebih dahulu, kemudian ukur tegangannya apakah masih sama atau sudah berkurang. Jika masih belum cukup, buka lagi 1 resistor supaya tegangannya cukup untuk mengangkat Backlight TV LED yang dibenahi.


#Perhatikan gambar, komponen mana yang harus dibuang

Lakukan dengan hati-hati, jangan langsung membuka 3 resistor sekaligus jika anda belum yakin. Dan setelah membukanya harus di ukur tegangannya, kalau misalnya sudah cukup maka tidak usah membukanya lagi. Dan cara ini bekerja dengan baik.

Video Cara Mengganti Backlight LED 


Itulah Cara Menurunkan Tegangan Backlight TV LED yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang bingung mengatasi service yang tidak kunjung selesai. Salam teknisi

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

1 komentar

Maaf bang sya mau tanya. Kalau pnya sya ni tegangan black light nya naik turun. Tv sya LG 32LB530A

loading...