logo blog

Cara Memperbaiki TV Yang Gambarnya Menyempit Kanan Kiri / Atas Bawah

Apa Yang Anda Cari ?

Cara Memperbaiki TV Yang Gambarnya Menyempit Kanan Kiri / Atas Bawah

Konten [Tampil]
Layar TV Mengecil Kanan Kiri sering menjadi kendala dan mengganggu saat kita sedang asyik nonton acara tv favorit kita, dan rasanya ingin membantingnya. Tapi jangan emosi dulu guys, karena disini saya akan memberikan Cara Memperbaiki TV LED / Tabung yang Gambarnya Menyempit.

Adakalanya Menyempit kanan kiri, dan juga ada yang menyempit atas bawah, itu caranya hampir sama dan sebenarnya anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa membawanya ke tukang service TV, tapi jika tidak berhasil silahkan bawa ke tukang service biar cepat teratasi.

Apalagi TV Cina yang sering menyempit gambarnya dikarenakan tegangan drop dan study case pada Mesin tv cina dipasang pada CRT 21” dengan 2 IC yaitu LA76810A dan LC863528C, IC vertikal LA78040.

Cara Memperbaiki TV Gambar Menyempit


Caranya Mengatasinya bagaimana? Langsung saja kita simak berikut ini:

1. Amati fisik Komponen


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk Memperbaiki TV adalah mengecek komponennya, terutama dibagian elconya, cek solderannya apakah masih bagus apa sudah rusak ? jika rusak anda bisa memperbarui solderannya.

2. Periksa tegangan B+


Langkah yang kedua adalah memeriksa tegangan B+ dan ini yang biasanya menjadikan tv cina gambar menyempit bagian bawah. Pastikan memiliki tegangan 95-115 volt, jika kurang dari itu berarti permasalahannya di B+.

3. Cek Blok Regulator


Setelah mengecek tegangan B+ silahkan cek blok regulator, dengan cara melepas jalur B+ kaki FBT, apabila tegangan masih kurang berarti ada masalah di blok regulator. Didalam regulator terdapat banyak komponen seperti diode, zener, resistor dan lain sebagainya.

Biasanya masalah terjadi pada resistor R553 5,6 KΩ yang sudah short, letaknya berdekatan trimpot yang terhubung dengan salah satu kaki trimpot ke ground.

Silahkan diperbaiki resistor R553 tersebut, karena memang  terjadinya tegangan yang menurun sehingga fungsi TV tidak bisa maksimal, setelah itu nanti bisa menyala dengan gambar yang penuh. 

Kerusakan ini biasanya dialami oleh beberapa merk TV seperti masalah pada TV Sharp, Akira, toshiba, samsung, polytron, tv led changhong gambar terbalik dan merk TV lainnya.


Baiklah, itu Cara mengatasi Layar TV mengecil atau menyempit yang bisa saya paparkan, semoga cara ini berhasil dan anda tidak perlu membawa ke tukang service. 

Share this:

Enter your email address to get update from Webillian.

Tidak ada komentar

loading...